4 Keutamaan Bulan Syawal yang Jatuh Pada 23 Mei 2020

Bulan Syawal menjadi bulan penuh berkah berlimpah pahala yang tidak kalah dengan ramadhan. Bahkan, ibadah yang kamu lakukan pada bulan ini, sama nilainya dengan yang dilaksanakan pada bulan puasa. 

Jadi, sangat sayang apabila salah satu bulan paling istimewa ini terlewat begitu saja. 

 

Kapan Syawal Terjadi ?

Untuk mengetahui kapan Syawal terjadi, ada hitungan khusus yang diambil. Menurut BMKG, awal syawal akan terjadi pada sabtu 23 mei 2020 setelah matahari terbenam. 

Penentuan waktu matahari terbenam ini terjadi saat piringan matahari ada di bawah horizon yang diamati. Selama pengamatan diperoleh fakta-fakta sebagai berikut ini :

  • Bagi yang menggunakan pelaksanaan rukyat hilal secara astronomis, penentuannya adalah 23 mei 2020.
  • Diperkirakan ketinggian hilal di Indonesia pada saat itu adalah 5,60 derajat di Merauke. Semenyara di Papua ketinggian hilal mencapai 7,88 derajat sama dengan di daerah Sabang, Aceh.
  • Elongasi di Indonesia diperkirakan pada saat matahari terbenam adalah 6,34 di Merauke dan 7,88 di Sabang, Aceh.
  • Umur bulan pada saat itu hanya 14,79 jam sajadi Merauke dan 18,16 di Sabang, Aceh. 

 

Keutamaan Bulan Syawal

Makna dan keutamaan bulan Syawal  sangat banyak dan terlalu sayang apabila sampai dilewatkan. 

Berikut keutamaan bulan Syawal yang istimewa dan wajib dimanfaatkan sebaik mungkin.

  • Bulan Takbir

    Syawal atau tepatnya pada tanggal 1 merupakan hari Raya bagi semua umat muslim dimanapun berada. Pada hari kemenangan, semua muslim bersama-sama mengumandangkan takbir sebagai gambaran rasa syukur ramadhan.
    Menurut Surat Al-Baqarah ayat 185, “Dan supaya kamu mengagungkan Allah SWT atas petunjuk yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur atas nikmat yang kamu terima”.

  • Meningkatkan Tali Silaturahmi

    Tentu saja yang pertama terbesit selain Idul Fitri dan takbir adalah bersilaturahmi, betul? Pada bulan ini pintu disebut bulan penuh berkah serta ampunan dari Allah SWT. Untuk itu, sudah seharusnya bahwa kita sebagai hamba Allah memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin. Apabila tidak bisa bersilaturahmi secara langsung, kini dengan bantuan teknologi semuanya mungkin.

  • Menikah

    Menikah di bulan Syawal disunahkan menurut sebagian ahli fiqih Mazhab Sayafi’iyyah. Hal ini karena sebuah riwayat yang menyatakan bahwa Aisyah RA dinikahi dan berhubungan dengan Rasulullah SAW pada bulan Syawal. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ini bukan keharusan untuk menikah saat Syawal. Sampai saat ini belum ditunjukan bukti atau riwayat yang jelas mengenai keutamaan bulan tertentu untuk menikah. Hukum menikah yang sesuai dengan ajaran islam ialah menjadi wajib apabila sudah mampu dan tidak mampu menahan gejolak biologis. Sehingga bukan konteks waktu yang ditekankan, melainkan kesiapan akan menikah.

  • Puasa

    Melaksanakan puasa di saat Syawal memiliki ganjaran yang lebih besar. Hal ini sesuai dengan apa yang tertulis pada HR. Muslim. Disana dinyatakan bahwa puasa 6 hari saat Syawal sana saja dengan berpuasa setahun penuh. Untuk melaksanakan puasa Syawal pastikan tidak di hari Raya, berpuasa di saat Idul Fitri hukumnya haram. Selain itu, utamakan membayar hutang puasa terlebih dahulu baru kemudian melaksanakan puasa Syawal.

Meskipun bukan lagi ramadhan, memberi zakat makanan juga tetap bisa dilakukan. Hal ini selain bisa membantu sesama muslim, juga menambah pahalamu. Ada berbagai cara untuk menyalurkan zakat, salah satu yang paling mudah adalah dengan melalui Kitabisa. Kitabisa akan membantu semaksimal mungkin guna menyalurkan zakat yang kamu berikan, supaya sampai di tangan yang tepat.

Itu dia waktu kapan terjadinya Bulan Syawal di Indonesia yang diprediksi 23 Mei 2020, setelah matahari terbenam. Mengingat bulan ini termasuk bulan istimewa, jangan sampai lupa untuk melakukan amalannya. 


Sempurnakan ibadah dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah