Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan dengan Sebarkan Kebaikan

Ramadhan adalah bulan paling istimewa bagi umat Islam tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga seluruh dunia. Pada bulan ini berbagai amalan akan bernilai lebih. Berkah akan dilebihkan dan ampunan ditawarkan. Ibadah menjadi sesuatu yang penting dan dilakukan lebih rutin oleh semua Muslim.

 

Kebaikan di Bulan Ramadhan

Selain ibadah kepada Yang Maha Kuasa, saat bulan puasa tiba menyebarkan kebaikan adalah keharusan. Semua orang harus menyebarkan kebaikan meski sekecil apa pun demi mendapatkan keutamaan bulan Ramadhan. Lakukan beberapa hal di bawah ini agar momen puasa lebih sempurna.

  1. Sebarkan Kebaikan dengan Media Sosial

    Sebagian besar dari kita banyak menghabiskan waktu luangnya di media sosial atau berselancar di dunia maya. Selama berjam-jam mereka akan membaca sesuatu, melihat gambar, hingga berbelanja. Sayangnya tidak banyak yang mau menyebarkan kebaikan dengan media sosial dan sejenisnya meski sedang bulan puasa.
    Mengingat pahala melakukan kebaikan di bulan puasa sangat besar, kenapa kamu tidak menyebarkan kebaikan di media sosial saja? Tidak perlu membuat konten terlalu sulit atau hal berat lainnya. Cukup ajak semua orang untuk rajin beribadah atau beramal.
    Jika kamu melakukan kegiatan bermanfaat, sebarkan dan ajak orang lain melakukannya. Sekecil apa pun yang kamu bagi di media sosial akan tetap bermanfaat untuk banyak orang.

  1. Memberikan Makan dan Minum

    Tidak bisa dimungkiri lagi kalau saat bulan Ramadhan kita cenderung memasak lebih banyak. Kalau tidak memasak, kita akan beli banyak makanan yang akhirnya tidak termakan dan harus dibuang. Daripada melakukan hal tidak bermanfaat yang akhirnya mubazir, kenapa tidak bagi-bagi makanan saja?
    Kalau ada rezeki yang lebih, kamu bisa membuat nasi kotak lalu dibagikan ke orang lain saat akan sahur atau berbuka puasa. Kalau dananya tidak banyak masih bisa kok membeli minuman untuk takjil. Selain membagikan langsung, kamu bisa beli makanan lebih, lalu makan bersama-sama dengan banyak orang.

  1. Mengajak Saudara Tarawih dan Tadarusan

    Supaya mendapatkan keutamaan Ramadhan, kamu juga bisa mengajak saudara atau teman untuk melakukan tarawih atau tadarusan. Umumnya banyak dari kita malas ke masjid setelah berbuka puasa. Apalagi saat gula di dalam tubuh naik, rasa kantuk akan menguasai dan kelelahan tidak bisa ditahan.
    Ajak mereka setiap hari dan beri contoh secara langsung. Mungkin ajakan tidak selalu berhasil, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba, kan?

  1. Membangunkan Sahur

    Puasa akan membuat kita menahan lapar lebih dari 12 jam. Kalau tidak makan sahur, tubuh akan menjadi sangat lemas, kecuali kamu sudah terbiasa. Nah, sebarkan kebaikan saat Ramadhan dengan membangunkan keluarga atau teman untuk bangun dan makan sahur sebelum waktunya habis.

  1. Menjadi Sukarelawan

    Cara terakhir untuk mendapatkan keutamaan Ramadhan adalah menjadi sukarelawan. Kamu bisa menyumbang tenaga meski tidak banyak demi membantu orang lain. Meski tidak keluar uang sepeserpun, aktivitas ini juga termasuk aksi menyebarkan kebaikan.

Kamu bisa menghubungi masjid atau yayasan yang membutuhkan sukarelawan. Lakukan dengan ikhlas agar semua orang mendapatkan kebaikan dan yang paling penting dari semuanya, kamu juga dapat kebaikan itu.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

4 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

3 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago