Tips Ajarkan Salat dan Sedekah Subuh pada Anak

Sedekah Subuh, sebelum atau sesudah salat Subuh, adalah salah satu amalan baik yang memberi kebaikan dan berkah bagi pelakunya. Kamu bisa mengajarkan sedekah ini kepada anak, saudara kecil, atau keponakan agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang gemar bersedekah. Langkah sederhana ini bisa menciptakan gelombang kebaikan besar untuk si kecil dan keluarga, terutama dengan adanya keutamaan Sedekah Subuh.

Inilah langkah-langkah mengajari anak bersedekah setiap pagi.

1. Mulai dari Diri Sendiri

Anak kecil belajar tentang sekelilingnya dengan cara meniru, jadi pastikan kamu memulainya dari diri sendiri. Lakukan Sedekah Subuh sebelum atau sesudah salat Subuh dengan cara apa saja, mulai dari memasukkan uang ke kotak amal, mengirim donasi lewat Aplikasi KitaBisa, atau membeli sarapan untuk tukang sapu dan tukang sampah. Ketika si kecil melihat, jelaskan apa yang kamu lakukan dan apa manfaatnya.

2. Ajak Anak Meniru 

Selain meniru, anak juga biasanya senang jika diajak melakukan hal yang sama dengan orang dewasa. Setelah menjelaskan kegiatan sedekah pagimu, ajak anak untuk membantu atau melakukan hal serupa. Misalnya, tunjukkan kotak amal di rumah dan ajak anak memasukkan sedikit uang jajannya ke sana. Atau, kamu bisa memberikan uang ke tangan anak sebelum meminta mereka memasukkannya ke kotak amal.

Kamu juga bisa mengajak anak melakukan hal baik yang bisa mereka tiru. Misalnya, masukkan makanan hewan kering ke botol plastik. Ajak anak jalan-jalan keliling komplek, lalu beri makan kucing liar dengan makanan tersebut. Kamu juga bisa membeli sarapan dan mengajak anak memberikannya ke tukang sampah, pemulung, dan tukang sapu.

3. Siapkan Pengingat dan Hadiah Sederhana

Bersedekah memang harus ikhlas, tetapi ketika kamu mengajari anak, tidak ada salahnya mengingatkan dan bahkan memberi mereka hadiah kecil. Penghargaan ini tidak perlu mewah; kamu bisa menghujani mereka dengan respons positif seperti senyum, elusan di kepala, dan pujian.

Hadiah ini bukan untuk “menyogok” anak, tetapi bisa menjadi motivasi agar anak bersemangat melakukan kegiatan baik. Ketika anak semakin besar, pelan-pelan tanamkan pengertian bahwa kebahagiaan bersedekah adalah sesuatu yang datang dari dalam, bukan hanya karena pujian.

4. Ajarkan Beragam Cara Bersedekah

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa bentuk sedekah bisa berupa bantuan fisik, pertolongan, atau menahan diri dari perbuatan jahat. Kamu bisa mengajari anak bahwa bersedekah bisa dilakukan dengan beragam cara. Tanamkan pada anak bahwa perbuatan baik seperti membantu orang tua, membersihkan halaman, memperlakukan hewan dengan baik, dan berbuat baik pada tetangga juga merupakan bentuk sedekah.

Ketika anak semakin besar, kamu bisa mulai mengajarkan anak cara bersedekah dengan menyisihkan harta dari uang saku mereka. Masukkan uang tersebut ke kotak amal di rumah. Pada akhir bulan, tunjukkan anak jumlah yang sudah mereka masukkan, dan kirimkan lewat Aplikasi KitaBisa di ponselmu. Jangan lupa tunjukkan buktinya pada anak.

5. Ajak Seluruh Keluarga Berpartisipasi

Akhirnya, jangan lupa ajak seluruh keluarga untuk melakukan Sedekah Subuh sesuai dengan metode pilihan masing-masing. Sedekah ini bisa dengan cara menyumbang uang, kerja bakti, membagikan makanan, atau bahkan membuat bakti sosial kecil-kecilan. Ketika seluruh keluarga terlibat, si kecil akan mengikuti dengan senang hati dan bahkan terdorong untuk mempertahankan kebiasaan ini.

Aplikasi KitaBisa adalah cara praktis melakukan Sedekah Subuh lewat ponsel. Kamu bisa mengirimkan uang yang dikumpulkan seluruh keluarga, termasuk si kecil, ke donasi Sedekah Subuh. KitaBisa menjamin keamanan aktivitas donasi karena setiap penerima telah melalui proses verifikasi. Kamu juga bisa memeriksa rincian penggunaan uang yang dicantumkan di akun donasi tersebut sehingga kegiatan sedekah lebih tepercaya.

Sedekah Subuh sebelum atau sesudah salat bisa dilakukan siapa saja, termasuk anak-anak, tetapi kamu harus mengajarkan hal ini sejak dini agar kebiasaan baik tersebut tertanam. Unduh Aplikasi KitaBisa sekarang dan mulailah mengajari anak beramal sebelum mengirimkan uang sedekahnya dengan beberapa langkah mudah dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *