5 Makna Puasa Ramadhan yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi beberapa orang bulan puasa adalah bulan biasa yang datang sekali setahun. Mereka akan menjalankan puasa seperti biasa dan ibadah lain sebagai penunjang. Selebihnya tidak ada yang istimewa dari bulan puasa hingga akhirnya momen rebutan tiket mudik terjadi.

Sebenarnya bulan puasa ini sangatlah istimewa. Bahkan, saking istimewanya, Nabi Muhammad sering sedih kalau bulan ini akhirnya selesai dengan sendirinya. Kalau kamu ingin mendapatkan ruh dari bulan Ramadhan dan menjalankan ibadah dengan lebih semangat, simak makna bulan puasa berikut ini.

 

Makna Puasa di Bulan Ramadhan

makna puasa

  1. Makna Puasa untuk Melatih Kesabaran

    Melatih kesabaran bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi kalau berhadapan dengan orang lain atau dikuasai hawa nafsu. Itulah kenapa salah satu hal yang membatalkan puasa adalah marah, tidak tahan lapar, hingga tidak mampu mengendalikan gairah seksual.
    Memiliki emosi dan hawa nafsu sebenarnya wajar dan manusiawi. Namun, kalau berlebihan tentu merugikan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, puasa Ramadhan muncul untuk melatih kamu kesabaran. Harapannya setelah Lebaran tiba, kamu tetap memiliki sifat itu agar hidup jadi lebih baik.

  1. Bulan untuk Memperbanyak Pahala

    Sebenarnya untuk mendapatkan pahala kamu bisa melakukannya kapan saja. Misal rajin menjalankan salat dan membantu sesama. Saat bulan puasa kamu bisa melakukan hal sama dengan pahala yang lebih banyak. Selain itu kesempatan untuk bersedekah sampai zakat juga terbuka dengan lebar.
    Selalu ingat kalau mendapatkan pahala tidak harus melakukan sesuatu yang hebat. Hal-hal sederhana pun bisa membuat kamu dapat pahala asal dijalankan dengan benar dan penuh keikhlasan.

  1. Bulan untuk Mendapatkan Ampunan

    Makna puasa Ramadhan lainnya adalah mendapatkan ampunan. Tidak bisa dimungkiri kalau selama setahun kita kerap melakukan kesalahan dan dosa. Oleh karena itu selama Ramadhan, lakukan ibadah baik wajib atau sunah seperti salat tarawih untuk mendapatkan ampunan dari Yang Maha Pengampun.

  1. Bulan untuk Membantu Orang Lain

    Membantu orang lain tidak harus secara materi dengan melakukan sedekah atau zakat. Membantu secara nonmateri seperti memberikan tenaga atau pikiran juga bisa dilakukan. Apa pun bisa kamu lakukan untuk membantu orang lain, khususnya yang membutuhkan.
    Salah satu cara termudah untuk membantu orang lain adalah dengan memberikan makanan khususnya saat berbuka. Makna puasa ini harus benar-benar dimiliki agar kamu bisa melakukannya dengan ikhlas dan semata-mata karena Allah.

  1. Bulan untuk Bersilaturahmi

    Berkutat dengan pekerjaan dan harus berada di jalanan sejak pagi membuat kita semua jarang melakukan silaturahmi. Padahal Islam mengajarkan kita semua untuk memiliki hubungan baik dengan tetangga sekitar. Hubungan yang baik akan memberikan keberkahan untuk semua orang.
    Selama puasa kamu akan lebih banyak bertemu dengan tetangga atau teman. Kamu bisa bertemu di masjid atau di majelis lain untuk belajar ilmu. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya karena Ramadhan tahun depan belum tentu kita semua mengalaminya.

Kita dapat menyimpulkan kalau bulan puasa adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Memaknai bulan Ramadhan dengan baik akan memudahkan kamu untuk mengumpulkan pahala dan menjadi pribadi yang lebih baik. Pahami makna puasa Ramadhan di atas dan terapkan.

Jika kamu ingin lebih meningkatkan semangat beribadah dan berbuat baik pada sesama, lakukan sedekah selama bulan puasa. Kamu bisa melakukannya langsung ke masjid terdekat atau kalau ingin yang instan bisa melalui Kitabisa. Bantuan kamu akan disalurkan dengan baik dan tepat sasaran.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah