Sedekah

Ini 5 Keutamaan Sedekah Menurut Al Quran dan Hadits

Bersedekah hukumnya sunnah menurut muslimah.or.id.  Salah satu keutamaan sedekah karena termasuk ibadah yang pahalanya dunia akhirat. Apa saja selain itu?

Jihad tidak hanya dalam medan perang namun membelanjakan harta halal kamu sebagai ketaatan kepada Allah SWT juga termasuk jihad. Dalam Al Quran, dengan berjihad di jalan Allah maka kedudukannya lebih tinggi daripada jihad jiwa. 

 

Sedekah dengan Beberapa Keutamaan

Kenapa jihad harta yaitu sedekah lebih utama? Jika merunut pada fungsi, saat kamu bersedekah maka banyak orang yang berhak yang terbantu. Sebagai muslim, kamu perlu mempelajari keutamaannya agar dapat menunaikan kewajiban. 

Sebagian harta yang kamu miliki merupakan harta pemberian Allah yang di dalamnya merupakan jatah bagi orang miskin. Ini 5 keutamaan sedekah yang bisa menjadi pengingat kamu.

 

Keutamaan Sedekah yang Perlu kamu Ketahui

  1. Sedekah Menghapus Dosa

    Manusia adalah hamba Allah yang tak pernah lepas dari dosa. Ini membuat manusia tidak jumawa. Ketidaksempurnaan ini bisa kamu imbangi dengan keutamaan menghapus dosa dengan sedekah seperti dalam Hadits Riwayat yang dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi nomor 614.

    Dengan bersedekah, manusia bisa menghapus sedikit demi sedikit kesalahan yang telah diperbuat. Allah beri cara untuk menebusnya karena kasih sayang-Nya yang Maha Luas.

    Tidak harus bersedekah saat kamu ‘punya’, namun kamu bisa bersedekah dengan hal yang dekat dengan kamu di kehidupan sehari-hari. Hal itu adalah tersenyum kepada orang yang kita temui.

  2. Sedekah Tak Harus Berupa Harta

    Seperti penjelasan keutamaan sedekah poin 1, berupa tersenyum, apakah ada sedekah lain agar kamu mendapat keutamaannya? Padahal uang tak ada. Hadits ini memudahkan seseorang yang ingin bersedekah dengan cara lain.

    Seperti dalam Hadits Riwayat Bukhari yang menyebutkan bahwa menyingkirkan halangan di jalan saja, seperti adanya paku di tengah jalan dan berpotensi membuat ban kendaraan bocor, lalu menyingkirkannya termasuk sedekah.

    Tenaga kamu bisa menjadi sarana kamu bersedekah. Tak perlu bersedih jika uang menjadi penghalang, kamu bisa membantu orang lain jika memiliki kesulitan, atau mengolah sampah dari rumah agar nantinya sampah tidak memenuhi TPA juga termasuk sedekah.

  3. Sedekah Dapat Melipatgkamukan Pahala

    Yang perlu kamu ketahui adalah dengan sifatnya Al Basir, Allah Maha Melihat. Dia melihat hamba-Nya melakukan walau hanya kebaikan yang sedikit. Begitu pula sedekah, bersedekah dengan apa yang kamu miliki akan dilihat oleh Allah SWT.

    Sedekah seperti tabungan dan memiliki keuntungan berlipat. Bagi orang-orang yang memakai hartanya untuk bersedekah akan mendapat 7 kelipatan. Tidak hanya itu, tiap kelipatan bahka Allah beri kelipatan lagi menjadi 100 kali. Hanya dengan 1, pahala yang didapata menjadi 700. Seperti inilah keutamaan sedekah dalam Al Quran seperti firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 261

  4. Sedekah Kepada Kerabat Lebih Utama

    Memberi sedekah kepada kerabat yang sedang membutuhkan bantuan adalah lebih utama. Alasannya adalah sedekah kepada kerabat itu dihitung juga sedekah dan penyambung tali kekerabatan atau silaturahim.

    Jika dihitung, sedekah ini mengandung 2 pahala. Selain sedekahnya, pahala lain yang didapat adalah pahala menyambung tali kekerabatan seperti dalam Hadits Riwayat Tirmidzi nomor 658 yang ninilai shahih oleh al-Albani di Shahih al-Jami’ nomor 3858.

    Selain itu, seorang suami yang memenuhi hak-hak keluarga yaitu memberi nafkah kepada istri dan anak-anaknya termasuk sedekah. Sedekah ini mendapatkan berlimpahnya pahala karena lebih utama.

  5. Amalan Sedekah Adalah Bukti Keimanan Seorang Hamba

    Sedekah merupakan amalan paling mulia. Hamba yang biasa bersedekah, kehidupan di dunia mendapat keberkahan termasuk hartanya.  Kehidupan akhirat bagi orang yang gemar sedekah adalah disiapkannya pahala besar sebagai tabungan amal dan surga sebagai tempat kembali.

    Seseorang yang bersedekah artinya dia yakin akan firman Allah SWT. Dia yakin dengan janji-janji Allah dengan banyak keutamaan salah satunya pahala.  Ini menunjukkan keimanan orang tersebut seperti dijelaskan dalam hadits pendek tentang sedekah sebagai berikut:

Dan sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim)

Dalam hal ini sedekah adalah bukti benarnya keimanan seseorang. Setelah mengetahui banyaknya keutamaan sedekah yang bisa kamu dapatkan, bagaimana jika dimulai hari ini saja? 


Raih keutamaan sedekah dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah

Comments are closed.