Zakat

Tunaikan Zakat untuk Veteran di Bulan Kemerdekaan

Rayakan momen kemerdekaan ini dengan tunaikan zakat untuk veteran. Zakat merupakan sebuah kewajiban yang ketentuannya tercantum dalam Rukun Islam. Zakat mal adalah salah satu zakat yang wajib ditunaikan selain zakat fitrah. Berbeda dengan zakat fitrah yang ditunaikan menjelang Idul Fitri, zakat mal bisa ditunaikan kapan saja, termasuk di Bulan Agustus ini.

Lantas, jenis zakat apa yang bisa kita tunaikan di bulan kemerdekaan? Kepada siapa kita bisa membayarkan jenis zakat ini? Simak penjelasan berikut, ya.


Zakat Profesi adalah Bagian dari Zakat Mal

Maal atau Mal, berasal dari kata bahasa Arab artinya harta atau kekayaan. Maka, zakat mal adalah zakat yang ditunaikan atas segala jenis harta yang kita miliki asalkan dalam mendapatkan sumber harta itu tidak menyalahi aturan agama.

Sebagaimana yang tertera pada buku Fiqh uz-Zakah yang ditulis oleh Syekh Dr. Yusuf al-Qaradawi, ada beberapa jenis zakat mal salah satunya adalah Zakat profesi atau zakat penghasilan atau dalam bahasa arab disebut Kasb al Amal wa al-Minhah al-Hurrah.

Yang dimaksud dengan zakat profesi adalah, zakat dari penghasilan atau pendapatan yang kita dapat dari keahlian atau pekerjaan tertentu. Muzakki (wajib zakat) dapat menunaikannya setiap menerima upah per bulan. 

zakat untuk veteran

Di dalam Al-Quran, Allah juga menerangkan kewajiban menunaikan zakat dari harta yang kita dapatkan.

“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang – orang yang meminta dan orang-orang miskin yang tidak mendapatkan bagian . “ – QS Adz Dzariyat: 19

“Wahai orang-orang yang beriman bersedekahlah ( keluarkanlah zakat ) dari apa yang baik- baik dari apa yang kalian usahakan. “ –  Qs Al Baqarah : 267 


Menunaikan Zakat Profesi untuk Veteran Indonesia

zakat untuk veteran

Jika kamu di sini sudah memiliki penghasilan dan memenuhi syarat untuk menunaikan zakat mal , kamu bisa menunaikan zakat profesi dengan menyisihkan upah di Bulan Agustus ini untuk berzakat kepada para Veteran, sosok yang berjuang demi memerdekakan Indonesia dan seluruh rakyatnya.

Mengapa veteran? Apakah veteran termasuk dalam Mustahiq (golongan yang berhak menerima zakat)?

Dari data jajak pendapat oleh Litbang Kompas tahun 2022 yang disebar ke 26 provinsi, sebanyak 64,3 persen responden berpendapat kondisi veteran dan keluarganya kurang sejahtera. Di Indonesia, masih ada ratusan veteran yang hidup di bawah garis kemiskinan bahkan tinggal di tempat yang tak layak seperti bantaran sungai.

Hal ini membuat para veteran yang hidup prasejahtera masuk dalam golongan Fakir/Miskin diantara orang yang berhak menerima zakat lainnya.

Di bulan kemerdekaan ini, makna berzakat untuk para veteran juga begitu kuat dimana kamu sebagai Muzakki, bisa ‘berjuang’ memerdekakan para veteran dari kesulitan hidup yang mereka alami selama ini. 

Button zakat untuk veteran 1

Perhitungan & Cara Tunaikan Zakat untuk Para Veteran yang Amanah dan Praktis

Setelah mengetahui bahwa kita bisa menunaikan Zakat Profesi di Bulan Kemerdekaan ini kepada para veteran yang amat berjasa bagi bangsa kita, lantas berapa jumlah zakat yang harus dibayarkan, dan bagaimana cara serta niatnya? 

Untuk setiap harta yang telah memenuhi nisab, kamu perlu mengeluarkan zakat penghasilan. Berapa jumlahnya? 2,5% x jumlah penghasilan dalam 1 bulan.

Contoh, kamu memiliki gaji Rp8.000.000,- per bulan, maka jumlah zakat penghasilan yang harus dibayarkan ialah 2,5% x Rp8.000.000,- = Rp200.000,-.

zakat untuk veteran

Nah, itulah penjelasan secara lengkap berkaitan dengan zakat mal. Sampai di sini, kamu tahu kalau zakat mal adalah salah satu kewajiban yang perlu ditunaikan ketika memenuhi syarat. Selain itu, kamu harus menyerahkannya kepada orang yang benar-benar berhak, salah satunya adalah veteran.

Sebelum menyerahkan zakat, ada baiknya kamu membaca niatnya terlebih dahulu

“Nawaitu an ukhrija zakata maali fardhan lillahi ta’aala.”

Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat hartaku fardhu karena Allah Ta’ala.

Untuk memudahkan pembayaran zakat penghasilan kepada para veteran, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Kitabisa. Zakatmu akan diberikan ke lembaga zakat terpercaya yaitu LAZ Al-Azhar yang akan menyampaikan langsung kepada komunitas veteran prasejahtera yang membutuhkan. 

Dengan aplikasi Kitabisa, menunaikan zakat jadi lebih cepat dan praktis. Yuk, berzakat via aplikasi Kitabisa sekarang!

Button zakat untuk veteran 1
Share
Published by
kitabisa.com

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

4 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

3 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago