Qurban

Tujuan Qurban dan Makna Utama Pelaksanaannya

Berqurban cara berbagi di Hari Idul Adha, dimana ini hukumnya wajib bagi muslim yang sudah baligh dan mampu. Tujuan qurban sebenarnya untuk berbagi pada sesama dan bisa berbahagia menyambut hari bahagia. Qurban sendiri berasal dari bahasa arab yaitu qariba yang artinya lebih mendekatkan diri pada Allah dengan melakukan ritual penyembelihan hewan qurban. Di Indonesia, hewan qurban umumnya kambing dan sapi. Dimana sapi bisa peruntukkan untuk seorang atau beberapa orang sekaligus.

 

5 Tujuan dan Makna Utama Pelaksanaan Qurban

Makna dan keutamaan qurban adalah mendekatkan diri pada Allah, sesuai dengan firmannya pada surah al-Hajj ayat 22-28, yang mengandung makna, makan makanlah sebagian darinya (hewan qurban) dan sebagian lagi berikan pada orang-orang fakir. Bukan itu saja, ternyata ada beberapa tujuan serta makna berqurban.

  1. Ciri Keislaman Seorang Muslim

    Berqurban memang tidak masuk dalam rukun islam, tetapi ini menjadi bentuk taqwa pada Allah SWT. Hal tersebut sesuai dengan hadis shahih riwayat Ahmad dan Ibnu Majah.
    Rasulullah SAW bersabda, barang siapa dalam kondisi lapang dan mampu tidak melaksanakan kurban, jangan mendekati kami dan tempat shalat kami. Hal ini tentu menunjukkan bahwa ibadah qurban itu sangat penting nilainya, bahkan bisa jadi bukti keislaman seseorang. Bagaimana jika tidak mampu, jangan pernah memaksakan. Tapi kalau memang ada niat banyak muslim yang berhasil berqurban sekalipun tidak berasal dari kaum yang mampu.

  2. Meneladani dan Mengikuti Anjuran Nabi Ibrahim as pada Allah SWT

    Turunnya perintah berqurban saat Idul Adha sejak adanya peristiwa penyembelihan Nabi Ismail As, oleh ayahnya sendiri Nabi Ibrahim As, atas perintah Allah SWT untuk menunjukkan ketakwaannya. Dimana pada akhirnya Allah menggantikan dengan hewan qurban, sejak saatnya itulah mulai ada perintah berqurban. Hal ini tertuang pada surah Ash-Shaffat ayat 102, Dimana Nabi Ibhamin As berseru pada putranya Nabi Ismail, Hai anakku, aku melihat dirimu aku sembelih dalam mimpiku, bagaimana pendapatmu. Nabi Ismail menjawab, Hai Bapaku, kerjakan apa yang di perintahkan padamu, Insya Allah aku akan bersama dengan orang-orang yang sabar.

  3. Berkurban Lebih Tinggi Nilainya Dari Sedekah

    Banyak yang mempertanyakan pentingnya berqurban, padahal ini tidak termasuk dalam rukun islam yang terbukti wajib dilakukan umat muslim. Ternyata saat kamu berkurban lebih utama dibandingkan sedekah yang senilai bahkan lebih dari harga hewan qurban. Hal ini sesuai dengan hadis shahih fiqh sunnah 2 : 379, keutamaan qurban oleh Ibnu Qayyin Penyembelihan hewan qurban pada waktunya (Idul Adha) lebih mulia di bandingkan dengan sedekah. Sekalipun sedekah yang kau berikan lebih tinggi nilainya, maka pahala yang didapatkan tetap lebih tinggi saat berqurban.

  4. Memupuk Empati dan Meningkatkan Solidaritas Sesama

    Manfaat berkurban yang tidak disadari banyak kaum muslim adalah bisa meningkatkan rasa empati pada sesama. Dimana saat hari raya semua orang berhak berbahagia, mendapatkan makanan dan kenikmatan yang sama. Berqurban dan memberikan pada yang berhak bisa memberikan kenikmatan yang sama di hari raya.
    Selain itu, kaum muslim juga semakin kompak dan bisa meningkatkan rasa solidaritas. Dimana yang mampu tetap mengingat saudaranya yang kurang mampu, memberikan sebagian hartanya dan tidak bersenang-senang di hari raya sendiri. Hal ini juga menunjukkan jika Islam mengajarkan untuk memupuk rasa kepedulian terhadap sesama.

  5. Rasa Syukur Atas Nikmat Allah SWT

    Hal yang paling utama dari tujuan berkurban adalah mensyukuri segala nikmat yang telah Allah SWT berikan selama ini. Terkadang kamu lalai dan lupa, jika sebagian dari hartamu ada milik mereka yang membutuhkan. Berqurban dan waktu yang tepat untuk berbagi dan bersyukur atas segala nikmat yang diberikan. Bersyukur atas segala nikmat berupa kesehatan, keimanan hingga kelimpahan rezeki sepanjang tahun. Bahkan bisa jadi kelimpahan nikmat ini dinikmati bersama sesama, berqurban juga jadi momen yang tepat untuk berbagi agar semua orang bisa berhari raya dengan gembira.

Masih ada banyak lagi manfaat dan tujuan qurban yang dilakukan saat Idul Adha, ini bahkan bisa menunjukkan dan meningkatkan keimanan. Bagi kamu yang ingin Qurban dengan mudah di Kitabisa, caranya mudah, tepat sasaran dan diberikan pada mereka yang berhak. Ini saatnya berbagi agar mereka bisa bergembira di hari raya.


Kamu bisa berqurban dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban murah

Comments are closed.