Kesehatan

Waspada Penyebab Penyakit GBS yang Menyerang Akbar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Guillain Barre Sindrom (GBS) merupakan kerusakan pada selaput yang meliputi saraf mielin. Mielin sendiri adalah selubung atau selaput yang melindungi saraf. Kerusakan mielin membuat syaraf tidak dapat berjalan dengan baik. GBS sendiri merupakan kumpulan gejala kelemahan pada anggota gerak dan kadang-kadang dengan sedikit kesemutan pada lengan atau tungkai, disertai menurunnya refleks. Selain itu kelumpuhan dapat juga terjadi di otot-otot penggerak bola mata sehingga penderita melihat satu objek menjadi dua yang dapat disertai gangguan koordinasi anggota gerak. Guillain Barre Sindrom (GBS) termasuk penyakit langka dan terjadi hanya 1 atau 2 kasus per 100.000 di dunia tiap tahunnya.

 

Penyebab Penyakit GBS

Waspada Penyebab Penyakit GBS yang Menyerang Akbar

Para ahli belum mengetahui penyebab pasti penyakit ini, tadinya dianggap sebagai neuroalergi yang menghasilkan berbagai bahan berbahaya. Namun diperkirakan karena saraf diserang oleh sistem imun tubuhnya sendiri. Oleh karena itu penyakit GBS disebut juga penyakit autoimun. Pada penyakit GBS, sistem imun menyerang selaput saraf (selubing mielin). Hal ini menyebabkan kerusakan saraf. Infeksi yang Mencetuskan Penyakit GBS. Sistem imun mulai menyerang saraf sesudah pasien mengalami infeksi bakteri atau virus. 

 

Pengobatan Penyakit GBS

Penyakit GBS biasanya perlu dilakukan perawatan di rumah sakit karena pasien harus diobservasi dengan ketat untuk meyakinkan bahwa penyakit ini tidak memburuk atau tidak ada infeksi yang menyertai. Pernapasan, denyut jantung dan tekanan darah pasien harus dipantau. Beberapa pasien kadang perlu dipasang ventilator untuk membantu pernapasan.

Terdapat dua terapi baik terapi pertukaran plasma dan intravena immunoglobulin yang sangat dibutuhkan untuk mengurangi keparahan dari fase relaps (kekambuhan). Pada terapi pertukaran plasma, darah akan dikeluarkan dari tubuh. Antibodi yang membahayakan akan dibuang dari darah dan kemudian darah dikembalikan lagi ke dalam tubuh pasien. Pada terapi intravena imunoglobulin, antibodi yang membantu akan ditambahkan ke dalam darah. Pengobatan – pengobatan ini bisa membantu tubuh melawan penyakit dan mempercepat penyembuhan.

banner_donasi_biaya_pengobatan

 

Cara Pencegahan Penyebab Penyakit GBS

Waspada Penyebab Penyakit GBS yang Menyerang Akbar

Salah satu jalan untuk mencegah GBS adalah dengan mempertinggi daya tahan tubuh saat tidak sakit dengan cara mengonsumsi protein hewani dari daging dan ikan, nabati dari tempe dan tahu disertai sayur dan buah, sehingga diharapkan kita jarang terkena sakit influenza, karena daya tahan tubuh tinggi. Selain itu perlu juga menjaga kebersihan tubuh dengan mandi teratur dan cuci tangan bila mau makan untuk menghindari infeksi kuman, virus atau bakteri yang menyebabkan diare.

 

Perjuangan Akbar Melawan GBS

Waspada Penyebab Penyakit GBS yang Menyerang Akbar

Akbar Reza Maulana namanya, ia sedang menderita penyakit Guillain Barre Syndrom (GBS). Penyakit yang dideritanya ini membuat Akbar tidak dapat bergerak. Penyakitnya ini telah dideritanya sejak 1 bulan yang lalu. Melihat kondisi Akbar, keluarga Akbar merasa sedih dan sangat terpukul. Akbar telah melakukan pengobatan di rumah sakit Mitra Kasih dan juga rumah sakit Hasan Sadikin, namun belum juga mendapatkan kesembuhan. Walau demikian orangtua Akbar tetap berusaha dan selalu menemai proses pengobatan Akbar.

Proses pengobatan Akbar membutuhkan dana yang tidak sedikit, keluarga Akbar membutuhkan bantuan dana untuk biaya pengobatan dan perawatan. Keluarga Akbar sangat berharap Akbar dapat menjadi salah satu pasien yang sembuh. Keluarga Akbar serta orang orang terdekatnya sangat membutuhkan bantuan dana untuk menjalani pengobatan agar Akbar dapat sehat kembali.

Ditulis Oleh: Shelia Lauvita


Kamu bisa beri dukungan untuk bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Kamu bisa berbagi kebaikan dengan cepat dan mudah lewat website Kitabisa atau Aplikasi Kitabisa. Yuk, bantu mereka yang membutuhkan dengan klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

 

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons