Tentang Kitabisa

Penjelasan Lengkap Tentang Promosi Iklan oleh Kitabisa

Mungkin kamu sering melihat iklan Kitabisa di platform seperti Facebook / Instagram / Tiktok dan lain-lain. Dan mungkin mempertanyakan bagaimana Kitabisa menjalankan konten iklan? Apakah Kitabisa mengambil keuntungan dari memasang iklan?

Melalui artikel ini kami berikan penjelasan lengkapnya.

Setiap penggalangan dana di Kitabisa umumnya merupakan peer-fundraising. Hal ini berarti halaman penggalangan dana dibuat dan ditujukan untuk kamu sendiri, atau orang-orang terdekatmu. Di Kitabisa, salah satu kesuksesan penggalangan dana adalah jaringan relasi. Di mana orang-orang terdekat lah yang biasanya membantu dengan berdonasi atau menyebarkan link galang dana. 

Maka dari itu bantuan promosi dengan iklan menjadi salah satu upaya untuk memudahkan pengumpulan donasi. Kitabisa percaya bahwa pembuatan konten iklan merupakan bagian yang diperlukan dalam misi menghubungkan kebaikan dengan skala besar.

Tujuan Konten Iklan Kitabisa

Konten iklan diperlukan dengan tujuan:

  1. Membantu penerima manfaat mendapatkan bantuan lebih cepat, terutama saat kondisi mendesak. Contohnya: pasien dengan kondisi darurat medis, korban bencana alam, dll.,
  2. Membantu penggalang dana menjangkau lebih banyak donatur di luar jaringan penggalang dana yang terbatas,
  3. Menjangkau lebih banyak niat baik calon donatur, baik sebagai pengingat maupun sebagai pemicu mereka ikut berdonasi membantu mereka yang membutuhkan, serta
  4. Menebarkan manfaat dan menciptakan dampak sosial dalam skala besar.

Semakin baik konten iklan yang kita buat, semakin besar donasi yang terkumpul, semakin banyak penerima manfaat yang terbantu, pada akhirnya semakin besar dampak sosial sosial yang bisa kita ciptakan.

Dampak dari Galang Dana yang Diiklankan

Setiap harinya, Kitabisa menerima puluhan permintaan galang dana yang ingin dibantu. Rata-rata penggalangan dana akan mencapai target donasi hingga 80% setelah diiklankan.

Contohnya, yang terjadi pada penggalangan dana Ardi & Ardan, bayi kembar siam yang kala itu perlu biaya operasi pemisahan. Biaya yang diperlukan mencapai 1 Milyar Rupiah. Biaya ini sangatlah berat bagi seorang ibu yang menjadi bidan di klinik dan ayah pedagang di pasar. 

Ardi dan Ardan Kitabisa

Selama 3 bulan, Iklan Facebook ini tayang sebanyak 9 juta kali dan viral hingga dibagikan sebanyak 5.300x oleh Netizen. Selain itu ada 2,880 doa dan support yang diberikan melalui kolom komentar di iklan yang tayang.

Konten yang dibuat oleh tim Kitabisa berhasil mengajak hampir 22 ribu donatur ikut patungan mengumpulkan dana Rp 1.255.448.463 untuk operasi Ardi & Ardan melalui https://kitabisa.com/campaign/bantuardiardan

Hingga pada 16 November 2019, operasi dilakukan dan berlangsung selama 10 jam di RSAB Harapan Kita. Doa dari puluhan ribu #OrangBaik membuat Ardi & Ardan sekarang bisa tumbuh sehat dan normal.

Bantuan Iklan Galang Dana Non Medis

Selain pada kategori medis, bantuan pembuatan iklan ini juga ditujukan untuk kategori non medis. Seperti yang terjadi pada pembangunan Jembatan Mekarjaya Sukabumi. Selama 50 tahun dibangun, jembatan ini belum pernah direnovasi. Padahal jembatan ini menjadi satu-satunya akses bagi warga desa Mekarjaya.

Melalui iklan Facebook yang sudah ditayangkan lebih dari 1,9 juta kali, sampai hari ini sudah ada 35.492 #OrangBaik yang patungan mengumpulkan Rp 2.071.526.747 donasi untuk membantu desa-desa seperti Mekarjaya. Dari donasi yang terkumpul, pada 19 Januari 2021, Kitabisa bersama Kawa (Anaku Askara Biru) berkolaborasi dengan Baznas Jawa Barat memperbaiki jembatan di desa Mekarjaya.

Dengan donasi sebesar itu tidak hanya jembatan di desa Mekarjaya yang dibangun, namun juga jembatan di daerah lainnya yang membutuhkan.

Lantas bagaimana caranya jika kamu ingin penggalangan danamu diiklankan?

Sebelum mengajukan permintaan iklan, pastikan terlebih dahulu penggalangan danamu telah terverifikasi. Selanjutnya kamu dapat melakukan pengajuan dengan mengklik tombol di bawah:

Nantinya setelah dipastikan kamu telah memenuhi syarat, kamu akan dihubungi oleh tim Kitabisa yang akan membantu mengiklankan penggalangan danamu. Tim Kitabisa akan berperan dalam pembuatan konten, membuat visual, hingga menaikkan iklan tersebut.


Baca juga: Bagaimana Galang Dana Saya Bisa Dipublikasikan Tim Kitabisa? 


Apakah Kitabisa mengambil keuntungan dari sini?

Kitabisa tidak mengambil biaya apapun dari layanan iklan ini. Seluruh biaya iklan, 100% akan dibayarkan ke Facebook di akhir masa periode publikasi atau 40 hari setelah Surat Pernyataan ditandatangani. Sebagai bentuk transparansi, admin kami juga akan mengirimkan bukti tagihan resmi dari Facebook.

Untuk bentuk transparansi kepada donatur, jumlah donasi yang dipergunakan untuk iklan akan muncul di laman penggalangan dana.


Baca juga: Penjelasan Lengkap Tentang Biaya Administrasi 5% di Kitabisa.com


Setiap konten iklan yang dibuat sudah dalam persetujuan baik pihak penggalang dana, penerima manfaat, dan atau siapapun yang diceritakan di dalam konten. ​​Kitabisa akan terus menjaga amanah dengan memaparkan fakta secara jujur, faktual sesuai kondisi terkini, tidak memanipulasi data, dan mengikuti aturan yang ada. 

Pada prinsipnya, kembali kepada ke tujuan utama Kitabisa membuat konten iklan, yaitu adalah untuk membantu siapapun yang membutuhkan secepat-cepatnya dan menciptakan dampak seluas-luasnya. Karenanya meski donasi darimu ditujukan untuk membayar iklan, kamu juga tetap berkontribusi dalam membuat dampak untuk orang yang kamu bantu.

Comments are closed.