5 Cara Bijak Memanfaatkan THR Idul Fitri

Menjelang penghujung bulan Ramadhan, para pekerja dan karyawan kantor biasanya akan mendapatkan THR Idul Fitri (Tunjangan Hari Raya). THR ini juga sering dianggap sebagai gaji ke-13. Momen yang ditunggu-tunggu ini biasanya tiba seminggu sebelum lebaran, semua karyawan dan pegawai kantor akan menerima THR ini. 

Sebagai gaji ke-13 atau penghasilan tambahan, kamu harus bisa memanfaatkan uang tambahan ini dengan bijak. Memang tujuan diberikan THR adalah untuk keperluan lebaran. Namun, uang ini juga sebaiknya tidak dihamburkan untuk keperluan yang kurang bermanfaat atau langsung habis seketika. 

 

Cara Manfaatkan THR Idul Fitri dengan Baik

Nah, jika kamu belum memiliki rencana pemakaian uang THR ini, berikut ini adalah 5 tips cara memanfaatkan uang THR  agar tidak menguap begitu saja.

  1. Keperluan Hari Raya 10-20%

    Sesuai nama dan tujuannya, uang THR Idul Fitri ini tujuannya memang untuk digunakan pada Hari Raya Idul Fitri. Jadi, kamu bisa memakainya untuk keperluan lebaran seperti membeli jamuan lebaran dan ongkos mudik.
    Selain itu, kamu juga bisa membeli keperluan baju lebaran dan perlengkapan ibadah. Meskipun demikian, jangan sampai uang THR ini habis hanya untuk keperluan lebaran saja. Masih banyak pengeluaran lain yang menanti.

  1. Keperluan Zakat dan Sedekah

    Selain makanan untuk acara lebaran, jangan lupa menyisihkan uang THR ini untuk keperluan zakat dan sedekah. Zakat terutama memang harus kamu alokasikan sebagai kewajiban seorang muslim, dibayarkan paling lambat sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Jumlah zakat ini mengikuti aturan dari Badan Amil Zakat tempatmu berada. Sementara sedekah bisa dilakukan sebelum dan sesudah hari raya.

  1. Sisihkan untuk Tabungan 10-20%

    Saat hari biasa pastinya kamu tidak memiliki uang untuk ditabung, bukan? Dengan adanya THR Idulfitri ini, manfaatkan 10% uang tersebut untuk ditabung. Hal ini karena kamu juga harus memikirkan masa depanmu. Jangan tergoda untuk membelanjakan semuanya untuk keperluan lain termasuk kebutuhan sehari-hari. Jadi, uang tabungan yang jumlahnya segitu-gitu saja bisa bertambah.

  1. Sisihkan untuk Membayar Utang atau Cicilan Kartu Kredit 15%

    Jika kamu memiliki utang atau cicilan kartu kredit, kenapa tidak menyisihkan uang THR ini untuk membayar utang atau cicilan tersebut? Pasalnya, memiliki utang yang belum lunas dan berlarut jelas akan mengganggu keuanganmu. Kamu akan mengalami kesulitan untuk menabung. Namun, jika kamu tidak ada utang, gunakan sebagian uang THR untuk simpanan dana darurat.

  1. Berbagi dengan Mereka yang Kurang

    Alokasikan sebagian uang THR Idul Fitri ini untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Banyak orang di sekelilingmu yang masih membutuhkan uluran tangan agar mereka dapat juga merayakan lebaran juga. Dengan berbagi hidup lebih terasa membahagiakan, karena berbagi itu indah.

Itulah penjelasan tentang 5 cara bijak memanfaatkan uang THR Idul Fitri agar tidak habis seketika. Selain untuk keperluan lebaran dan memikirkan masa depan dan kestabilan finansial, pastikan memakainya untuk kewajiban berzakat dan bersedekah pada mereka yang kekurangan.


Manfaatkan THR Idul Fitri kamu untuk berbagi kebaikan dengan yang membutuhkan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah