Cek Harga Kambing Qurban per Ekor

Tahukah kamu bahwa kambing adalah hewan pertama yang diternakkan oleh manusia? Kambing adalah salah satu hewan yang sangat dianjurkan untuk diqurbankan saat Idul Adha. Harga kambing juga lebih terjangkau dibandingkan dengan sapi atau unta sehingga lebih memudahkan umat Islam untuk berqurban. Hewan memamah biak ini juga sangat higienis karena tidak ingin memakan makanan yang telah terjatuh ke tanah.

Ingin tahu mengapa qurban dengan kambing dianjurkan dan berapa perkiraan harga kambing qurban per ekor? Informasi di bawah ini bisa menjadi pertimbangan bagimu.

 

Mengapa Qurban dengan Kambing?

Cek Harga Kambing Qurban per Ekor

Jika tidak memiliki cukup bujet untuk berqurban dengan sapi atau unta, itu tidak menjadi masalah. Pada dasarnya, berqurban dengan kambing, domba, sapi, maupun unta memiliki kesahan yang sama. Semua itu bentuk pendekatan diri umat Islam kepada Allah SWT.

Kamu memang bisa berbagi lebih banyak daging kepada sesama jika berqurban dengan sapi atau unta. Namun, apabila hanya mampu membeli kambing atau domba, itu sah-sah saja. Jangan jadikan alasan berqurban dengan hewan yang lebih besar menjadi hambatan bagimu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berqurbanlah semampunya dengan kelapangan rezeki yang telah didapatkan.

Kunci utamanya adalah ikhlas dalam menjalankan ibadah. Jadi, tidak perlu memaksakan diri untuk berqurban dengan hewan ternak yang besar jika belum mampu. Qurban dengan kambing pun cenderung lebih mudah dan harganya lebih terjangkau. Kemudahan tersebut bisa menjadi motivasi bagi umat Islam untuk berqurban saat Idul Adha tiba.

Seperti yang telah tertulis dalam Surah Al-Kautsar ayat 1 hingga 3, yaitu:

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.”.

Baca juga:
Berapa Batasan Umur Anak Kambing untuk Diqurbankan?
Syarat Berqurban Idul Adha dan Ketentuan Pembagian Daging Hewan

 

Jenis-Jenis Kambing dan Perkiraan Harga Kambing Qurban per Ekor

Ada berbagai jenis kambing qurban yang populer di Indonesia dan harga masing-masingnya berbeda. Selain itu, harga kambing juga bisa berbeda-beda tergantung bobot dan lokasi penjualannya. Berikut ini adalah daftar jenis dan kisaran harga kambing tahun 2019.

  1. Kambing Jawa

Cek Harga Kambing Qurban per Ekor

Jenis kambing ini sering disebut sebagai kambing kacang. Kambing jawa adalah kambing pertama yang dibudidayakan di Indonesia dan jenis kambing yang paling banyak ditemukan. Hewan ini dikenal dengan kemampuan reproduksi yang tinggi dan cepat. Selain itu, kambing ini juga mudah beradaptasi di mana pun berada. Kambing jawa dihargai sekitar Rp1.000.000 sampai Rp2.800.000 per ekor.

  1. Kambing Gibas

Cek Harga Kambing Qurban per Ekor
Sumber: tandapagar.com

Jenis kambing gibas memiliki julukan kambing gembel atau kambing ekor tipis. Ciri dari kambing ini memiliki tubuh kecil, bulu kasar, serta kedewasaan yang lambat. Kambing gibas dipatok dengan harga Rp1.000.000 hingga Rp2.500.000 per ekornya.

  1. Kambing Etawa

Cek Harga Kambing Qurban per Ekor
Sumber: Greeners.co

Jenis kambing etawa berasal dari India dan memiliki nama lain kambing Jamnapari. Kambing ini tidak hanya unggul sebagai kambing pedaging, tetapi juga sebagai kambing penghasil susu. Hewan jenis ini memiliki harga berkisar antara Rp1.900.000 sampai Rp5.000.000 per ekor.

  1. Kambing Peranakan Jawa dan Etawa

Seperti namanya, kambing ini merupakan hasil perkawinan silang antara kambing etawa dengan kambing jawa. Harga kambing ini sekitar Rp1.700.000 sampai Rp3.500.000 per ekornya. Kambing ini bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan yang kurang menguntungkan.

 

Demikian informasi mengenai kisaran harga kambing qurban per ekor yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Apakah kamu sudah menentukan kambing yang akan dipilih untuk qurban? Semoga ulasan harga di atas bisa memudahkanmu dalam memilih kambing untuk qurban yang sesuai dengan bujet.


Di Kitabisa, kamu bisa berqurban kambing online dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.  Yuk, qurban sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

Qurban Online