Galang Dana

Tips Sebarkan Galang Dana secara Efektif

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kitabisa merupakan sebuah wadah yang memberikanmu kesempatan untuk menggalang dana secara transparan. Setiap donasi yang masuk ke kampanye akan tercatat dalam sistem. Hal ini memudahkanmu untuk mempertanggungjawabkan total donasi kepada donatur maupun khalayak. Tak hanya itu, akses ke penggalangan dana online yang bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun membuat Kitabisa praktis digunakan.

Nah, bagi kamu yang membuka kampanye galang dana atau ingin membantu kampanye milik orang lain, ada baiknya untuk menyebarkannya supaya diketahui lebih banyak orang. Mari sebarkan galang dana secara efektif dengan cara-cara di bawah ini.

 

5  Cara Sebarkan Galang Dana

cara dapat donasi

  1. Menggunakan aplikasi pengirim pesan

    Ada beragam aplikasi pengirim pesan yang bisa digunakan untuk menyebarkan galang dana, contohnya LINE, Blackberry Messenger (BBM), dan WhatsApp. Menurut data di situs Kitabisa, sebanyak 60% donasi didapatkan melalui tautan yang disebar melalui japri di aplikasi-aplikasi pengirim pesan. Kirimkan tautan beserta pesan yang berbeda untuk setiap kontak yang kamu tuju. Manfaatkan pula fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi, seperti status WhatsApp atau status LINE.

    Jika ingin berbagi melalui grup, perhatikan perbedaannya dengan japri. Kelebihan dari cara ini adalah jauh lebih cepat karena langsung menjangkau orang-orang yang ada di dalam grup. Buatlah pesan yang singkat, padat, dan jelas serta cukup dalam satu layar sehingga anggota grup tidak perlu menggulirkan layar.

  2. Sebarkan galang dana melalui media sosial

    Sebarkan galang dana melalui media sosial yang populer digunakan, misalnya Facebook, Twitter, dan Instagram. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan, yakni menuliskan tautan galang dana pada bio, menandai keluarga atau sahabat dalam kiriman, menuliskan cerita personal terkait kampanye, dan menambahkan foto. Kamu juga bisa menyebarkan tautan melalui fitur pesan langsung di masing-masing media sosial.

    Tak hanya itu, jangan lupa perbarui informasi kampanye secara berkala. Jelaskan bagaimana perkembangannya sehingga makin banyak orang yang terdorong untuk memberi donasi. Contoh cerita yang bisa Anda bagikan, seperti ucapan terima kasih pada para donatur, kondisi terbaru penerima bantuan, atau perkembangan jumlah donasi. Jika bisa memperbarui informasi menggunakan foto, tentunya akan jauh lebih baik. Hal ini karena manusia cenderung lebih suka melihat gambar.

  3. Memberitakan di media massa

    Media massa dapat membantu penyebaran kampanye galang dana lebih cepat meluas. Beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni meminta bantuan kenalanmu yang bekerja sebagai wartawan. Kamu pun bisa mengirimkan tulisan terkait galang dana agar media massa memberitakannya. Tak hanya itu, tulisan juga bisa dibuat pada blog publik milik media, seperti Kompasiana, Citizen6, User Story, dan Indonesiana.

  4. Meminta bantuan figur publik

    Cobalah meminta pertolongan dari figur publik atau influencer untuk menyebarkan kampanye. Pengaruh figur publik yang populer akan membuat kampanyemu semakin dilihat dan berpotensi menggerakkan seseorang untuk berdonasi. Diskusikan situasimu dengan influencer agar dapat memahami satu sama lain.

  5. Beriklan di media sosial

    Berbeda dengan kiriman media sosial, iklan membutuhkan biaya agar dapat menjangkau lebih banyak orang. Beriklan di media sosial sangat menguntungkan karena target dapat dituju secara lebih akurat. Misalnya, menargetkan tempat tinggal, gender, usia, atau negara tertentu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar penggalangan dana bisa menjangkau lebih banyak orang. Dengan jangkauan yang luas, donasi yang masuk bisa lebih cepat bertambah. Selain itu, kamu juga berperan mengajak orang-orang dalam melakukan kebaikan. Walaupun hanya bantuan kecil, kebaikan tersebut sangat berarti untuk masa depan saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Comments are closed.