Cara Gampang Bayar Zakat Penghasilan secara Online

Terdapat cara yang mudah untuk membayar zakat penghasilan. Saat ini, umat muslim bisa menunaikan zakatnya secara online. Selain mudah, membayar zakat penghasilan secara online juga memiliki keuntungan yang lain.

Sebagai kaum muslim yang memiliki pekerjaan tetap, merupakan suatu kewajiban untuk memberikan zakat penghasilan apabila telah mencapai batas nisab. Namun, terkadang kesibukan sering menghambat niat baik ini.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, kini kamu dapat membayar zakat secara online. Hanya dengan bermodal internet, kamu bahkan bisa memenuhi kewajiban ini melalui aplikasi di smartphone pribadi.

 

Keuntungan Membayar Zakat secara Online

Cara Gampang Bayar Zakat Penghasilan secara Online

Ternyata banyak keuntungan yang kamu dapatkan bila memutuskan untuk membayar zakat penghasilan secara online. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Tak Perlu Bepergian

Kalau kamu sibuk dan tak mau repot datang ke masjid atau kantor penyalur zakat, maka membayar zakat secara online adalah pilihan yang tepat. Hanya dengan modal sambungan internet, kamu bisa membayar zakat kapan dan darimana saja.

  1. Privasi Lebih Terjaga

Saat membayar zakat secara online, maka privasi akan lebih terjaga. Hanya kamu sendirilah yang mengetahui berapa besar nominal zakat yang akan dibayarkan. Alternatif pembayaran ini cocok bagi kamu yang memiliki sifat tertutup dan tak nyaman dengan orang baru.

Ketika membayar secara online, seluruh sistem yang diterapkan secara otomatis dan telah dilengkapi dengan keamanan. Jadi tak perlu takut datamu akan bocor ke orang yang tak bertanggungjawab.

  1. Lebih Tepercaya

Untuk mengantisipasi kemungkinan penyaluran zakat pada orang yang kurang tepat, gunakanlah pembayaran secara online. Umumnya, situs yang menyediakan layanan pembayaran zakat online sudah terverifikasi. Sebelum menyalurkan zakat, perhatikan juga kredibilitas lembaga zakat yang bersangkutan.

 

 

Menghitung Besar Zakat Penghasilan

Cara Gampang Bayar Zakat Penghasilan secara Online

Zakat penghasilan merupakan zakat yang bersumber dari penghasilan pemberi zakat yakni upah, gaji, honor serta penghasilan lain yang didapatkan melalui cara yang halal. Semua orang yang sudah bekerja bisa memberikan zakat, asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk menghitung total zakat yang harus diberikan, maka penghasilan pokok yang kamu terima harus dikurangi dulu dengan kebutuhan pokok pribadi, mulai dari sandang, pangan dan papan. Bila kamu telah memiliki keluarga sendiri, jangan lupa masukkan juga komponen biaya dari setiap individu yang saat ini masuk dalam tanggunganmu, termasuk biaya pendidikan dan kesehatan.

Bila nominal penghasilan bersih sudah kamu ketahui, maka ambilah 2,5% dari total dana tersebut. Jumlah itulah yang dimaksud sebagai zakat penghasilan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi kalkulator zakat untuk menghitung nominal zakat secara akurat.

Baca juga:
Siapa Saja Orang yang Berhak Menerima Zakat Profesia atau Penghasilan?
Mudahnya Hitung Zakat dengan Kalkulator Zakat

 

Membayar Zakat Melalui Kitabisa

Cara Gampang Bayar Zakat Penghasilan secara Online

Kitabisa.com merupakan situs crowdfunding yang tak hanya digunakan sebagai media penggalangan dana untuk membayar proyek tertentu, tetapi juga menyediakan fitur untuk membayar zakat.

Kitabisa telah bekerja sama dengan berbagai lembaga penyalur zakat tepercaya, seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, hingga Rumah Yatim. Karena itu, kamu tak perlu khawatir dana zakat akan disalahgunakan.

Adapun proses pembayaran di Kitabisa menggunakan sistem kode unik seperti yang bisa kamu jumpai pada beberapa marketplace ternama di Indonesia. Cara kerjanya, sistem ini langsung mengonfirmasi transaksi pembayaran setelah kamu melakukan transfer dana. Menyalurkan zakat melalui Kitabisa juga memungkinkan kamu memilih penerima dana yang menurutmu cocok untuk menerimanya.

Selain membayar kewajiban berupa zakat penghasilan, kamu juga bisa melakukan donasi untuk membantu mereka yang membutuhkan. Misalnya, turut berkontribusi bagi pembangunan rumah sakit apung gratis.

Tidak hanya menjadi donatur, kamu juga bisa berperan sebagai penggalang dana untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Misalnya, menggalang dana untuk proses pengobatan atau membangun rumah layak huni bagi kenalanmu.

Yuk, wujudkan niat muliamu tersebut dengan segera mengakses laman kitabisa.com


Tunaikan zakat secara mudah dan cepat lewat Kitabisa. Nantinya zakat darimu akan disalurkan ke saudara-saudara kita yang membutuhkan.

bayar zakat online