Galang Dana Bantu 170 Pejuang PTN, Berdonasi Untuk Meraih Mimpi

  • Eka Putri tergerak hatinya untuk membantu teman sebayanya yang ikut seleksi masuk perguruan tinggi negeri secara online namun kekurangan biaya karena orang tua yang terdampak pandemi Covid-19.
  • Aksi solidaritas Eka berhasil mengumpulkan donasi untuk 170 pejuang PTN dengan total donasi sebesar Rp 29.014.499.
  • Donasi masing-masing sebesar Rp150.000 disalurkan langsung kepada penerima manfaat yang telah dikurasi melalui google form yang disebarkan di awal agar dapat membayar biaya pendaftaran pada 2-20 Juni 2020.

Jakarta, 04 Juni 2020 – Eka Putri bersama rekannya Naila Nirmala, Firza Putri, Zidane Arvy dan Alifka Maulana tergerak untuk membuat galang dana bantu pendaftaran para pejuang UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang terdampak pandemi Covid-19. Pembayaran pendaftaran ujian tersebut akan berlangsung pada tanggal 2-20 Juni 2020, merogoh kocek sebesar Rp150.000. Penggalangan dananya berhasil menyelamatkan sebanyak 170 pejuang UTBK.

Eka Putri Galang Dana untuk UTBK

“Aku suka sedih kalo baca status lulusan SMA yang kepikiran nunda kuliah karena gak cukup untuk biaya ujian. Aku pengen bisa bareng-bareng raih cita-cita masuk ke PTN impian,” Eka Putri, calon mahasiswa di Surabaya.

Walaupun masih 17 tahun, tak menyurutkan hati Eka untuk saling berbagi. Pandemi membuat banyak orang tua kehilangan mata pencahariannya, sehingga berdampak langsung terhadap kesempatan para lulusan SMA untuk mendaftar perguruan tinggi. Menurutnya pandemi tidak boleh menghalangi hak setiap anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Termasuk kesempatan untuk sama-sama berjuang sekolah di pendidikan tinggi.

Eka menyaring dan menyeleksi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tak mampu atau keluarga yang ekonominya terdampak pandemi. Calon penerima donasi sebelumnya mengisi google form mengenai data diri seperti bukti pendaftaran akun LTMPT; bukti pembayaran listrik; Surat Keterangan Tidak Mampu dan/ Surat PHK.

Harapan serta dukungan berdatangan dari banyak pihak, termasuk mereka yang sedang berjuang untuk dapat meraih mimpinya.

Anonim “semangat berjuang,semoga kita bisa lolos ptn tahun ini yaa Aamiin”
Anonim “Semoga bermanfaat walau cuma sedikit, semangat kita semua pejuang SBMPTN 2020”
Anonim “Temen2 pejuang UTBK semoga terbantu ya dengan adanya donasi ini, aku cuma bisa bantu dikit, ngomong2 kita satu angkatan!”

Di masa pandemi ini, aksi solidaritas Eka menunjukkan bahwa pemuda Indonesia berhak mendapatkan hak yang sama untuk dapat mewujudkan cita-citanya!

Informasi lebih lanjut mengenai perjuangan penggalangan dana Eka Putri bisa dilihat di laman kitabisa.com/bantudaftarutbk.