6 Menu Buka Puasa yang Bisa Disajikan untuk Ngabuburit

Ngabuburit alias menunggu waktu berbuka puasa biasanya diisi dengan berbagai kegiatan, seperti tadarus, membaca buku, jalan-jalan, atau berdiam di rumah sampai suara bedug magrib terdengar. Buat kamu yang suka bereksperimen di dapur, coba deh isi aktivitas dengan memasak menu buka puasa berikut. Praktis dan yang penting lezat!

 

Inspirasi Makanan Sambil Ngabuburit

  1. Ngabuburit Mencari Sop Buah

    Sop buah selalu jadi takjil favorit saat berbuka puasa. Rasa manis segar dari berbagai buah ditambah es dijamin akan mengembalikan kebugaran tubuhmu setelah menahan dahaga selama hampir 14 jam.
    Minuman ini praktis disajikan. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri lho di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan cuma buah (bebas, tergantung selera), kental manis, es batu, dan sirup frambozen.

  2. Ngabuburit dengan Memasak Kolak

    Umat muslim disunahkan berbuka puasa dengan sesuatu yang manis. Selain sop buah, menu praktis lain yang tak kalah populer disajikan pada bulan Ramadan adalah kolak—terutama kolak pisang dan biji salak.
    Biasanya banyak penjaja kolak yang berjualan pada jam-jam ngabuburit. Kamu pun bisa membuatnya sendiri. Sontek saja resepnya dari internet, lalu tambahkan bahan sesuai selera. Selain nikmat, kolak juga cukup mengenyangkan. Jadi kamu tak buru-buru langsung makan nasi saat magrib datang.

  3. Buat Bubur Sumsum di Waktu Ngabuburit

    Bubur sumsum juga merupakan salah satu menu buka puasa yang paling banyak digemari masyarakat Indonesia, lho. Teksturnya sangat lembut dengan cita rasa yang nikmat. Kuliner tradisional Nusantara ini umumnya disajikan dengan santan kental atau saus gula merah.
    Buat yang tidak terbiasa makan nasi langsung saat magrib tiba, bubur sumsum ini bisa jadi menu andalan pengganjal perut, lho. Jadi kamu bisa menjalankan ibadah tarawih dengan lebih khusu tanpa diganggu rasa lapar.

  4. Sajikan Sop Ayam Sambil Ngabuburit

    Menu buka puasa yang satu ini tidak hanya lezat, tapi juga mengandung nilai gizi komplet yang bagus banget untuk kesehatan. Sop ayam punya cita rasa gurih, sehingga cocok disajikan dengan nasi putih.
    Potongan kentang dalam sop ayam juga bisa jadi pengganti nasi, sehingga kamu akan kenyang lebih lama. Selain nikmat, menu yang satu ini juga akan mengembalikan kesegaran tubuhmu setelah menahan lapar seharian. Bikin sop ayam sendiri di rumah, yuk. Gampang kok caranya.

  5. Buat Sayur Lodeh

    Masakan bersantan seperti sayur lodeh selalu jadi menu lauk favorit saat buka puasa, apalagi kalau disajikan dengan sambal dan tempe goreng. Yummy… Masakan mahal lainnya bisa-bisa kalah saing!
    Ketimbang beli, csoba deh sesekali masak sayur lodeh sendiri. Dijamin seisi rumah pasti suka. Bahan dan sayur yang dipakai hampir sama seperti sayur asem, kok. Bedanya, sayur lodeh dimasak dengan tambahan santan.

  6. Hindangkan Bubur Kacang Hijau Saat Ngabuburit

    Bicara soal menu buka puasa tentu tak lengkap kalau belum menyebut bubur kacang hijau alias burjo. Ya, makanan yang satu ini tidak hanya nikmat, tapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.
    Burjo cocok dinikmati hangat-hangat atau dengan tambahan es batu. Dijamin energimu yang hilang karena puasa akan segera pulih setelah menyantap semangkuk bubur kacang hijau.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah