Yayasan/Komunitas Anda ingin sukses menggalang dana online? pelajari caranya disini!

Apakah Yayasan Anda ingin mempelajari bagaimana Komunitas Love Pink berhasil menggalang Rp 635 juta untuk membantu Ibu Rosida (penderita kanker payudara) secara online melalui kitabisa.com?

Jika iya, tips ini penting untuk Anda baca.

Menggalang dana dengan cerita personal dari program yayasan.

Di kitabisa.com, penggalangan dana yang dibuat oleh yayasan/komunitas dengan tujuan yang terlalu umum dan tidak spesifik impactnya relatif tidak berhasil mencapai target. Misalnya :

• ‘Pengembangan Ibu-Ibu Mandiri di Desa’
• ‘Program Desa UKM digital’
• ‘Pembinaan Pemuda untuk Menemukan Passion’,
• ‘Sosialisasi Masalah X bagi Ibu-ibu Desa X’, dll

Hal ini dapat disiasati dengan mengemas program yayasan/komunitas menjadi lebih spesifik dengan menceritakan secara detail siapa yang akan dibantu, dan apa hasilnya jika bantuan tersebut diberikan. Ini contohnya :

Campaign ‘Bantu Ibu Rosida’

Komunitas Love Pink berhasil menggalang lebih dari 635 juta hanya dalam 1 minggu untuk membantu Ibu Rosida menyembuhkan kanker payudaranya. Meskipun pada akhirnya beliau meninggal dunia, tetapi dana yang terkumpul akhirnya cukup digunakan untuk membantu beberapa pasien lain.

Screen Shot 2016-02-22 at 5.53.13 PM

Sebelumnya, beberapa campaign untuk membantu penderita kanker payudara lainnya di kitabisa.com tidak berhasil mencapai target karena tujuannya yang terlalu umum seperti yang disebutkan sebelumnya.

Jadi, jika target penerima bantuan dari program yayasan/komunitas Anda bisa lebih spesifik atau ditujukan langsung untuk salah satu pasien/penerima bantuan maka relatif lebih sukses terdanai.

Campaign ‘Ulang Tahun Yuyus untuk Rafa Zaidan’

Saat dikenalkan dengan Rafa Zaidan (Anak penderita kanker) dan dijelaskan tentang ‘Birthday Fundraising’ oleh Bowo dari Komunitas Taufan, Yuyus (Peneliti Biomedis di Menristek) memutuskan untuk ‘merayakan’ ulang tahunnya dengan menggalang dana untuk Rafa. Yuyus berhasil menggalang 5,5 juta dari target hanya 1 juta dalam 1 minggu.

‘Birthday Fundraising’ sendiri adalah konsep penggalangan dana yang ditawarkan oleh Komunitas Taufan bagi anak-anak penderita kanker dengan mengajak publik ‘merayakan’ ulang tahunnya untuk menggalang dana bagi anak-anak tersebut.

yuyus

 

Hingga saat ini, sudah lebih dari 5 orang yang ikut ‘merayakan’ ulang tahunnya dengan cara menggalang dana online di kitabisa.

  • https://kitabisa.com/ulangtahunardian
  • https://kitabisa.com/ultahaid
  • https://kitabisa.com/ulangtahunsandy
  • https://kitabisa.com/ulangtahuniqbal
  • https://kitabisa.com/ulangtahunretno

____________________________________________

Menggalang dana dengan cerita personal  bisa jadi alternatif baru bagi yayasan/komunitas. Semakin personal, publik akan semakin merasa memiliki ‘kedekatan’ dengan calon penerima bantuan sehingga lebih terdorong untuk berdonasi.

P.S. Jika yayasan/komunitas Anda ingin menggalang dana dengan cara diatas, silahkan isi form di sini: ktbs.in/birthdayfundraising