Terkena Kanker Darah, Semangat Denilson Tidak Pudar

Apakah kanker darah bisa sembuh? Begitu pertanyaan yang muncul ketika mendengar penyakit tersebut. Kanker berawal ketika sel-sel di dalam tubuh mulai tumbuh di luar kendali. Kanker darah sendiri adalah jenis kanker yang menyerang produksi dan fungsi sel darah normal dalam tubuh. Hampir semua kasus kanker darah bermula dari sumsum tulang, tempat dimana sel darah diproduksi.

Jenis Kanker Darah

apakah kanker darah bisa sembuh

Leukemia adalah salah satu bentuk kanker darah yang bisa dibagi lagi ke dalam beberapa sub-jenis berikut: 

  • Acute lymphoblastic leukemia (ALL) terjadi ketika sel darah putih abnormal terbentuk dan menyebar di sumsum tulang dengan cepat. 
  • Chronic lymphocytic leukemia (CLL) yang butuh bertahun-tahun untuk menyebar.
  • Acute myeloid leukemia (AML) ketika sel darah putih, merah, dan platelet abnormal menyebar cepat.
  • Chronic myeloid leukemia (CML) yang awalnya tumbuh dengan lambat, mempengaruhi sel sumsum tulang yang memproduksi darah, kemudian menyebar ke darah itu sendiri.

banner_donasi_biaya_pengobatan

 

Peluang Kanker Darah Bisa Sembuh

Jenis leukemia tertentu bisa sembuh, hanya dengan minum obat secara teratur. Seperti leukemia jenis kronis atau cronic myeloctic leukemia (CML) adalah jenis yang bisa sembuh dengan obat atau pil imatinib, yang mampu mengontrol produksi darah di limfa, namun leukemia akut tipe AML dan ALL sangat susah sembuh.

Bagi pengidap kanker ini, kemungkinan meninggal dunia bisa mencapai 90 persen. Pengobatan untuk penderita Leukemia akut tipe AML dan ALL hanya bisa dilakukan dengan kemoterapi. Harapan sembuh leukimia sangat tergantung dengan jenis, tingkat keparahan, serta usia pasien.

 

Cerita Denilson Melawan Kanker Darah 

apakah kanker darah bisa sembuh

Denilson, sekarang ini sedang menderita penyakit kanker darah / leukemia tipe Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL) yang sudah di deritanya sejak tahun 2015 di awal bulan Oktober. Saat divonis leukemia keluarga Denilson  membawanya berobat di RS PIK untuk Chemotheraphy hingga kehabisan dana. Saat kehabisan dana, Denilson pun terpaksa harus pulang kerumah dan hanya bisa menunggu.

Setelah menanti 2 bulan untuk menurus BPJS, akhirnya Denilson dapat kembali menjalani chemotheraphy ulang mulai dari awal lagi di RS Dharmais selama satu tahun. Setelah kemo induksi, konsolidasi dan intensifikasi selesai, pengobatan Denilson berlanjut maintenance di rumah sakit Serukam Betsheda.

banner_donasi_biaya_pengobatan

Tahun 2016 Oktober Denilson dan keluarganya pulang ke Kalimantan Barat kota Sanggau menata hidup kembali dengan usaha kecil sedangkan Denilson tetap berobat maintenance di Rs.Serukam Betsheda sampai bulan Mei 2018. Denilson dinyatakan bebas obat, protokol yg dijalani selama 2.5 thn selesai hasil BMP remisi. Tapi pada bulan Februari 2019 cek darah rutin Denilson mencurigakan dan dokter disana mulai curiga relapse, akhirnya di bone marrow puncture (BMP) hasilnya positif relapse.

 

Untuk Denilson dan Keluarga

Kini hidup keluarga Denilson harus berubah lagi, menutup usaha keluarga dan berangkat ke Jakarta ke RS Dharmais untuk pengobatan Denilson. Keluarga Denilson sangat takut dan bingung dengan kehidupan yang akan datang, namun mereka tidak memiliki pilihan lain selain maju terus berjuang untuk merawat putranya.

Hati keluarga Denilson pun hancur berkeping keping, baru saja lewat 9 bulan sejak dinyatakan bebas obat dan sembuh, pada Februari 2019 hasil leukosit Denilson naik di angka 28.000rb dan diharuskan kembali menjalani chemotheraphy, namun karena ini relaps dan pada biasanya kanker yang kambuh itu lebih ganas dr sebelumnya dokter menyarankan Denilson menjalani pengobatan car T-cell yg diklaim bisa mempersingkat kemo tanpa bertahun tahun, tetapi pengobatan car T-Cell ini cukup mahal dikisaran 65.000 USD.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk Car T-Cell theraphy dan biaya pengobatan dan pemeliharaannya apabila sedang melewati masa pemulihan atau drop. Kita juga dapat membantu dengan cara membagikan halaman ini kepada orang orang terdekat agar lebih banyak yang tahu dan mau ikut membantu. Terimakasih atas bantuan dan doanya.

Ditulis Oleh: Shelia Lauvita


Kamu bisa beri dukungan untuk bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Kamu bisa berbagi kebaikan dengan cepat dan mudah lewat website Kitabisa atau Aplikasi Kitabisa. Yuk, bantu mereka yang membutuhkan dengan klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan