5 Tema Khutbah Idul Adha

Sebentar lagi Hari Raya Idul Adha 2019 tiba, yaitu pada tanggal 10 Dzulhijjah kalender Hijriah atau 11 Agustus pada kalender Masehi. Dalam rangka menyambut Idul Adha, banyak persiapan yang perlu disiapkan, salah satunya adalah memperbanyak mendengarkan khutbah seputar hari besar ini. 

Khutbah menjadi kegiatan yang kerap mewarnai Hari Raya Idul Adha. Khutbah sendiri secara harfiah berarti ceramah atau pidato. Dalam fiqih, khutbah memiliki makna pidato yang disampaikan oleh seorang khotib di depan jamaah sebelum pelaksanaan salat Id. Khutbah biasanya berisi tentang nasihat-nasihat untuk mepertebal iman dan taqwa kepada Allah SWT. Sementara khutbah Idul Adha umumnya berisi tentang puasa Idul Adha, hikmah dan makna qurban, dan ibadah haji.

Tema yang diusung dalam khutbah Idul Adha harus memiliki informasi yang benar dan sesuai. Dengan begitu, umat muslim dapat menjalankan ibadah Idul Adha dengan sempurna, termasuk ibadah haji atau qurban.

 

5 Tema Khutbah Idul Adha yang Bisa Kamu Dengarkan

5 Tema Khutbah Idul Adha

Berikut ini adalah 5 tema khutbah Idul Adha yang bisa kamu dengarkan untuk memperbanyak pengetahuan kamu mengenai hari raya ini.

  1. Hikmah dan Makna Qurban

    Hikmah dan makna berqurban dapat memotivasi umat Islam untuk melaksanakan ibadah tersebut. Dengan mengetahui hikmah dari qurban, tentu membuat para umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan ibadah qurban agar mendapatkan keutamaan dan keistimewaanya. 

  2. Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

    Khutbah Idul Adha yang kedua adalah tentang cerita Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Nabi Ibrahim menunjukkan ketaatannya kepada Allah SWT dengan menerima perintah-Nya untuk mengorbankan anaknya sendiri, yaitu Nabi Ismail. Karena kesungguhan hati Nabi Ibrahim, Allah SWT mengganti Nabi Ismail dengan seekor kambing sebagai qurban.

Baca juga:
6 Makna Idul Adha yang Perlu Kamu Ketahui
Ketahui Ketentuan Qurban Sesuai Sunnah

 

  1. Haji

    Hari Raya Idul Adha juga dikenal sebagai Hari Raya Haji atau Lebaran Haji. Sebab, puncak dari rangkaian ibadah haji jatuh pada hari tersebut. Pada Hari Raya Idul Adha, umat Islam yang sedang menunaikan ibadah haji akan melaksanakan wukuf di Arafah. Maka dari itu, ibadah haji bisa digunakan sebagai salah satu tema khutbah karena merupakan ibadah yang saling berkaitan.

  2. Pentingnya Silaturahmi

    Perlu disampaikan mengenai pentingnya silaturahmi kepada keluarga dan saudara. Pada Hari Raya Idul Adha terdapat tradisi mengunjungi sanak saudara. Itulah mengapa silaturahmi perlu diketahui mengingat hari Raya Idul Adha semakin dekat.

  3. Keutamaan Berbagi

    Setelah melakukan penyembelihan, hewan qurban akan dibagikan kepada mereka yang berqurban, tetangga dan sanak saudara, serta fakir dan miskin. Dari ibadah qurban, kita dapat belajar mengenai manfaat serta keutamaan dari berbagi kepada sesama yang membutuhkan.


Kamu bisa melaksanakan ibadah qurban secara mudah dan cepat melalui di Kitabisa. Yuk, qurban sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

banner_qurban_kitabisa