Sedekah

Tak Harus Uang, Ini Bentuk Sedekah Lainnya

Sedekah merupakan amalan sunah yang dianjurkan bagi semua orang, tidak hanya muslim. Tujuannya pun bukan semata mendapatkan pahala, tetapi membantu meringankan beban orang lain yang membutuhkan.

Namun, jangan berkecil hati kalau kamu tak punya uang untuk disedekahkan, sebab bentuk sedekah bisa bermacam-macam. Apa sajakah itu?

 

6 Bentuk Sedekah yang Bisa Dilakukan

  1. Sedekah Tenaga

    Urun tenaga ketika ada tetangga yang sedang membangun rumah, ikut melakukan kerja bakti dengan warga, atau membantu mempersiapkan acara yang diselenggarakan RT/RW setempat juga bisa dihitung sebagai sedekah, lho. Sedekah tenaga juga tak kalah bermanfaat dan berpahala dari sedekah berupa uang. Yang penting kamu ikhlas melakukannya.

  2. Sedekah Pikiran

    Buah pikiran adalah aset mahal yang mungkin tak bisa digantikan dengan harta benda. Buat kamu yang ingin menebar manfaat untuk sekitar tapi tak punya cukup dana, sumbangsih berupa pikiran dan ide juga bentuk sedekah yang luar biasa.
    Kamu bisa ikut sumbang saran mengenai program desa atau kampus, memberi saran dan kritik membangun tentang suatu topik, atau menulis artikel dan opini bermanfaat yang bisa dibaca orang lain—syukur jika bisa menginspirasi.

  3. Menyingkirkan Gangguan di Jalan

    Siapa sangka menyingkirkan gangguan di jalan seperti batu, paku, kulit pisang, atau pecahan kaca, ternyata juga bisa dianggap sedekah, lho. Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim yang artinya:

    … dan kamu membuang gangguan dari jalan adalah sedekah.”

    Menyingkirkan gangguan di jalan kelihatannya memang sepele, tapi bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Bayangkan jika paku berkarat, beling, atau batu tetap dibiarkan di jalan. Kemungkinan besar akan ada orang yang celaka karenanya.

  4. Sedekah Ilmu

    Ilmu adalah jenis sedekah jariyah yang pahalanya takkan putus mengalir meski kamu sudah meninggal. Untuk bersedekah ilmu, kamu tak harus jadi guru atau pendidik dulu, kok. Ilmu sekecil apa pun yang kamu ajarkan kepada orang lain (meski itu pengetahuan seremeh “cara membuat kue”), akan mendatangkan kebaikan dan pahala yang tiada putusnya.
    Jadi jangan pelit berbagi informasi atau pengetahuan apa pun yang kamu miliki kepada orang lain, ya. Selama itu sifatnya positif, yakinlah bahwa sedekah ilmu takkan mengurangi kepintaranmu.

  5. Sedekah Makanan

    Kadang orang hanya punya makanan, bukan uang. Tak masalah. Makanan juga bisa kamu jadikan media bersedekah, kok. Saat kamu masak, jangan lupa sisihkan barang satu piring untuk tetangga terdekat atau siapa saja yang sekiranya belum makan. Pemberian sederhana ini bisa jadi merupakan kebaikan besar bagi mereka, lho.

  6. Sedekah Senyum dan Salam

    Benarlah jika ada hadis yang menyatakan bahwa “senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.” Terkadang hal sekecil ini dianggap remeh, tapi ternyata punya efek yang dahsyat.
    Ucapan salam berisi doa-doa keselamatan untuk orang lain. Sedangkan senyum akan menebar aura positif dan memberi kebahagiaan kepada siapa saja yang kamu temui. Barangkali sunggingan kecil di bibirmu bisa menepis kesedihan di hati mereka.

Bentuk-bentuk sedekah di atas sangat ringan, bukan? Asal kamu ikhlas dan tidak berharap mendapat imbalan, pahala dan kebaikan insya Allah senantiasa datang padamu. Kamu juga bisa menyalurkan zakat atau sedekahmu lewat Kitabisa. Nantinya bantuan darimu akan disalurkan kepada saudara-saudara yang membutuhkan.


Lengkapi amalan dengan bersedekah. Kini, sedekah bisa dilakukan dengan mudah dan cepat lewat Kitabisa, klik gambar di bawah ini.

banner_donasi_sedekah

Comments are closed.