4 Jenis Pengobatan Kanker Usus yang Bisa Diterapkan

Kanker usus merupakan salah satu penyakit yang berbahaya di Indonesia, terutama kanker usus besar atau kanker kolorektal. Kanker usus merupakan ancaman yang sangat serius bagi kesehatan di masyarakat, dimana kita harus mengobatinya dengan tepat waktu.

Ada beberapa metode pengobatan penyakit kanker usus agar bisa kembali untuk sembuh. Di artikel ini akan membahas beberapa pengobatan kanker usus agar penderitanya bisa sembuh total.

 

Penyakit Kanker Usus

Beberapa Jenis Pengobatan Kanker Usus untuk Sembuh

Kanker usus kerap menyerang usus besar dibanding usus halus atau usus 12 jari. Pada usus besar, kotoran akan disimpan dan menetap dalam waktu yang lama. Proses terkena/terpapar oleh kotoran inilah yang membuat usus besar lebih rentan terkena kanker. Sebelum menjadi kanker biasanya akan muncul polip atau tumor. Apabila sudah muncul polip, harus segera diangkat karena bila dibiarkan akan berkembang menjadi kanker. 

Sering kali polip muncul tanpa menimbulkan gejala dan baru diketahui saat sudah menjadi kanker. Polip ini dapat diketahui dengan rutin melakukan skrining pada orang-orang dengan beberapa faktor risiko.

 

Pencegahan Terhadap Penyakit Kanker Usus

Beberapa Jenis Pengobatan Kanker Usus untuk Sembuh

Kanker usus besar dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Cara yang dapat dilakukan untuk memperkecil risiko terkena penyakit kanker usus ini adalah:

  • Berolahraga secara rutin
  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, misalnya buah-buahan
  • Menjaga berat badan ideal
  • Berhenti merokok
  • Mengurangi atau menghindari minuman beralkohol

Selain itu, agar kanker usus bisa dideteksi sedini mungkin, pemeriksaan melalui skrining juga sangat perlu dilakukan. Metode pemeriksaan ini sangat dianjurkan, khususnya bagi orang yang memiliki keluarga dengan mempunyai riwayat kanker usus, serta orang yang berusia 50 tahun ke atas.

banner_donasi_biaya_pengobatan

 

Pengobatan yang Dilakukan Untuk Sembuh Dari Kanker Usus

Beberapa Jenis Pengobatan Kanker Usus untuk Sembuh

Penanganan kanker usus atau kolorektal tergantung pada ukuran, lokasi, dan seberapa jauh penyebaran kanker. Pengobatan kanker usus dilakukan sesuai dengan stadium atau tingkat keparahan kanker. Penanganan umum berupa operasi pengangkatan kanker, kemoterapi, dan terapi radiasi. Berikut beberapa penjelasan jenis pengobatan untuk mengatasi kanker usus  diantaranya adalah :

  1. Operasi

    Operasi adalah pengobatan umum untuk kanker usus. Metode operasi dilakukan untuk mengangkat jaringan kanker pada usus. Dalam operasi, bagian usus yang mengalami kanker beserta sedikit jaringan sehat di sekitarnya akan dipotong dan diangkat untuk menghindari sel kanker menjalar atau menyebar ke bagian tubuh lainnya.

  2. Kemoterapi

    Kemoterapi merupakan cara untuk membunuh sel-sel kanker melalui pemberian obat-obatan dalam beberapa siklus yang diatur oleh dokter onkologi. Membunuh sel-sel yang tumbuh atau berkembang biak terlalu cepat.

  3. Radioterapi

    Radioterapi dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker dengan menggunakan sinar radiasi. Sinar ini dapat dipancarkan dari alat di luar tubuh (radioterapi eksternal) atau dari alat yang dipasang dekat lokasi kanker (radioterapi internal). Radioterapi sering digunakan sebagai tambahan setelah pengobatan operasi untuk mengurangi kemungkinan kambuhnya kanker usus.

  4. Terapi obat bertarget

    Berbeda dengan kemoterapi yang menyerang sel kanker sekaligus sel yang sehat, obat ini bekerja dengan membunuh sel-sel kanker secara spesifik. Terapi obat bertarget dapat diberikan tunggal atau dikombinasi dengan metode pengobatan lain.

 

Cerita Dari Seorang Pejuang Kanker Usus

Salah satu penderita kanker usus yang masih berjuang melawan penyakitnya adalah Ibu Rawina. Ibu Rawina divonis oleh dokter sudah terkena kanker usus stadium 4 sejak januari 2018Sebenarnya ibu Rawina sudah mengeluh sakit perut sejak 2017 namun belum ada pengobatan lanjutan dan menjalani pemeriksaan mendalam. Baru pada januari 2018 ibu Rawina memeriksakan  ke RS dan ternyata sudah divonis kanker usus sudah stadium 4. Hingga kini, Ibu Rawina sudah mendapatkan tindakan sinar radiologi dan sudah masuk kemoterapi yang ke 7. Seluruh pengobatan yang harus dilakukan tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ia harus berjuang melawan penyakitnya dengan segala keterbatasan yang ada. 

Ditulis Oleh: Samantha Widya


Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bantu para pejuang kanker, salah satunya dengan berdonasi di Kitabisa. Klik Kitabisa atau lewat Aplikasi Kitabisa yang bisa kamu download di Google Play Store atau App Store