Qurban

Jenis dan Harga Sapi Jawa Unggulan Terbaru

Memilih sapi jawa untuk qurban harus sesuai dengan budget mengingat harga sapi jawa mengalami kenaikan cukup yang signifikan ketika menjelang Idul Adha. Namun selain harga, kamu juga harus memperhatikan hal lain sebelum membeli sapi qurban seperti jenis, wajah, bobot, tinggi, tanduk, dan ekor.

 

Jenis-jenis Sapi Qurban Asli Jawa 

Berikut beberapa jenis sapi qurban yang biasa disembelih saat hari raya Idul Adha di Pulau Jawa. 

  • Sapi Ongole

    Jenis sapi ongole merupakan jenis sapi yang kerap dijadikan sebagai hewan qurban saat hari raya Idul Adha. Sapi asal India ini memiliki ciri warna rambut hitam pada bagian kipas ekor dan mata.

    Untuk jenis sapi jantan tinggi dari sapi ongole ini dapat mencapai 140 hingga 160 cm. Sedangkan untuk betina tingginya dapat mencapai 130 hingga 140 cm. Berat badan dari sapi pedaging ini dapat mencapai 400 hingga 600 kg.

    Mendekati hari raya idul adha seperti sekarang ini, harga sapi ongole sekitar Rp22.000.000,-. Sedangkan harga sapi di jawa jenis ongole betina mencapai angka Rp17.000.000,-. 

  • Sapi Bali

    Dari berbagai jenis sapi qurban di daerah Jawa, sapi bali masih menjadi sapi qurban favorit hingga hari ini. Tak ayal, jika jenis sapi pedaging ini selalu naik saat  hari Idul Adha tiba.

    Sapi bali banyak dipilih sebagai hewan qurban karena ia merupakan jenis sapi pedaging dengan daging yang cukup banyak. Selain itu, daging dari sapi ini juga tergolong lembut dan cocok untuk diolah menjadi berbagai jenis menu.

    Sapi bali dihargai sekitar Rp17.000.000,- dengan bobot sekitar 250 kg. Untuk bobot 300 kg sapi bali dihargai sekitar Rp25.000.000,-. Sedangkan untuk sapi kupang dihargai sekitar Rp16.500.000,-.

  • Sapi Limousin

    Sesuai dengan namanya, sapi ini berasal dari daerah Limousin dan daerah Marche wilayah Perancis. Sapi jenis ini dipilih lantaran ia memiliki ciri fisik yang besar, padat, kompak dan panjang.

    Tinggi badan dari sapi limousin dapat mencapai 160 cm dengan bobot tubuh hingga 1,3 ton. Di musim haji seperti sekarang ini, harga sapi limosin di  Jawa Timur bisa mencapai Rp29.000.000,- dengan bobot mencapai 500 kg. 

  • Sapi Simmental

    Selanjutnya, ada jenis Sapi Simmental yang merupakan sapi asal Simme wilayah Swiss bagian barat. sapi berwarna merah bata ini memiliki ciri fisik yaitu tubuh kekar dengan pertumbuhan yang lumayan cepat.
    Sapi ini merupakan jenis dwiguna lantaran ia tak hanya sebagai sapi potong namun juga untuk perah. Sapi simmental juga memiliki bobot hingga 800 kg untuk betina dengan tinggi mencapai 150 cm.

    Untuk jenis sapi jantan, beratnya bisa mencapai 1,2 ton dengan tinggi hingga 170 cm. Harga sapi simmental sendiri dibanderol mulai dari Rp20.000.000,- hingga Rp60.000.000,-. 

  • Sapi Madura

    Sapi madura dikenal sebagai sapi lokal yang memiliki bobot lebih kecil dibanding sapi pada umumnya. Bobot tubuhnya hanya berkisar antara 300 hingga 500 kg setiap ekornya.Sapi madura merupakan hasil kawin silang antara sapi jenis zebu dan sapi bali. ia tak hanya jenis sapi pedaging namun juga diternak dan pekerja. Sapi ini menjadi primadona karena dagingnya banyak dan empuk.

    Setiap ekornya, sapi madura dihargai mulai dari Rp14.000.000,- hingga yang paling tinggi mencapai Rp24.500.000,-. Harga sapi di Sampang Madura untuk jenis ini dapat mencapai Rp20.000.000,- untuk satu ekor. 


Setelah tahu harga sapi Jawa, kamu bisa berqurban dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban di kitabisa

Comments are closed.