Cerita #OrangBaik

Jalani Pengobatan Penyakit GBS, Kini Arya Bisa Tersenyum

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejak Juni 2018, Arya mengidap penyakit Guillain Barre Syndrome atau GBS. Penyakit tersebut menyebabkan dirinya hanya bisa terbaring di tempat tidur. Arya sempat tidak sadarkan diri beberapa hari serta mengalami 2 kali henti jantung. Perlahan-lahan, Arya kini dapat membuka matanya namun belum bisa bergerak. Banyaknya dukungan yang diterima oleh Arya dari orang-orang sekitar membuatnya semangat untuk sembuh.

 

Penyakit GBS (Guillain Barre Syndrome) yang Diderita Arya

Jalani Pengobatan Penyakit GBS, Kini Arya Bisa Tersenyum

GBS atau Guillain Barre Syndrome adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh sistem imun yang menyerang sistem saraf. Pada penyakit ini terdapat gangguan sistem kekebalan tubuh sehingga menyerang saraf tepi atau saraf periferal. Penyakit GBS umumnya ditemukan pada anak-anak dan dewasa.

Karena terdapat kerusakan imun, maka sistem kekebalan tubuh juga rusak. Fungsi saraf motorik, sensorik, dan otonomik bekerja secara tidak normal. Kondisi tersebut menyebabkan Arya mengalami gagal napas, lumpuh, dan tidak bisa bicara. Arya bahkan sempat tidak bisa membuka matanya, namun kini ia bisa membuka matanya karena dukungan dari orang-orang sekitar. 

 

Gejala Penyakit GBS

Jalani Pengobatan Penyakit GBS, Kini Arya Bisa Tersenyum

Tanda-tandanya munculnya penyakit GBS berlangsung sangat cepat. Umumnya, gejala awal dari penyakit ini adalah kaki yang terasa berat dan sulit digerakkan, badan kaku, dan tangan yang sulit menggenggam. Selain itu, gejala penyakit GBS lainnya adalah:

  1. Nyeri otot
  2. Kesulitan untuk berbicara dan mengunyah makanan
  3. Sulit untuk bernapas
  4. Tekanan darah rendah
  5. Sulit menggerakkan anggota tubuh
Baca juga:
Waspada Penyebab Penyakit GBS yang Menyerang Akbar
Dokter Dinis, Dokter yang Berdamai dengan Penyakit Autoimun

 

Pengobatan yang Ditempuh Arya untuk Penyakit GBS 

Jalani Pengobatan Penyakit GBS, Kini Arya Bisa Tersenyum

Biaya pengobatan Arya sangatlah besar. Meski begitu, orangtua Arya tidak menyerah dan terus berjuang demi kesembuhannya. Berkat galang dana yang dibuat di Kitabisa, Arya bisa menjalani serangkaian perawatan untuk sembuh. Pengobatan Arya ditujukan untuk mencegah komplikasi, mengurangi gejala, dan mempercepat penyembuhan secara total. 

Pengobatan yang dilakukan oleh Arya antara lain fisioterapi, serta terapi alternatif lainnya.  Karena kesulitan bernapas, Arya juga harus menggunakan alat bantu pernapasan. Selain itu, Arya harus mengkonsumsi susu khusus untuk meningkatkan gizi dan kekuatan tubuhnya, vitamin, dan obat-obatan seperti obat pengencer darah dan obat pereda sakit. 

 

Bantuan untuk Kesembuhan Penyakit GBS Arya

Jalani Pengobatan Penyakit GBS, Kini Arya Bisa Tersenyum

Keperluan Arya sehari-hari tidak dijamin oleh asuransi kesehatan. Namun, berkat bantuan para OrangBaik Arya bisa terus menjalani pengobatan. Meskipun kondisi Arya masih lumpuh dan belum bisa bicara, kini ia sudah bisa tersenyum. Kondisinya perlahan-lahan mulai membaik. Sesekali Arya menarik kaki dan menggerakkan tangan. Suara batuk dan bersin Arya kini juga sudah jelas. 

Arya masih harus menjalani fisioterapi dan pengobatan alternatif secara rutin. Kamu bisa membantu kesembuhan Arya dengan cara berdonasi di Kitabisa.

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons