Amalan Sedekah Subuh Syekh Ali Jaber Agar Hajat Terkabul

Amalan sedekah subuh Syekh Ali Jaber bisa dilakukan usai menjalankan kewajiban salat subuh. Hal ini disampaikan oleh ulama atau dai tersebut melalui dakwahnya di kanal YouTube. Syekh Ali Jaber menjabarkan kepada audiens mengenai ajaran Rasulullah SAW untuk rajin bersedekah, salah satunya pada waktu subuh.

Apa Itu Sedekah Subuh?

Seperti namanya, sedekah subuh adalah sedekah yang diberikan pada waktu subuh. Sedekah berasal dari bahasa Arab yaitu shadaqah yang diambil dari kata sidq dan berarti kebenaran. Jadi, bersedekah adalah melakukan kebenaran yaitu dengan berbagi kebaikan kepada orang lain.

Sedekah dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Ini merupakan amalan yang disukai Allah Swt. Ada berbagai ayat dalam Al-Quran yang menyebutkan keutamaan bersedekah, salah satunya pada Al-Baqarah ayat 271. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Allah menghapuskan kesalahan orang yang bersedekah.

Berbeda dengan zakat atau infak, sedekah bisa dilakukan secara fleksibel. Artinya, sedekah bisa dilakukan kapan saja, dengan nominal berapa pun, dengan cara yang lebih praktis. Jika kamu memiliki uang yang ingin dibagikan kepada orang lain, jadikan itu sebagai sedekah. Jika hanya memiliki tenaga dan waktu, lakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.

Manfaat Sedekah Subuh Menurut Syekh Ali Jaber

Nah, amalan sedekah subuh Syekh Ali Jaber merupakan salah satu bentuk sedekah yang bisa diwujudkan. Ada beberapa manfaat yang membuat sedekah subuh ini sebaiknya dilakukan oleh umat Islam. 

Pertama, dengan melakukan sedekah subuh, peluang bagi hajat untuk terkabul akan lebih besar. Hal ini disampaikan ulama tersebut berdasarkan ajaran dari Rasulullah SAW. Menurutnya, pada waktu subuh, malaikat akan turun ke dunia ini dan mendoakan orang-orang yang berbuat kebaikan termasuk mereka yang bersedekah. Karena itu, subuh merupakan waktu yang terpilih untuk melaksanakan amalan tersebut.

Kedua, bersedekah pada waktu subuh akan memberi kita lebih banyak kesempatan untuk menolong orang lain. Bahkan sebelum matahari terbit, tidak sedikit orang yang masih merasa kebingungan untuk memenuhi kebutuhan mereka pada hari itu. Kamu bisa meringankan beban mereka dengan bersedekah, baik dalam bentuk uang, makanan, atau materi lain.

Ketiga, dengan bersedekah, kamu juga akan berlatih ikhlas. Keikhlasan bisa dilatih dengan rajin berbagi hal yang dipunyainya kepada orang yang membutuhkan. Nilai dari sedekah tersebut mungkin saja tidak terlalu besar, tetapi kamu diharapkan dapat melakukannya secara rutin.

Keempat, sedekah adalah sarana untuk mengumpulkan pahala. Umat Islam yang melakukan kebaikan akan diganjar dengan pahala besar. Karena bersedekah merupakan ajaran kebaikan, kamu pun akan memperoleh pahala yang besar.

Cara Mengamalkan Sedekah Subuh

Kamu mungkin bingung, bagaimana cara memberikan sedekah ketika semua orang baru saja memulai aktivitasnya. Cara praktisnya adalah dengan memberikan sedekah melalui kotak amal yang berada di masjid. Kamu hanya perlu membawa uang saat akan berangkat salat subuh untuk kemudian dimasukkan dalam kotak. Saat bersedekah, ucapkan doa berupa hajat yang ingin dikabulkan.

Cara lainnya adalah dengan menyediakan kotak sendiri di rumah dan setelah tiba waktunya dapat menyalurkan kepada orang yang membutuhkan. Hal ini bisa dilakukan oleh mereka yang tidak salat di masjid, termasuk perempuan yang tidak salat karena sedang berhalangan.

Kamu pun bisa memanfaatkan aplikasi Kitabisa untuk menyetorkan sedekah subuh setiap pagi. Di aplikasi ini, ada opsi untuk bersedekah mulai Rp1.000. Uang yang terkumpul tersebut akan dibagikan kepada orang-orang dianggap layak untuk menerimanya. Laporan penyaluran sedekah pun akan dibagikan secara transparan.

Selain itu, aplikasi Kitabisa pun memiliki fitur Pengingat Donasi. Kamu bisa menyetelnya setiap subuh untuk mengingatkan kamu untuk rutin berbagi dengan orang lain. Aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah melalui PlayStore atau App Store. Setelah itu, pasanglah di ponsel dan mulai berbagi kebaikan dengan orang lain. 

Nah, menunaikan amalan sedekah subuh Syekh Ali Jaber ternyata sangat mudah, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *