Melancarkan Hajat, Perbanyak Sedekah Subuh Bulan Ramadhan

Sedekah subuh merupakan salah satu amal kebaikan yang tidak hanya mempunyai pahala berlimpah. Kamu juga berkesempatan kelancaran hajat kalau sering bersedekah subuh. Apalagi, ketika kamu menjalankan sedekah subuh Bulan Ramadhan. 

Rasulullah telah banyak menjelaskan keutamaan yang ada di Bulan Ramadhan. Oleh karenanya, beliau menganjurkan kepada setiap muslim untuk berlomba-lomba dan memperbanyak sedekah selama memasuki Ramadhan. 

Sedekah Subuh Dapat Melancarkan Hajat

Sedekah subuh Bulan Ramadhan merupakan salah satu bentuk amalan sedekah. Oleh karena itu, kamu akan memperoleh keutamaan amalan ini ketika menjalankannya setiap memasuki subuh di Bulan Ramadhan. 

Hal yang perlu kamu ketahui, sedekah merupakan salah satu bentuk kebaikan yang bertujuan meringankan kesusahan yang dialami orang lain. Sedekah bisa kamu berikan kepada siapa saja, mulai dari anak yatim, fakir miskin, tetangga, hingga kerabat. 

Banyak dalil yang mengungkapkan bahwa sedekah atau menolong orang lain adalah upaya untuk melancarkan hajat. Rasulullah dalam sebuah hadits menyatakan, “barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain”. (HR. Ahmad). 

Dalam hadits lain, Rasulullah menyampaikan pesan serupa dengan redaksi yang berbeda, “Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya”. (HR. Muslim). 

sedekah di aplikasi kitabisa

Keutamaan Sedekah Subuh Bulan Ramadhan

kultum singkat ramadhan

Selain mempunyai keutamaan dalam melancarkan hajat, sedekah subuh Bulan Ramadhan juga memiliki keberkahan lainnya, seperti: 

1. Memperoleh Doa Malaikat

Siapa saja yang melakukan sedekah saat subuh akan memperoleh kesempatan didoakan oleh malaikat. Dalam sebuah hadits, Rasulullah mengatakan kalau Allah mengirimkan dua malaikat saat subuh. Malaikat pertama mendoakan orang-orang yang bersedekah memperoleh ganti dari Allah. Sementara itu, malaikat kedua mendoakan kerusakan bagi mereka yang menahan harta.

2. Mendapatkan Ampunan Dosa

Hadits Rasulullah mengungkapkan, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. at-Tirmidzi). 

Sedekah subuh merupakan cara yang efektif dalam menghapus dosa. Apalagi, kalau kamu melaksanakannya di Bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh ampunan. 

3. Keberkahan Harta

Keutamaan selanjutnya dari sedekah subuh yang kamu lakukan saat Ramadhan adalah memperoleh keberkahan harta. Harta yang berkah Harta yang berkah bukan hanya berkaitan dengan kehalalan cara mendapatkannya. Keberkahan itu juga berkaitan dengan penyaluran serta pemanfaatan harta. Harta tersebut akan memberi kesejahteraan secara lahir dan batin. 

Tidak hanya itu, keberkahan harta memberi manfaat tidak hanya bagi kamu sendiri. Namun, keberkahan tersebut juga dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, harta yang berkah merupakan harta yang tidak akan cepat habis dan Allah selalu memberikan gantinya. 

4. Lebih Dekat dengan Pintu Surga

Sedekah bukan hanya jenis amalan yang memperoleh pahala berlipat ganda. Sedekah subuh yang kamu lakukan dapat pula mendekatkan kamu ke pintu surga. Di waktu yang sama, Allah juga akan menjauhkan pintu neraka bagi mereka yang dikenal gemar bersedekah. 

Keutamaan ini tercantum dalam sebuah hadits Rasulullah yang artinya: 

“Jauhilah api nerakah walau hanya dengan sedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak memilikinya, maka bisa dengan kalimat thayyibah”. (HR. Bukhari dan Muslim). 

Dalam hadits lain, Rasulullah mengatakan:

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan memperoleh panggilan dari satu pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Memperoleh Ketenangan Hati

Keutamaan sedekah subuh Bulan Ramadhan yang tidak kalah besar adalah mendapatkan ketenangan hati. Orang yang punya kebiasaan bersedekah bakal dijauhkan Allah dari berbagai perasaan negatif seperti bimbang, gelisah, dan bingung, terutama berkaitan dengan hal-hal yang termasuk urusan duniawi.

Cara Sedekah Subuh Bulan Ramadhan yang Praktis

Dengan pertimbangan berbagai keutamaannya tersebut, tak heran kalau banyak orang yang berlomba-lomba melaksanakan sedekah subuh. Berbagai keutamaan tersebut bakal membuat kehidupan kamu jadi semakin tenang dan tentram. Di waktu yang sama, sedekah subuh dapat menjadi sarana untuk mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah. 

Lalu, bagaimana cara melaksanakan sedekah subuh? Kamu bisa menjalankan aktivitas sedekah ini dalam bentuk apa saja. Tidak hanya sedekah dalam bentuk materi. Ada pula pertimbangan untuk sedekah berbentuk tenaga atau pikiran. Selain itu, kamu juga bisa bersedekah kepada orang-orang terdekat, baik tetangga ataupun kerabat. 

Kalau ingin cara bersedekah yang mudah dan praktis, kamu bisa pula memanfaatkan aplikasi Kitabisa. Mulai dari Rp1.000, kamu sudah bisa sedekah untuk bantu sesama yang membutuhkan.

Yuk, download aplikasi Kitabisa dan perbanyak sedekah di bulan Ramadhan biar makin berkah!

sedekah ramadhan