Untuk NGO

Tips Menggunakan Twitter Untuk Organisasi Nonprofit

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Twitter menjadi wadah sosial media yang aktif digunakan oleh organisasi nonprofit selain Facebook, Instagram dan Website. Twitter memiliki kemampuan untuk mengetahui trending topics melalui penggunaan “#” atau hashtag dari setiap pembahasan yang diangkat di Twitter.  Twitter menjadi wadah yang baik untuk melakukan interaksi secara dua arah dengan audiens, menyebarkan berita  dan menyebarkan misi organisasi dengan cepat.

Berikut merupakan tips yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan platform Twitter organisasi Anda agar menambah jumlah followers.

1. Publikasi Artikel Blog atau Website

Jika organisasi Anda selalu membuat artikel blog atau konten website, perlu untuk tweet materi yang ada buat setiap harinya. Dengan melaukan publikasi secara rutin, para followers akan selalu menanti artikel yang Anda berikan.

Selain mempublikasikan konten blog dan website, Anda dapat posting konten dari beberapa sumber lainnya, yang akan menjadikan organisasi Anda menjadi sumber berita yang update dan terpercaya.

stocksnap_a8xb50n7g1

2. Berikan Berita yang Update Secara Berkala

Twitter menjadi wadah yang tempat untuk menyebarkan pesan yang cepat kepada audiens. Dimulai dari berita besar yang ingin disampaikan suatu organisasi hingga interaksi yang dilakukan untuk sekedar berbincang dengan followers.

Semakin aktif organisasi Anda dalam melakukan interaksi dengan audiens secara online, akan membuat mereka untuk selalu menunggu berita terbaru. Seperti yang dilakukan NGO Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) yang selalu melakukan update pada timeline twitter mereka, dimulai dari menjadi wadah untuk berterima kasih hingga memberikan live tweet mengenai berlangsunya acara organisasi.

stocksnap_ojxhdwmwv9-2

3. Melakukan Live Chat

Lakukan live twitter chat saat mendiskusikan suatu acara atau topik spesifik yang ingin diangkat. Tentukan tema dan bahasan yang ingin Anda angkat sehingga meningkatakan partisipasi audiens dengan organisasi Anda. Seperti yang dilakukan #Fundchat yang mengadakan live chat setiap hari rabu mengenai penggalangan dana dan toopik pembangunan organisasi nonprofit lainnya.

kzzyrizcwtw-matthew-henry

4. Gunakan Hashtags secara rutin

Pastikan Anda untuk melakukan riset mengenai hashtags yang sering digunakan oleh organisasi-organisasi nonprofit lainnya seperti #GivingTuesday atau #BCAM untuk Breast Cancer Awareness Month. Buat hashtag yang mencirikan organisasi Anda dan belum digunakan oleh organisasi lain dan pastikan untuk melakukannya secara rutin.

Berdasarkan penelitian dari  Linchpin SEO, tweet yang memiliki lebih dari dua hashtags akan memiliki penurunan partisipasi audiens sebanyak 20%. Dengan itu pastikan hashtag yang Anda gunakan sudah cukup spesifik dan mendefinisikan isu yang organisasi Anda ingin angkat.

 

 

 

 

 

Comments are closed.