Raih Pahala dengan 8 Amalan di Bulan Ramadhan

Setelah menantikan selama 11 bulan, akhirnya sampai juga pada bulan Ramadhan yang penuh berkah. Pada bulan yang istimewa ini, pahala dari berbagai amal kebaikan yang kamu lakukan akan dilipat-gkamukan. Oleh karena itu, jangan sia-siakan waktu, lalu lakukan berbagai kebaikan di bulan Ramadhan untuk dapat menyempurnakan pahala.

Dalam bulan yang penuh hikmah ini, ada beberapa ibadah yang wajib dilakukan, dan ada pula yang sifatnya sunnah. Simak uraian selengkapnya berikut ini. 

 

Berbagai Ibadah dan Kebaikan di Bulan Ramadhan

Untuk memastikan tiap waktu yang kamu miliki bermanfaat, lakukan beberapa ibadah dan kebaikan berikut ini.

  1. Puasa Wajib Ramadhan

    Salah satu ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Islam pada bulan ini adalah berpuasa, sejak berkumkamungnya adzan Subuh hingga tenggelamnya matahari saat adzan Maghrib. Berpuasa dalam hal ini tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus, tapi juga menahan diri dari hawa nafsu.

  2. Memperbanyak Membaca Al Quran

    Salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah bahwa pada momen ini, ibadah yang kamu lakukan akan menuai kebaikan dan pahala yang berlipat-lipat. Maka saat membaca dan mempelajari Al Quran, meskipun hanya satu ayat atau bahkan satu huruf, akan mendapat banyak balasan kebaikan dari Allah. Membaca Al Quran juga akan menambah ketenangan hati. 

  3. Sholat Tarawih dan Sholat Sunnah Lainnya

    Salah satu sholat malam yang secara khusus hanya diperintahkan pada bulan Ramadhan adalah tarawih. Sholat ini bisa dilakukan secara berjamaah di rumah, di masjid, ataupun sendirian. Waktunya pun lebih leluasa, yakni sejak setelah sholat Isya hingga menjelang sholat Subuh.

  4. Makan Sahur dan Menyegerakan Berbuka

    Sebagian orang sengaja meninggalkan sahur karena merasa mampu berpuasa tanpa melakukan ibadah ini. Padahal ternyata Rasulullah mengajarkan umatnya untuk memakan sesuatu saat sahur, karena di dalam aktivitas ini ada keberkahan, sesuai hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari. Maka hendaknya sahur tidak ditinggalkan, meski hanya minum seteguk air.
    Selain makan sahur, ada baiknya kamu juga menyegerakan puasa. Rasulullah mengungkapkan bahwa  umat beliau akan berada dalam kebaikan jika mereka mengakhirkan waktu makan sahur dan menyegerakan berbuka. Dalam hal ini, berbuka tidak harus langsung dengan makanan berat, karena berbuka dengan seteguk air juga tergolong sah.

  5. Memberi Makan Orang Berbuka

    Mengapa bulan Ramadhan sering juga disebut bulan ibadah? Karena pada bulan inilah, ada semakin banyak peluang untuk mendulang pahala dan keberkahan lewat berbagai macam ibadah. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah memberi makan atau minuman pada orang yang berpuasa.
    Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad, Rasulullah SAW bersabda bahwa siapapun yang memberi makan kepada orang yang berpuasa, pahalanya akan sama dengan orang yang berpuasa. Pahala tersebut diberikan Allah tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa.

  6. Berdiam Diri di Masjid (Itikaf)

    Itikaf sebenarnya bisa dilakukan kapanpun, tidak harus pada bulan Ramadhan. Itikaf diawali dengan niat, lalu berdiam di dalam masjid dan melakukan berbagai ibadah, seperti sholat, dzikir, membaca Al Qurán, dan sebagainya.

  7. Membayar Zakat Fitrah

    Selain berpuasa, amalan lain yang wajib hukumnya di bulan Ramadhan adalah membayar zakat fitrah. Sesuai Al Qurán surat At Taubah ayat 103, zakat berfungsi untuk membersihkan dan mensucikan (harta). Zakat juga akan memberikan ketentraman jiwa.

  8. Memperbanyak Sedekah

    Pada bulan suci ini, memperbanyak sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan sedekah Rp1.000 dari uang yang kamu miliki pun akan dibalas kebaikan berlipat gkamu. Demikian pula dengan menebar senyum pada orang di sekitar, atau membagikan booklet sederhana dengan tema Ramadhan.

 

Lengkapi Ibadah Ramadhan, Raih Keberkahan

Itulah berbagai ibadan dan kebaikan yang bisa kamu lakukan pada bulan suci. Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk meningkatkan amal. Maka, lengkapi ibadah Ramadhan dengan sedekah dan zakat melalui Kitabisa. Begitu banyak kebaikan di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan. Maka, pastikan momen ini dimanfaatkan untuk menguatkan hubungan dengan Allah dan sesama manusia. Semoga ibadah dan amal kamu diterima oleh Allah Subhanahu Wata’ala.


Sempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah