Cerita #OrangBaik

Kanker Tulang Osteosarcoma yang Berhasil Dilawan Chacha

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Chacha adalah seorang anak perempuan yang cerdas dan penuh semangat. Ia selalu mendapatkan peringkat terbaik di sekolahnya.  Saat duduk di kelas 6 SD, Chacha divonis menderita penyakit kanker tulang Osteosarcoma. Meskipun dalam keadaan sakit dan tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengejar, Chacha tetap semangat belajar di rumah dengan mengerjakan latihan-latihan soal yang ada di buku-bukunya. 

Penyakit yang diderita Chacha sejak Desember 2017 membuat kaki kanannya bengkak sulit digerakkan. Selama sakit, Chacha hanya bisa beraktivitas di atas kasur rumah sakit. Untuk menyembuhkan kanker tulang Osteosarcoma, Chacha harus menjalani beberapa kali kemoterapi dan operasi pengangkatan sel kanker.

Kanker Tulang Osteosarcoma adalah salah satu jenis kanker tulang paling sering menyerang anak-anak dan remaja. Penyakit ini umumnya menyerang bagian-bagian tulang yang berukuran besar pada daerah yang memiliki pertumbuhan cepat. Oleh sebab itu, kanker Osteosarcoma sering terjadi pada masa pertumbuhan tulang yang dialami masa anak-anak atau remaja. 

 

Gejala Penyakit Osteosarcoma

Kanker Tulang Osteosarcoma yang Berhasil Dilawan Chacha

Kanker tulang Osteosarcoma memiliki gejala-gejala tertentu seperti rasa nyeri dan sakit pada tulang atau persendian. Selain itu, ada beberapa gejala lainnya dari penyakit ini antara lain:

  1. Muncul benjolan atau bengkak yang umumnya terjadi pada bagian tangan atau kaki.
  2. Kesulitan untuk bergerak.
  3. Bagian tubuh yang mengalami pembengkakan akan sakit bila disentuh.
  4. Terjadi retak tulang yang terjadi karena adanya patah tulang pada gerakan rutin.
  5. Rasa nyeri ketika mengangkat sesuatu.

 

Penyebab Kanker Tulang Osteosarcoma

Kanker Tulang Osteosarcoma yang Berhasil Dilawan Chacha

Seseorang bisa mengalami kanker tulang Osteosarcoma karena adanya kelainan genetik pada DNA seorang anak. Kelainan tersebut membuat sel-sel yang seharusnya mengalami pertumbuhan justru menciptakan tumor Osteosarcoma. Kanker tulang Osteosarcoma juga dapat disebabkan oleh adanya paparan radiasi dari pengobatan radioterapi, penderita memiliki riwayat penyakit serius lainnya.

 

Pengobatan yang Harus Dilalui Chacha

Kanker Tulang Osteosarcoma yang Berhasil Dilawan Chacha

Chacha harus menjalani kemoterapi 9 siklus untuk menyembuhkan penyakit kanker tulang. Pada saaat menjalani kemoterapi siklus ke-3, Chacha sempat diperbolehkan pulang. Namun, hasil cek darah menunjukkan leukosit dan trombosit Chacha menurun dan menyebabkan dirinya harus kembali ke rumah sakit. Setelah melakukan kemoterapi siklus ke-5, kondisi Chacha kembali mengalami penurunan. Chacha harus menjalani perawatan optimal agar kondisinya kembali membaik.

Setelah dinyatakan membaik dan semakin kuat, Chacha segera dijadwalkan untuk operasi. Sebelum operasi, Chacha harus menjalani serangkaian pengecekan, diantaranya konsultasi ke dokter Ortopedi dan Onkologi, cek darah, serta rontgen. Hasil pengecekan menunjukkan bahwa Chacha siap untuk menjalani operasi. 

Baca juga:
Apakah Kanker Darah Bisa Disembuhkan?
Konsumsi Makanan Pembunuh Kanker dan Tumor Berikut!

 

Operasi Pengangkatan Kanker Tulang Osteosarcoma

Kanker Tulang Osteosarcoma yang Berhasil Dilawan Chacha

Biaya pengobatan Chacha memang ditanggung oleh jaminan kesehatan, namun ada beberapa obat-obatan dan alat yang tidak dicover. Selain itu, biaya lainnya untuk keperluan selama di rumah sakit juga sangat besar. Keterbatasan biaya tidak menghalangi orang tua Chacha agar melihat anaknya sembuh dan kembali ke rumah. Orang tua Chacha akhirnya membuat galang dana di Kitabisa untuk memenuhi biaya pengobatan.

Berkat bantuan OrangBaik, Alhamdulillah Chacha berhasil dioperasi pada tanggal 16 Agustus 2018. Operasi pengangkatan sel kanker berlangsung selama 12 jam dan berjalan lancar hingga kaki Chacha tidak perlu diamputasi. Tulang kaki Chacha yang rusak digantikan dengan pen dan alat, serta dilakukan penyemenan menyerupai tulang asli. Setelah dirawat 7 hari, Chacha diperbolehkan pulang. Chacha bisa beraktivitas dengan baik, meski harus rutin melakukan fisioterapi.

 

Chacha Berhasil Sembuh dari Osteosarcoma

Kanker Tulang Osteosarcoma yang Berhasil Dilawan Chacha

Kini, kondisi Chacha telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Chacha bisa kembali beraktivitas seperti biasa dan kembali mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Bulan Juli 2019 ini, Chacha baru saja menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Dasar, dan bersiap untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTP. 

Chacha dan keluarga sangat bersyukur, karena berkat bantuan dan dukungan para OrangBaik yang telah berdonasi, Chacha bisa sembuh. 


Selain Chacha, masih banyak anak-anak yang sedang berjuang untuk sembuh. Kamu juga bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons