Jadwal dan Amalan untuk Menunggu Waktu Berbuka Puasa Hari Ini

Ketika menjalankan ibadah puasa, waktu berbuka merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu. Biasanya orang-orang menunggu waktu berbuka dengan mempersiapkan berbagai takjil untuk disantap sendiri maupun bersama orang-orang terdekat.

Selain mempersiapkan hidangan berbuka, terdapat pula amalan-amalan yang dapat dilakukan untuk memperoleh pahala Ramadhan seraya menunggu azan Maghrib berkumandang. Berikut jadwal dan berbagai amalan untuk menunggu waktu berbuka puasa hari ini.

Waktu Berbuka Puasa Hari Ini Kota Jakarta

Waktu berbuka puasa ditandai dengan azan Maghrib sebagai penanda bahwa matahari sudah tergelincir ke barat. Karena waktu salat yang senantiasa berubah-ubah, waktu berbuka juga mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. 

Oleh karenanya, penting untuk memeriksa waktu masuknya Maghrib setiap hari untuk mengetahui secara tepat kapan buka puasa dapat dilakukan.

Cara untuk mengetahuinya secara pasti adalah dengan mengunduh aplikasi pengingat waktu salat atau menyimpan kalender Ramadhan yang telah dikeluarkan oleh Kemenag. Berikut jadwal berbuka puasa berdasarkan Kementerian Agama Republik Indonesia di Kota Jakarta selama bulan Ramadhan tahun 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

  • 2 – 4 April 2022 : 18.01 – 18.00 WIB
  • 5 – 13 April 2022 : 17.59 WIB – 17.56 WIB
  • 14 – 28 April 2022 : 17.55 WIB – 17.51 WIB
  • 29 April – 1 Mei 2022 : 17.50 WIB

Keutamaan Melakukan Ibadah Puasa

Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat Islam yang memenuhi syarat. Syarat-syarat wajib tersebut antara lain: beragama Islam, baligh, berakal, sehat, serta tidak berada dalam perjalanan panjang. Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam dan menempati urutan ketiga. Di balik itu, puasa menyimpan berbagai keutamaan, antara lain:

waktu berbuka puasa hari ini

1. Mencegah Maksiat

Puasa memiliki keutamaan mencegah maksiat. Ibadah puasa memiliki esensi berupa menahan nafsu atau syahwat seperti makan dan minum. Nafsu merupakan salah satu pintu masuk setan untuk membuat manusia terjerumus dalam kemaksiatan, sehingga berpuasa dapat membuat manusia tercegah dari perbuatan tersebut.

2. Merupakan Ibadah yang Jauh dari Sifat Riya’

Karena bentuk ibadahnya yang tak memiliki gerakan tertentu dan tak dapat dilihat dari luar, puasa dapat membuat seseorang yang menjalankannya jauh dari sifat riya’ atau pamer. 

3. Sebagai Penghapus Kesalahan dan Dosa

Berpuasa, termasuk puasa Ramadhan, dapat menghapus manusia dari dosa yang pernah diperbuat. Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi:

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

sedekah di aplikasi kitabisa

Amalan Untuk Menunggu Waktu Berbuka Puasa Hari Ini

Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak amalan guna memperoleh keberkahan dan ampunan Allah SWT. Hal ini karena Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari yang mengatakan bahwa pada bulan ini, pintu surga dibuka selebar mungkin, pintu neraka ditutup, sementara setan dibelenggu. Selain itu, pada bulan Ramadhan, pahala yang didapat juga akan dilipatgandakan.

amalan berbuka puasa

Kesempatan ini tentu tak dapat diperoleh setiap saat. Oleh karenanya, banyak orang berlomba-lomba untuk melakukan berbagai ibadah. Ibadah tersebut dapat dilakukan kapan saja, termasuk ketika menjelang berbuka. Berikut berbagai amalan yang dapat dilakukan untuk mencapai pahala seraya menunggu waktu berbuka puasa hari ini. 

Membaca Al-Qur’an dan Mengajarinya

Membaca Al-Qur’an seraya menunggu waktu berbuka dapat menjadi kegiatan untuk meraih kebaikan bulan suci. Pada bulan Ramadhan, membaca satu huruf dalam Al-Qur’an dapat memberikan pahala sepuluh kali lipat dibanding jika dibaca pada waktu-waktu lainnya. Selain itu, mengajari orang lain untuk membaca Al-Qur’an yang baik dan benar dapat menjadi sarana meraih amal jariyah.

Memperbanyak Berdoa

Salah satu waktu paling mustajab untuk berdoa adalah ketika seorang hamba tengah berpuasa. Hal ini dijelaskan dalam hadis riwayat Tirmizi, Ibnu Majah, dan Ahmad, di mana Rasulullah SAW berkata:

“Terdapat tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi.”

Memperbanyak Zikir dan Istigfar

Ibadah selanjutnya adalah berzikir dan beristigfar. Setiap manusia pasti tidak luput dari dosa. Oleh karenanya, beristigfar dan berzikir untuk meminta pengampunan kepada Allah SWT dapat menjadi salah satu cara untuk meraih kebaikan bulan suci.

Menghadiri Kajian Mengenai Ilmu Agama

Menghadiri kajian di masjid maupun secara online dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang seraya menunggu azan Maghrib. Selain memperoleh pahala, menghadiri kajian juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan seputar ilmu agama.

Bersedekah di Waktu Berbuka Puasa Hari Ini

Ibadah selanjutnya adalah dengan bersedekah. Sedekah merupakan amalan berpahala yang dapat dilakukan kapan saja, termasuk di bulan Ramadhan. Amalan ini dapat dilakukan dengan pemberian berupa uang, barang, maupun makanan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Saat ini, bersedekah dapat dilakukan dengan lebih praktis dan mudah melalui beberapa platform, salah satunya Kitabisa. 

Tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa bersedekah untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Yuk, perbanyak amalan di bulan Ramadhan ini dengan berbagi via aplikasi Kitabisa.

sedekah ramadhan