Tips Mengolah Daging Hewan Qurban

Idul Adha sebentar lagi! Apakah kamu sudah tahu tips mengolah daging qurban agar tetap terasa kesegaran dan berkahnya?

Mendapatkan
daging qurban sangat terasa berkahnya. Walaupun setiap pekan kamu bisa makan daging hewan ternak seperti sapi atau kambing, menikmati hewan qurban lain rasanya. Jumlah daging yang banyak membuatnya tak habis satu kali masak. Biasanya disimpan di dalam kulkas untuk beberapa waktu. Nah, bagaimana tips memasak dan menyimpan daging qurban ini?

Jika kamu tahu bagaimana tips menyimpan daging qurban yang benar maka usia daging tersebut bisa awet selama setahun. Kualitas daging pun akan tetap bagus. Juga buat kamu yang mau memasaknya langsung, daging segar bisa kamu olah dengan tekstur yang lebih empuk dari rasa yang lebih manis dan segar.

 

Cara Menyimpan Daging Qurban Agar Tahan Lama

Cara menyimpan daging qurban sangat mempengaruhi usianya. Penyimpanan yang benar akan membuat usia daging lebih tahan lama. Bagaimana tips menyimpan daging yang benar?

  • Bersihkan dan Simpan

    Penyimpanan daging yang benar jangan dicuci. Potong dalam kondisi bersih dan tidak kotor lalu dibungkus menggunakan plastik wrap. Mencuci daging dan membuatnya kontak dengan air hanya akan memicu tumbuhnya bakteri. Simpan dengan plastik wrap yang lebih bersih dan aman.

  • Simpan Di Pendingin Lebih Dulu

    Sebelum memasukkan ke dalam freezer, simpan lebih dulu selama 3 hingga 4 jam di pendingin kulkas. Setelah dingin barulah pindahkan ke freezer dalam kondisi masih tertutup plastik wrap. Suhu penyimpanan daging yang baik adalah -1  hingga 1 derajat celcius. Menyimpan pada suhu yang lebih tinggi akan memunculkan risiko pertumbuhan bakteri.

  • Cara Mengambil yang Benar

    Saat akan dimasak, letakkan daging di suhu kamar hingga batu es mencair. Jangan memanaskan daging agar batu es mencair atau daging bisa diolah. Letakkan di suhu kamar atau tambahkan air dingin agar beku segera mencair.Menyimpan daging qurban dengan keamanan suhu dan tanpa kontak dengan udara akan membuat daging tahan hingga usia satu tahun sekalipun. Sama halnya saat kamu menyaksikan daging-daging impor yang dipacking dalam keadaan beku. Usianya mungkin sudah lama.

 

Tips Mengolah Daging Qurban Agar Empuk dan Lezat

Begitu daging qurban dibagikan kamu bisa langsung memasaknya selagi daging segar dan rasanya pun tentu lebih istimewa. Bagaimana sebenarnya tips memasak daging qurban agar empuk dan enak?

  • Agar daging bisa empuk dan cepat dimasak, kamu bisa memanfaatkan alat masak presto untuk melunakkan teksturnya. Alat masak presto sangat membantu terutama untuk daging yang masih menempel pada tulang dan akan dibuat sop.
  • Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis yang disiramkan ke daging selama 15 menit untuk mendapatkan daging yang lebih empuk.
  • Memasak daging qurban baik sapi, kambing, atau domba sangat tergantung pada komposisi rempah yang kamu pakai. Gunakan rempah yang lengkap dan banyak agar rasa daging lebih istimewa.
  • Cara memasak daging secara tradisional menggunakan tungku kayu masih digunakan sebagian masyarakat seperti di daerah Minangkabau. Cara ini ternyata membuat usia masakan daging lebih tahan lama.
  • Cobalah memasak dengan resep yang tidak biasa, riset lebih dulu menu apa yang akan kamu masak dengan daging yang ada. Jangan andalkan masakan yang biasa.

 

Berbagi Kebahagiaan di Qurban Tahun Ini

Menikmati daging memang lezat, tetapi akan lebih baik lagi jika kamu ikut berqurban tahun ini. Jadi tidak sekadar menikmati tapi juga kamu bisa merasakan keberkahan dan manfaat ibadah qurban. Salurkan qurbanmu di Kitabisa, layanan qurban online dengan harga yang terjangkau.

Kitabisa bermitra dengan lembaga penyalur qurban tepercaya Indonesia dan menyalurkannya ke daerah-daerah pelosok di seluruh Indonesia. Harga hewan qurban di Kitabisa sangat terjangkau, baik untuk kambing, sapi untuk tujuh orang maupun satu ekor sapi untuk satu orang.

Penyaluran qurban di Kitabisa lebih tepat sasaran karena disampaikan ke daerah-daerah pelosok yang jarang mendapatkan daging qurban. Penyelenggaraan dilakukan sesuai syariah dan pengelolaan dilakukan transparan.

Berqurban lebih mudah, murah dan sesuai syariah bisa kamu lakukan di Kitabisa. Jangan tunda lagi niat baikmu sekarang. Mari berbagi daging qurban dan sebarkan kebaikan untuk mereka yang membutuhkan.

qurban di daerah