Jadwal Imsak Bulan Puasa dan Pahala Menyegerakan Bersedekah

Jadwal Imsak di Bulan Puasa Ramadhan kali ini sudah bisa dilihat lebih dulu dengan garis tanggal yang dibuat dengan aplikasi Accurate Hijri Calendar (AHC) oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), secara hisab awal Ramadhan 1440 H/2019 jatuh pada 6 Mei 2019.

Namun, untuk kepastiannya masih menunggu hasil sidang isbat yang akan menggabungkan dengan hasil rukyat (pengamatan) hilal pada saat maghrib 5 Mei 2019. Sementara untuk Idul Fitri, secara hisab awal bulan Syawal 1440 H/2019 jatuh pada 5 Juni 2019.

Bagi muslim, puasa ramadhan banyak dijadikan momen baik untuk meningkatkan ibadah dan banyak hal. Mulai dari memperbaiki gaya hidup yang lebih sehat, meningkatkan kualitas ibadah, hingga menjadi momentum bagi kita untuk mengoreksi dan memperbaiki diri. Hikmah Ramadhan mengajarkan kita pada banyak hal, terutama dalam hal perbaikan diri.

Jadwal Imsak yang berkaitan dengan sahur

Setiap hari, sebelum fajar, umat muslim melaksanakan makan sebelum memulai berpuasa yang disebut suhur. Setelah berhenti sesaat sebelum fajar, umat muslim melaksanakan Subuh, sholat pertama di awal hari. Sahur merupakan hal yang sangat penting selama bulan Ramadhan karena merupakan asupan utama bagi tubuh untuk sepanjang hari, dan harus direncanakan dengan baik sehingga hal ini membantumu tetap sehat.

Jadwal imsak seharusnya menjadi acuan sahur dengan lebih baik lagi. Kesempurnaan puasa di bulan ramadhan bisa dilengkapi dengan imsak yang lebih berkualitas lagi. Simak di bawah ini.

Jadwal Imsak harus dengan kegiatan sahur yang berkualitas

Makan sahur sangat disunahkan bagi orang yang berpuasa. Dalam sebuah hadits dikatakan, “Sahurlah karena di sana terdapat keberkahan”. Makan sahur merupakan keringanan (rukhsah) bagi orang yang ingin mengerjakan puasa.

Menahan haus dan lapar seharian penuh tentu sangat memberatkan. Karenanya, Allah SWT mensyariatkan makan sahur dan buka puasa agar ibadahnya tidak terlalu berat. Allah SWT sangat suka terhadap orang yang mengerjakan sesuatu yang sudah diringankan-Nya.

5 Keutamaan Puasa Rajab

Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan kepada umatnya untuk mengakhirkan sahur. Anjuran Nabi ini terdapat dalam banyak hadits. Misalnya hadits riwayat Ahmad, “Umatku berada dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur.”

Menurut Abu Bakar Al-Kalabazi, maksud dari mengakhirkan sahur tersebut ialah makan sahur di sepertiga terakhir malam. Dalam kitabnya Bahrul Fawaid disebutkan:

وسئل النبي صلى الله عليه وسلم: أي الليل أسمع؟ قال: الثلث الأخير من الليل. وقد قال صلى الله عليه وسلم: من الفطرة تأخير السحور، أراد إن شاء الله أن يقع في الثلث الأخير من اليل ليكون فيه دعوة واستغفار فيجاب، وسؤال حاجة فتقضى

Artinya, “Nabi SAW pernah ditanya, ‘Malam apa yang paling didengar (do’a)?’  ‘Sepertiga terakhir malam,’ tegas Nabi SAW. Dalam hadits lain, Nabi SAW berkata, ‘Mengakhirkan sahur ialah bagian dari fitrah.’ Kemungkinan yang dimaksud mengakakhirkan sahur di sini ialah mengerjakannya di sepertiga terakhir malam. Karena pada waktu itu doa, ampunan, dan hajat dikabulkan Allah SWT.”

Jadwal Imsak di bulan puasa ramadhan 2019

Sempurnakan jadwal imsak dengan bersedekah setelah sholat Subuh

Allah SWT menyukai orang dermawan yang rajin bersedekah. Banyak keutamaan sedekah yang bisa didapatkan. Apalagi, sedekah di bulan Ramadhan. Hendaknya, jika ingin melalui ibadah puasa dan ibadah solat subuh, kamu bisa segera bersedekah.

  • Memperoleh ampunan dosa dari Allah SWT

Bersedekah menjadi cara seorang muslim untuk menghapus dosa. Apalagi, ketika di waktu yang sama, kamu bertobat yang sebenar-benarnya di hadapan Allah SWT.

  • Membuat harta lebih berkah

Keutamaan sedekah yang selanjutnya adalah membuat harta menjadi lebih berkah. Mereka yang sering bersedekah, hartanya tidak akan berkurang. Sebaliknya, hartanya akan semakin bertambah dan memberi manfaat begitu besar.

  • Mendapatkan pahala berlipat ganda

Allah SWT memberikan janji pahala berlipat ganda untuk muslim yang suka bersedekah.

  • Membebaskan diri dari siksa kubur

Orang-orang yang gemar bersedekah akan memperoleh keutamaan sedekah dengan terhindar dari siksa kubur. Sedekah yang dilakukan semasa hidup, akan memadamkan api siksaan yang ada di alam kubur.

  • Jaminan surga dari Allah SWT

Mereka yang terbiasa berbagi dan memperbanyak sedekah bakal mendapatkan jaminan surga dari Allah SWT. Bahkan, Allah telah menyiapkan pintu khusus untuk masuk ke surga bagi orang-orang yang suka bersedekah.

  • Sedekah merupakan bukti keimanan seorang muslim

Orang Islam yang beriman kepada Allah adalah mereka yang punya sikap dermawan. Kedermawan dalam kehidupan sehari-hari, merupakan bukti tingkat keimanan yang mereka miliki.

  • Memperoleh naungan di akhirat

Orang-orang yang bersedekah juga bakal memperoleh keutamaan memperoleh naungan saat di hari akhir. Apalagi, ketika aktivitas bersedekah itu dilakukan semata-mata karena mencari ridho Allah SWT.

Penulis: Yudo Laksono


Sedekah bisa disalurkan atau bisa ditunaikan dengan cara yang lebih mudah. Seperti sedekah dengan membantu orang yang sedang berkesusahan. Contohnya, membantu mereka dengan berdonasi. Kini, donasi bisa dengan sangat mudah. Salah satunya dengan platform kitabisa.com.

Kitabisa merupakan sebuah platform penggalangan dana yang salah satu misinya adalah untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi atau memberikan sedekah secara online. Melalui platform ini, bersedekah bisa dilakukan dengan praktis dan mudah karena Anda bisa langsung berdonasi ke campaign-campaign yang membutuhkan bantuan dengan cara transfer, pembayaran melalui GOPAY, atau Dompet Kitabisa.

banner_donasi_sedekah