5 Tujuan Wakaf untuk Kemanusiaan

Wakaf memang merupakan amalan sunah yang memberi manfaat terus-menerus bagi pemberinya. Akan tetapi, kebaikan wakaf bukan hanya untuk pemberi. Tujuan wakaf adalah menciptakan arus kebaikan untuk menerapkan nilai-nilai kemanusiaan. Ini berarti manfaatnya tidak hanya bersifat pribadi atau perorangan, tetapi juga untuk kepentingan umat.

Bagaimana cara wakaf memberi manfaat untuk kemanusiaan? Inilah beberapa di antaranya.

1. Mencegah Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial terjadi ketika satu golongan masyarakat memiliki jumlah kekayaan yang berbeda jauh dengan golongan lainnya. Ketika melakukan wakaf, kamu sebenarnya sedang mempersempit kesenjangan sosial dengan menyalurkan harta untuk kebutuhan banyak orang. Yang paling umum tentu saja wakaf uang, di mana kamu bisa menyalurkannya untuk mendukung pendidikan anak yatim atau menanggung kebutuhan fakir miskin.

Wakaf berasal dari bahasa Arab yang bermakna “menahan”. Ketika berwakaf, kamu menahan diri untuk tidak membelanjakan harta tersebut, tetapi memanfaatkannya untuk membantu orang lain. Jika dilakukan secara berkala oleh banyak individu dan organisasi, hal ini bermanfaat untuk mengurangi kesenjangan sosial.

2. Memudahkan Kepentingan Orang Banyak

Selain mengurangi kesenjangan, tujuan wakaf adalah memudahkan orang lain dalam menunaikan hajat hidup atau kepentingan mereka. Ketika suatu komunitas atau warga mengalami kesulitan dalam menunaikan hajat penting, kualitas hidup mereka bisa menurun. Mewakafkan harta akan membantu mereka meningkatkan kualitas hidup tersebut, sesuatu yang erat hubungannya dengan kemanusiaan.


Caranya bermacam-macam. Kamu bisa mewakafkan tanah untuk membangun sumur pompa atau tempat penampungan air bersih. Kamu juga bisa mewakafkan bangunan untuk dijadikan toilet umum, lumbung, atau tempat belajar bagi anak-anak.

3. Membawa Kebaikan untuk Komunitas

sumber : unsplash

Semua jenis kegiatan amal dipandang baik dalam Islam dan memberi pelakunya pahala besar. Akan tetapi, wakaf cenderung mendapat keistimewaan dibandingkan dengan sedekah dan infak, misalnya. Hal ini karena beberapa syarat dalam rukun wakaf mengharuskan pemilik harta untuk mewakafkan harta yang bernilai dan berguna bagi kepentingan orang banyak.

Jika infak dan sedekah bisa ditujukan untuk satu orang, wakaf memberi manfaat untuk banyak orang. Dengan satu amalan, kamu bisa membantu sebuah komunitas. Bayangkan jika semakin banyak orang melakukan hal ini. Berapa banyak orang yang akan terbantu?

4. Melatih Pribadi agar Lebih Ikhlas dan Dermawan

Selain memberi manfaat bagi banyak orang, tujuan wakaf adalah menciptakan individu yang akan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Ketika kamu berlatih menahan harta demi mewakafkannya pada pihak lain, kamu telah belajar cara menjadi ikhlas dan dermawan. Hal ini bagus untuk melembutkan hati dan membuatmu lebih mudah mengeluarkan harta demi membantu banyak orang.

Sekarang bayangkan jika hal ini terjadi pada banyak individu. Jika satu orang yang mewakafkan hartanya berhasil membantu banyak orang, dampaknya tentu akan lebih luas ketika lebih banyak individu menjadi lebih dermawan dan mewakafkan harta mereka. Masyarakat yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan kedermawanan pun akan semakin meningkat.

5. Menciptakan Masa Depan lebih Baik untuk Berbagai Kalangan

Wakaf memang merupakan amalan baik bagi umat Muslim, tetapi manfaatnya bisa dirasakan oleh semua kalangan. Bayangkan jika kamu mewakafkan tanah untuk fasilitas umum atau sumber air bersih, berapa orang yang akan terbantu? Ketika kamu melakukan kebaikan untuk semua kalangan, kamu telah melaksanakan nilai-nilai kemanusiaan.

Ingin segera mewakafkan harta demi kemanusiaan? Kamu bisa mendonasikan harta lewat Wakaf Produktif, yaitu sebuah skema pengelolaan wakaf dari donasi publik. Hasilnya bisa digunakan untuk berbagai kebaikan atau kepentingan umum, seperti membantu biaya pendidikan anak yatim, menolong fakir miskin, hingga menyediakan air bersih dan sarana umum bagi komunitas yang membutuhkan.

Kamu bisa menyumbangkan harta wakaf secara mudah lewat KitaBisa. Unduh aplikasinya untuk mengakses halaman Wakaf Produktif, dan pilih jenis donasi yang kamu inginkan. Jika tujuan wakaf adalah mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan, kamu telah berhasil melakukannya dengan mewakafkan uangmu secara rutin lewat skema Wakaf Produktif. Gunakan aplikasi KitaBisa untuk memulainya sekarang!