Terinfeksi Virus Corona di Kampung Halaman

Dan*** adalah seorang mahasiswa di Jakarta. Hidup jauh merantau, sehari-hari Dan*** berkuliah sekaligus bekerja sebagai pengemudi ojek online. Pendapatannya memang tidak begitu besar, namun cukup untuk memenuhi kebutuhannya seorang diri di Jakarta.

Sejak pandemi datang, pekerjaan Dan*** sebagai ojek online ikut terdampak. Penumpang sepi dan pendapatannya mulai menurun. Tak punya pilihan lain, Dan*** terpaksa cuti kuliah dan pulang ke daerah Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Di sana, ia tinggal bersama tante dan sepupunya.

Awal Mula Dan*** Positif Virus Corona

Keadaan memaksa Dan*** untuk kembali ke kampung halaman. Jika terus tinggal di Jakarta, Dan*** kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari karena sumber pemasukan pun tidak ada. Di Sumbawa Barat, Dan*** berusaha untuk mencari penghasilan lain yaitu dengan mengikuti kerja di sebuah tempat proyek.

Suatu saat, seseorang di tempat proyek Dan*** bekerja dinyatakan reaktif. Seluruh pekerja kemudian diwajibkan melaksanakan rapid test sebelum masuk ke wilayah proyek. Selain itu, mereka yang hasil tesnya reaktif harus melanjutkan pemeriksaan swab. Dan*** kemudian mengikuti peraturan untuk menjalani beberapa tes tersebut. Tak disangka, hasil tes menunjukkan dana positif COVID-19.

Bantuan Keluarga Saling Jaga untuk Dan***

Mengetahui dirinya positif virus corona, Dan*** sangat kaget dan takut. Ia khawatir semakin merepotkan tantenya yang selama ini sudah memperbolehkannya tinggal bersama. Namun kemudian, Dan*** berusaha untuk berpikir yang positif agar kondisinya segera membaik.

Karena tidak mengalami gejala apapun, Dan*** menjalani perawatan di rumah. RT setempat dan perangkat desa lainnya juga menyarankan Dan*** untuk melakukan isolasi mandiri di rumah saja dengan pantauan tim medis setempat. 

Di tengah keslitannya, Dan*** beruntung ada keluarga Saling Jaga yang mendukungnya. Sebagai anggota aktif Saling Jaga, Dan*** mendapatkan bantuan sebesar Rp 5 juta sebagai biaya hidup harian selama masa pemulihan COVID-19. Rencananya, dana tersebut akan ia tabung dan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan kuliahnya mendatang. Selain itu, sisa dana juga akan digunakan biaya hidup harian serta membantu tantenya dalam hal finansial.


Seperti Dan***, kamu juga bisa dapatkan perlindungan COVID-19 dan penyakit kritis dengan gabung Kitabisa Saling Jaga.

daftar Kitabisa Saling Jaga