Cerita #OrangBaik

Angel, Malaikat Kecil yang Berjuang untuk Bernapas

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejak lahir, Angel tidak bisa bernapas dengan sempurna.

Setelah disarankan oleh temannya, orangtua Angel akhirnya membuat galang dana untuk memenuhi biaya pengobatan Angel.

Sejak bayi, Angel mengalami penyempitan saluran pernapasan yang menyebabkannya kesulitan untuk bernapas. Selama 1 bulan, Angel masuk ruang NICU dan menggunakan alat bantu pernapasan ventilator. Karena terlalu lama dipasangi ventilator, saluran napas Angel menjadi menyempit. Agar bisa bernapas dengan baik, leher Angel harus dilubangi (trakeostomi). 

 

Penyempitan pada Saluran Pernapasan

Angel, Malaikat Kecil yang Berjuang untuk Bernapas

Kondisi penyempitan pada saluran pernapasan bisa menjadi berat ataupun ringan. Penyempitan saluran pernapasan dapat terjadi karena adanya bakteri yang berkembang pada saluran pernapasan. Bakteri tersebut tumbuh dan berkembang sehingga terjadi penyempitan pada saluran pernapasan. 

Penyebab penyempitan pernapasan beragam dan berbeda-beda pada setiap penderitanya. Namun, faktor utama dari penyakit ini adalah gaya hidup yang tidak sehat, udara dingin, polusi udara, daya tahan tubuh yang lemah, virus, bakteri bahkan juga rokok. Oleh karena itu, gejala utama dari penyakit ini adalah sesak napas.

 

Ciri-ciri Penyempitan Saluran Pernapasan

Angel, Malaikat Kecil yang Berjuang untuk Bernapas

Selain sesak napas, berikut ini adalah ciri-ciri dari terjadinya penyempitan saluran pernapasan:

  1. Napas menjadi berat
  2. Sakit pada bagian dada
  3. Mudah berkeringat
  4. Kesulitan beraktivitas berat
  5. Mengalami sakit kepala
  6. Jantung berdetak lebih cepat
  7. Sakit pada tenggorokan dan sakit ketika menelan makanan
  8. Frekuensi napas menjadi cepat
Baca juga:
Alat Ventilator untuk Bayi Gagal Napas Bertahan Hidup
Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Ventilator

 

Galang Dana untuk Kesembuhan AngelAngel, Malaikat Kecil yang Berjuang untuk Bernapas

Angel telah melakukan operasi sebanyak 5 kali di rumah sakit di Indonesia. Namun, tindakan lebih lanjut perlu dijalani Angel di rumah sakit di Singapura. Dokter perlu melakukan tindakan Laringoskopi karena pita suara Angel bermasalah sampai dengan batas atas trakeostomi. Laringoskopi merupakan sebuah tindakan medis yang memungkinkan untuk melihat kondisi pita glotis dan vokal.

Meski keterbatasan biaya, orangtua Angel berusaha untuk memenuhi biaya pengobatan agar Angel bisa sembuh. Mendengar kabar Angel yang sakit, teman orangtua Angel menyarankan untuk membuat galang dana di Kitabisa. Ketika di Indonesia, Angel memang mendapat bantuan dari jaminan kesehatan. Tetapi untuk pengobatannya di Singapura, jaminan kesehatan tidak dapat menutupi biayanya. Karena itu, orangtua Angel akhirnya setuju untuk membuat galang dana di Kitabisa dengan bantuan temannya.

 

Pengobatan Penyempitan Saluran Pernapasan Angel

Angel, Malaikat Kecil yang Berjuang untuk Bernapas

Beberapa tahap pengobatan dilakukan Angel, diantaranya tindakan dilatasi balon, suntik steroid, dan pemasangan speaking valve pada trakeostomi. Angel juga menjalani pelatihan napas atas atau napas langsung dari hidung. 

Melalui galang dana di Kitabisa, banyak OrangBaik yang berdonasi untuk membantu kesembuhan Angel. Orangtua Angel sangat bersyukur, penantian selama 2 tahun akhirnya terbayarkan. Suara Angel mengalami perkembangan dan sudah bisa memanggil ibunya. 

 

Angel Bisa Bernapas Sempurna

Angel, Malaikat Kecil yang Berjuang untuk Bernapas

Setelah menjalani 3 kali operasi di rumah sakit Singapura, Angel kini bisa bernapas atas melalui hidung. Jika kondisinya semakin membaik dan Angel bisa bernapas tanpa sesak, maka akan direncanakan Open Neck Surgery dan Dekanulasi atau lepas trakeostomi. Saat ini Angel sudah kembali ke Indonesia. Dokter di Indonesia mengatakan bahwa peluang untuk lepas trakeostomi sebesar 80%. Setelah kondisinya stabil, Angel akan segera melakukan tindakan tersebut. 

Orangtua Angel sangat bahagia mendengar kabar tersebut. Semua kemajuan kondisi Angel tak terlepas dari bantuan para OrangBaik yang telah berdonasi di galang dana Angel. Orangtua Angel percaya bahwa galang dana ini menjadi penghubung kebaikan para OrangBaik.


Seperti orangtua Angel, kamu juga bisa bantu keluarga, teman, atau kerabat yang butuh bantuan biaya pengobatan dengan cara galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

Comments are closed.