Tentang Kitabisa

FAQ Penyebar Kebaikan

Pertanyaan Umum

Q: Apa Itu Penyebar Kebaikan? 

A: #PenyebarKebaikan adalah lomba mengajak sebanyak mungkin orang bersedekah untuk memberi makan 1000+ anak yatim dhuafa dan santri tahfidz yang membutuhkan bantuan makanan di berbagai daerah di Indonesia.

Q: Apa keuntungan menjadi Penyebar Kebaikan dibandingkan fitur Fundraiser biasa?
A: #PenyebarKebaikan yang berhasil mengajak paling banyak orang bersedekah (minimal 100 orang) sampai batas waktu periode lomba, akan mendapat hadiah umroh.

Q: Apa yang menjadi objek penilaian dari lomba Penyebar Kebaikan ini?
A: Pemenang lomba ditentukan dari banyaknya jumlah donatur yang ikut berdonasi di masing-masing halaman fundraiser #PenyebarKebaikan selama periode lomba berlangsung. Penilaian pemenang bukan dari banyaknya jumlah donasi (rupiah) yang terkumpul.

Q: Kemana sedekah terkumpul akan disalurkan?
A: Sedekah yang terkumpul dari #PenyebarKebaikan akan dikelola oleh Kitabisa bersama partner-partner lembaga pilihan untuk membantu 1000+ anak yatim dhuafa dan santri tahfidz yang membutuhkan bantuan makanan di berbagai daerah di Indonesia.

Q: Sampai kapan program ini berlangsung?
A: Program #PenyebarKebaikan ini berlangsung sampai 28 Februari 2021. Pendaftaran program #PenyebarKebaikan ditutup pada tanggal 25 Februari 2021.


Q: Bagaimana saya bisa ikut serta dalam program #PenyebarKebaikan?
A: Kamu hanya harus mengisi form dengan nama lengkap & nomor WA aktif di sini.

Q: Bagaimana cara saya bisa mendapatkan banyak donatur?
A: Sebarkan halaman campaignmu secara efektif melalui tips ini dan ini.

Q: Siapa saja yang dapat mendaftar sebagai #PenyebarKebaikan?
A: Personal atau perorangan, bukan lembaga atau komunitas.

Q: Bagaimana Cara Jadi #PenyebarKebaikan?
A:
(1) Isi formulir ktbs.in/daftarpenyebarkebaikan untuk jadi fundraiser
Dengan jadi fundraiser kamu akan memiliki halaman galang dana sendiri untuk disebarkan. Hasil donasi pada halaman fundraisermu akan otomatis masuk ke halaman galang dana utama #PenyebarKebaikan. 

(2) Share halaman fundraisermu melalui WhatsApp, media sosial, ataupun beragam channel lainnya untuk mengajak keluarga, sahabat, kerabat, dan banyak orang lain berdonasi di halaman fundraisermu.

(3) Lihat peringkatmu sebagai #PenyebarKebaikan dengan cara, klik: penyebarkebaikan.com 

(4) Jika kamu berada di peringkat pertama sampai akhir periode lomba, kamu akan mendapat hadiah bisa pergi umrah secara Gratis.*

(5) Kitabisa akan menghubungimu jika kamu menjadi pemenang ajang ini.**

*Syarat dan ketentuan berlaku.
**Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Kitabisa. 

Q: Bagaimana Cara Mengajak Orang Lain Bersedekah? 
A: Setelah memiliki halaman fundraiser, sebarkan link halaman fundraiser-mu dan ajak kerabatmu berdonasi di halaman fundraiser tersebut. Bagikan secara rutin di WhatsApp, LINE, Telegram, dan beragam media sosial seperti Facebook, Instagram, dll yang kamu miliki.

Q: Bagaimana saya tahu jika halaman fundraiser saya sudah dibuat?
A: Akan ada notifikasi via WA dalam periode maksimal 5 x 24 jam.

Q: Apa itu Fundraiser?
A: Saat kamu menjadi #PenyebarKebaikan, otomatis kamu menjadi Fundraiser untuk penggalangan dana induk: kitabisa.com/penyebarkebaikan. Dengan menjadi seorang fundraiser, kamu memiliki halaman galang dana sendiri untuk menggalang dana, namun seluruh donasi yang terkumpul akan disalurkan ke galang dana yang sedang dibantu (halaman galang dana induk). Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Q: Apakah ada biaya terkait keterlibatan di #PenyebarKebaikan?
A: #PenyebarKebaikan tidak menerapkan biaya apapun, termasuk biaya pendaftaran dan penggalangan dana. Semua dana yang tergalang akan tergabung kepada campaign induk, yaitu kitabisa.com/PenyebarKebaikan. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Q: Jika saya menang hadiah umroh, kapan keberangkatannya?
A: Keberangkat umroh akan disesuaikan dengan kondisi keamanan dan protokol kesehatan yang berlaku. Periodenya akan diinfokan menyusul.

Q: Apa latar belakang program #PenyebarKebaikan? Apa dalil ayat Qur’an yang melandasi program #PenyebarKebaikan ini?
A: Perintah Allah untuk berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khoirot) di surah Al-Baqarah (2) ayat 148, yang berbunyi “dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Q: Kenapa dalam melakukan kebaikan memberikan hadiah?
A: Insentif hadiah ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dalam berlomba dalam kebaikan secara masal. 

Q: Bukankah jadinya pamrih jika memberikan orang hadiah dalam melakukan kebaikan?
A: Berlomba dalam hal kebaikan merupakan hal yang baik yang bisa dilakukan, tujuan utama dari program ini adalah motivasi dalam berbuat kebaikan. Hadiah yang diberikan merupakan apresiasi yang diberikan dari penyebaran kebaikan yang telah dilakukan partisipan.

Syarat & Ketentuan

  • Pemenang lomba ditentukan dari banyaknya jumlah donatur yang ikut berdonasi di masing-masing halaman fundraiser #PenyebarKebaikan selama periode lomba berlangsung. Penilaian pemenang bukan dari banyaknya jumlah donasi (rupiah) yang terkumpul.
  • #PenyebarKebaikan yang berhasil mengajak paling banyak orang bersedekah (minimal 100 orang) sampai batas waktu periode lomba, akan mendapat hadiah umroh.
  • Ada apresiasi berupa 1 gram emas bagi mereka yang berhasil menduduki peringkat tertinggi per bulannya.
  • Jika terdapat jumlah donaturnya sama maka, pemenang ditentukan dari jumlah donasinya. 
  • Pemenang bulanan sebelumnya tidak bisa lagi mendapatkan hadiah bulanan untuk bulan selanjutnya.
  • Keberangkatan umroh akan disesuaikan dengan kondisi keamanan dan protokol kesehatan yang berlaku. Periodenya akan diinfokan menyusul.
  • Pemenang akan diinfokan melalui web PenyebarKebaikan.com di akhir bulan, dan akan dihubungi oleh Kitabisa melalui +62813-6736-9972
  • Tulisan donatur yang ada di halaman campaign adalah jumlah transaksi, bukan jumlah donatur sebenarnya. Jumlah donatur sebenarnya bisa dilihat dari sistem internal Kitabisa.
  • Tim Kitabisa mengawasi secara ketat penggalangan dana para fundraiser, dan kami dapat mendeteksi apabila fundraisers melakukan kecurangan seperti berdonasi dengan email fiktif (email palsu yang digunakan sebagai akun untuk berdonasi).
  • Jika Peserta fundraiser terbukti melakukan pelanggaran dalam menggalang dana dalam bentuk:
    1. Adanya donasi berulang menggunakan email fiktif
    2. Menggunakan akun palsu dalam berdonasi
    3. Melakukan bentuk kecurangan lainnya yang belum disebutkan diatas dan dapat merugikan peserta lain, maka:

Tim Kitabisa akan memberikan sanksi berupa:
Peringatan dan mediasi, dan Jika peserta tetap melakukan kecurangan dalam 2 minggu setelah mendapatkan peringatan maka akun tersebut akan kami suspend.

Comments are closed.