Tips Agar Menjalani Puasa Tetap Bugar

Saat berpuasa, pola makan berubah dan badan harus beradaptasi terhadap perubahan tersebut. Pekerjaan tetap harus dijalankan walau jam kerja berkurang sekitar satu atau dua jam. Jangan sampai perubahan pola makan mengganggu kesehatan. Jika kesehatan terganggu, aktivitas juga akan terganggu. Badan menjadi mudah lesu dan lelah. Agar selama berpuasa badan tetap bugar dan sehat, simak tips melakukan puasa 2020 ini.

 

7 Tips Puasa 2020 Tetap Bugar

  1. Jangan Lupa Sahur

    Berpuasa selalu dimulai dengan sahur. Saat sahur ini, kamu bisa memastikan asupan yang bergizi. Tubuh akan lebih sehat dan bugar jika tubuh mendapat asupan yang cukup saat berpuasa. Asupan tubuh yang sehat harus memenuhi karbohidrat, protein, hingga serat. Oleh karena itu, siapkan makanan yang mengandung zat-zat penting tersebut. Selain itu, hindari minum teh atau kopi saat sahur. Teh atau kopi bisa memicu intensitas buang air kecil. Akibatnya akan mudah haus. Lebih baik kamu minum air putih atau susu.

  2. Mengonsumsi Air Putih

    Tips selanjutnya agar puasa 2020 tetap bugar adalah mengonsumsi air putih delapan gelas sehari. Mengonsumsi air putih bermanfaat untuk kesehatan serta mencegah tubuh dari dehidrasi.  Air putih juga bisa membangkitkan kepercayaan diri juga semangat. Karena manfaatnya, pastikan setiap hari kamu minum delapan gelas air putih saat bulan puasa. Minum empat gelas saat sahur dan empat gelas pada waktu berbuka.

  3. Berbuka Puasa dengan Buah Kurma

    Berbuka puasalah dengan makan buah kurma. Buah kurma bermanfaat sebagai sumber energi dan mencegah insomnia. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Food Sciences and Nutrition, kurma dapat mengembalikan energi tubuh seseorang. Apalagi setelah belasan jam tubuh dalam keadaan kosong dan tidak terisi makanan. Kurma mengandung nutrisi yang dapat menghasilkan energi. Gula dalam kurma dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Jadi, siapkan kurma saat berbuka puasa. Kurma cukup aman untuk dikonsumsi setelah pencernaan kosong seharian.  

  4. Berolahraga Ringan

    Tips lain menjaga tubuh bugar saat berpuasa adalah dengan berolahraga ringan. Jika olahraga biasanya dilakukan pada pagi hari, olahraga saat puasa bisa diganti pada malam hari. Berolahraga tidak perlu lama. Cukup berolahraga sekitar 15 menit sebelum atau setelah berbuka. 

  5. Konsumsi Makanan Empat Sehat Lima Sempurna

    Agar tubuh lebih bugar saat berpuasa, penting memilih makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna. Makanan tersebut harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, hingga kalsium. Protein dan serat tinggi berfungsi untuk saluran pencernaan dan mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Makanan mengandung serat juga bisa memberikan efek kenyang sehingga sesuai untuk dimakan saat sahur. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gula yang tinggi dan makanan berminyak. Makanan tersebut dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

  6. Jaga Pola Tidur

    Saat berpuasa, pola tidur berubah. Sebagian orang mungkin merasa kurang tidur karena harus bangun dan menyiapkan makanan untuk sahur. Kekurangan tidur bisa memengaruhi kondisi badan, nafsu makan, dan kinerja otak. Agar pola tidur terjaga, pastikan waktu tidur mencukupi sekitar 6 hingga 8 jam. Selain itu, pastikan tidur juga berkualitas. Tetapi, jangan lupa untuk sahur dan salat.

  7. Konsumsi Vitamin

    Tips terakhir yang bisa kamu terapkan agar tubuh bugar saat berpuasa adalah mengonsumsi vitamin. Pemilihan asupan gizi yang tepat akan memengaruhi kebugaran tubuh saat berpuasa. Vitamin dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Oleh karena itu, konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen herbal yang mengandung temu lawak. Suplemen berbahan temu lawak berfungsi membantu kesehatan pencernaan dan meningkatkan antioksidan.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah ini

banner_donasi_sedekah