Waspada Jenis-Jenis Penyakit Menular Berikut

Memiliki tubuh sehat adalah anugerah yang sangat besar. Pasalnya kalau kamu mengalami sakit, akan ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan. Bahkan, ada potensi kondisi tubuh semakin memburuk dan mengancam nyawa. Kalau sudah ada pada tahap ini penanganan yang serius harus dilakukan.

 

Macam Penyakit Menular

penyakit menular

Selain penanganan yang tepat, pencegahan adalah hal yang wajib dilakukan. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik kamu menghindari terkena penyakit berbahaya khususnya beberapa yang mudah sekali menular berikut ini.

  1. HIV

    Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah salah satu penyakit menular yang hingga saat ini belum ada obatnya. Sekali saja terinfeksi virus HIV, tubuh akan terdampak selamanya. Meski saat ini sudah banyak obat yang bisa menekan virus dan menaikkan ekspektasi hidup, penyakit ini tetap berbahaya karena menurunkan daya tahan.
    HIV mudah sekali menular melalui aktivitas seks yang berisiko seperti seks bebas dan tidak menggunakan kondom. Virus ini bisa dicegah kalau seseorang mengonsumsi obat PrEP atau PeP kalau terlanjur ada kontak dengan cairan kelamin.

  1. Hepatitis

    Penyakit hepatitis memiliki beberapa jenis seperti hepatitis A, B, dan C. Ketiganya bisa menular dalam beberapa cara. Ada yang melalui makanan dan ada yang menular melalui aktivitas seks yang berisiko. Begitu virus masuk ke tubuh, organ hati akan diserang dan memicu kerusakan hingga kematian.
    Seseorang dengan kondisi hepatitis sebenarnya masih bisa ditolong asal diketahui sejak dini. Oleh karena itu kalau kamu ada risiko mengalami hepatitis ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Semakin cepat akan semakin baik dan mencegah kerusakan hati makin parah.

  1. HPV atau Kutil Kelamin

    Salah satu penyakit menular yang paling umum dan sering diabaikan adalah HPV. Virus ini menyebabkan beberapa masalah pada tubuh seperti kutil di area kemaluan. Kutil yang terjadi akibat HPV umumnya menyebabkan rasa gatal dan mudah sekali menyebar ke area selangkangan.
    Sekilas penyakit ini seperti tidak ada kemampuan untuk menyebabkan gangguan di tubuh. Namun, infeksi HPV bisa menyebabkan perubahan pada kemaluan secara estetik dan yang paling parah bisa memicu terjadinya kanker serviks pada wanita. Itulah kenapa wanita yang aktif secara seksual wajib menjalani Papsmear.

  1. Tuberkulosis

    Tuberkulosis adalah penyakit yang mudah menular dan menyerang area paru-paru. Seseorang dengan kondisi ini akan sering batuk dan tubuhnya kian mengurus. Seseorang dengan kondisi tuberkulosis bisa sembuh asal mendapatkan penanganan yang tepat dan kontinu.
    Mengingat penyakit ini mudah menular seperti layaknya flu, pengidap kadang harus berada di ruang isolasi untuk sementara waktu. Dengan begitu mereka bisa mendapatkan perawatan dengan baik dan tidak ada risiko untuk menularkan penyakitnya ke orang lain.

  1. Herpes

    Herpes adalah penyakit menular yang mudah menyebar dengan hanya sentuhan tangan saja. Artinya aktivitas seksual tidak satu-satunya menjadi pemicu penularan. Dengan hanya menyentuh bagian yang terkena herpes dengan tangan, kemungkinan virus menular akan besar.
    Herpes tidak serta-merta memicu masalah pada tubuh. Kalau kondisi daya tahan tubuh kamu sangat baik, kemungkinan besar tidak akan memicu gangguan pada kulit dan virus akan dorman.

Demikianlah ulasan tentang beberapa penyakit menular yang harus diwaspadai. Dengan lebih waspada, kemungkinan tertular akan semakin kecil.


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan penyakit menular dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan