Wujudkan Ramadhan Terbaik Yatim Dhuafa untuk Lengkapi Doa Buka Puasa

Untuk sebagian orang, menyantap menu buka puasa yang lezat bersama keluarga pada waktu berbuka merupakan hal yang lazim. Namun, banyak juga lauk-pauk yang tersisa di sudut piring dikarenakan perut sudah tidak bisa menampung makanan sisa tersebut dan berakhir terbaikkan. Padahal, di luar sana masih banyak anak yatim dan dhuafa yang mendambakan berbuka puasa bersama keluarga dengan menu makanan bergizi. Terdapat banyak yayasan yang bergerak di bidang sosial salah satu yayasan yang bergerak di bidang pemberdayaan yatim, dhuafa, dan difabel adalah Yayasan Senyum Kita. Yayasan Senyum Kita bertujuan memberikan nuansa baru untuk umat Muslim di seluruh Indonesia agar Ramadhan lebih bermakna dengan berbagi kepada sesama.

 

Yayasan Senyum Kita untuk Yatim dan Dhuafa

Salah satu program yang diusung oleh Yayasan Senyum Kita ialah Senyum Ceria Ramadhan (SCR). Program SCR ini merupakan wadah berbagi kebahagiaan dengan adik-adik yatim, dhuafa, dan difabel se-DIY dengan berbagai kegiatan menarik. Kegiatan diawali dengan roadshow ke 4 panti  di DIY dan dari rangkaian roadshow tersebut akan berakhir pada acara puncak SCR 2019 yang akan dihadiri oleh adik panti asuhan se-DIY atau sama dengan adik dari 25 panti se-DIY. Roadshow panti ini bertujuan memberikan ruang kepada adik-adik asuh untuk belajar keterampilan dan pengetahuan bersama praktisi atau pengusaha yang ahli dalam bidangnya, dengan harapan pemberdayaan tersebut dapat diterapkan secara berkelanjutan bagi adik-adik asuh.

Senyum Ceria Ramadhan 2019 ini menargetkan peningkatan baik secara kuantitas maupun kualitas dari edisi yang pernah dijalankan sebelumnya. Secara kuantitatif, SCR 2019 ini ditargetkan mampu melibatkan 500 yatim, dhuafa, dan difabel dari 25 panti se-DIY. Sedangkan, secara kualitatif kegiatan SCR 2019 ini diharapkan dapat memberikan muatan pengetahuan dan keterampilan baru untuk anak-anak panti asuhan.

Selain kegiatan berpuasa, kegiatan berbuka puasa juga merupakan hal yang paling dinanti ketika Ramadhan ini. Berdoa sebelum berbuka puasa merupakan sunnah Rasulullah SAW karena terdapat beberapa keutamaan yang terdapat dalam doa yang dipanjatkan menjelang berbuka puasa. Berikut merupakan keutamaan dan lafadz doa berbuka puasa.

 

Keutamaan Doa Berbuka Puasa

Wujudkan Ramadhan Terbaik Yatim Dhuafa untuk Lengkapi Doa Buka Puasa Ramadhan

Ada beberapa hadits yang menyatakan keutamaan berdoa menjelang buka puasa. Bagi orang yang berpuasa, sepanjang waktu puasa adalah waktu mustajab untuk berdoa sebagimana sabda Rasulullah saw: “Sesungguhnya doa orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah).

Oleh karena itu, dianjurkan untuk berdoa untuk kepentingan dunia maupun akhirat ketika berpuasa karena waktu puasa merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Berdoa menjelang berbuka puasa juga dapat menjadi sebuah tanda syukur atas rezeki yang diberikan Allah kepada kita, serta memohon ampun atas segala dosa yang pernah kita perbuat. Rasulullah saw bersabda: “Ada tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang terdzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat.” (HR. Tirmidzi dan Thabrani).

 

Lafadz Doa Berbuka Puasa

Dalam berbuka puasa tentunya kita dianjurkan memanjatkan doa terlebih dahulu sebelum membatalkan puasa yang telah dilaksanakan selama sehari penuh. Berikut merupakan dua doa berbuka puasa yang dapat kamu amalkan pada waktu berbuka.

Doa berbuka puasa yang pertama:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Allahumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu.

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.”

Doa berbuka puasa yang kedua:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahabadh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah

Artinya: “Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah dan pahala telah ditetapkan insya Allah.” (HR. Abu Daud)

Ditulis Oleh: Ray


Untuk melengkapi amalan kamu pada bulan Ramadhan ini, kamu dapat menyisihkan sebagian hartamu dengan bersedekah secara online melalui website Kitabisa atau melalui Aplikasi Kitabisa. Lengkapi amalan Ramadhanmu dengan mulai bersedekah!

banner_donasi_sedekah