5 Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Besarnya biaya kuliah menjadi penghambat utama bagi sebagian besar calon atau mahasiswa, serta para orang tua. Banyak anak yang mencari dan mencoba berbagai cara untuk membantu meringankan beban orang tua dalam melunasi biaya perkuliahan. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyak tentang beasiswa kuliah dan berusaha mendapatkannya. 

 

Beasiswa menjadi harapan bagi mereka yang kesulitan memenuhi biaya pendidikan. Namun, tingginya peminat menjadikan persaingan semakin ketat. Terlebih, semakin banyak anak-anak yang mempunyai minat besar untuk meneruskan pendidikan ke tingkat universitas. 

 

Cara Mendapatkan Beasiswa dengan Mudah

Jika kamu berkeinginan untuk mendapatkan beasiswa kuliah, berikut ini adalah 5 cara jitu yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan beasiswa yang kamu impikan.

  1. Yakinkan Diri

    percaya diri kuliahUntuk mendapatkan beasiswa, tidak hanya berkas dokumen namun kesiapan mental juga perlu diperhatikan. Berbagai hal mungkin saja memenuhi pikiranmu dan menimbulkan keraguan atau rasa cemas dalam diri. Yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa kamu memiliki keyakinan yang kuat dan percaya diri bahwa kamu akan mendapatkan beasiswa yang kamu impikan. Jika kamu yakin dan memiliki motivasi yang besar, maka kemungkinan besar kamu akan dapat melalui semua tes beasiswa dengan lancar dan mendapatkan hasil yang baik.

    bantu kuliah

  2. Mencari Informasi

    informasi beasiswa kuliahJika kamu hanya berdiam diri dan tidak berusaha, tentu saja beasiswa tidak akan kamu dapatkan. Rajinlah mencari informasi mengenai beasiswa yang ada di kampus, lembaga pemerintah atau swasta. Cari tahu apa saja hal yang harus dipersiapkan agar mendapatkan beasiswa yang tersedia. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui peluang yang kamu miliki untuk setiap beasiswa. Contohnya, jika kamu memiliki keunggulan dalam bidang olahraga dan pernah memenangkan suatu pertandingan, maka kamu bisa mendaftarkan diri ke beasiswa yang mengutamakan prestasi non-akademik.

     

  3. Tentukan Tujuan Jurusan atau Universitas

    cara menentukan jurusan kuliahSelain melihat kesempatan di setiap beasiswa, penting juga untuk memperhatikan jurusan atau universitas yang ada. Lebih baik jika kamu sudah menentukan jurusan dan universitas yang ingin kamu tuju sebelum memilih beasiswa yang akan didaftarkan. Jangan sampai berfokus hanya pada beasiswa yang ada, tetapi jurusan atau universitasnya tidak sesuai dengan keinginanmu. Setelah mengetahui jurusan dan universitas yang diinginkan, kamu juga akan lebih mudah untuk menemukan beasiswa yang sesuai.

    bantu kuliah

  4. Lengkapi Seluruh Persyaratan

    persyaratan beasiswaSetelah menemukan jurusan atau universitas yang diinginkan, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memenuhi seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Dalam mengajukan beasiswa, biasanya terdapat banyak persyaratan yang harus dilengkapi. Kelengkapan dokumen menjadi hal penting karena akan menentukan apakah kamu dapat lolos di tahap pertama seleksi beasiswa.

     

  5. Siapkan Diri untuk Tes dan Wawancara

    tes wawancara beasiswaCara mendapatkan beasiswa setelah dinyatakan lolos seleksi dokumen adalah hasil tes tertulis atau wawancara. Sebelum mengirimkan lamaran beasiswa, ada baiknya kamu telah memiliki persiapan untuk menghadapi tes yang akan dilakukan oleh pihak penyelenggara beasiswa jika dinyatakan lolos di tahap seleksi dokumen. Selain kesiapan materi, kamu juga perlu mengendalikan emosi diri. Jangan sampai takut atau gugup saat mengerjakan tes atau menghadapi pewawancara. Lakukan semuanya dengan tenang dan jujur.

 

Nah, itulah 5 cara mendapatkan beasiswa yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan menerapkan hal-hal di atas kamu bisa mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan.


Beasiswa menjadi salah satu cara untuk mahasiswa memenuhi biaya kuliah. Banyak dari mereka yang hampir berhenti di tengah perkuliahan karena tidak ada cukup biaya. Kamu bisa bantu mahasiswa yang kesulitan membayar biaya perkuliahan dengan cara donasi di Kitabisa. Untuk bantu mereka, klik gambar di bawah ini!

banner_bisakuliah