Kesehatan

5 Pengobatan Agar Kanker Darah Bisa Sembuh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak cerita baik tentang pejuang kanker darah bisa sembuh dari penyakitnya. Apalagi, seiring berkembangnya waktu, teknologi kesehatan terus berkembang dan memberi harapan bahwa kanker darah bisa disembuhkan.

Setidaknya ada lima pengobatan yang membuat pasien kanker darah bisa sembuh. Berikut penjelasannya di bawah ini:

  1. Arsenik

    Peneliti State Key Laboratory of Medical Genomics, Zhang Xiaowei, menyebut jika racun yang digunakan sejak zaman Romawi ini mampu menghancurkan protein spesifik dalam sel kanker darah. Terlebih lagi, racun jenis ini tidak menimbulkan efek samping seperti halnya kemoterapi. Itu mengapa ilmuwan China yakin, arsenin memiliki potensi besar dalam membantu pasien kanker darah bisa sembuh.

  2. Minum Obat5 Pengobatan Agar Kanker Darah Bisa Sembuh

    Salah satu jenis kanker darah yang bisa disembuhkan dengan rutin meminum obat adalah Chronic Myeloid Leukimia (CML) atau Leukimia Granulostik Kronis (LGK). Meski melakukan pengobatan intensif, pasien dengan jenis penyakit ini tetap harus mengonsumsi obat seumur hidup agar tidak terjadi resistensi. Itulah mengapa selalu ada harapan bahwa pasien kanker darah bisa sembuh.

    Saat ini ada empat obat yang digunakan di seluruh dunia untuk mengobati CML, yaitu Imatinib, Nilotinib, Dasatinib, dan Ponatinib. Namun, belum semua obat tersebut digunakan di Indonesia. Tapi percayalah, pasien kanker darah bisa sembuh.

  3. Sistem Imun

    Pengobatan ini disebut terapi sel CAR-T, salah satu upaya agar penyintas kanker darah bisa sembuh. Cara kerjanya dengan menghilangkan sel-sel kanker dan menggantinya dengan darah yang sehat dan sel-sel kekebalan tubuh, sehingga pasien kanker darah bisa sembuh.

    banner_donasi_biaya_pengobatan

  4. Rekayasa Genetik

    Pengobatan kanker ini menggunakan sel-T yang dimodifikasi atau disebut dengan CAR-T yang diciptakan dari sel-sel imun milik donor darah. Tugasnya, agar bisa menyerang dan membunuh sel-sel leukimia agar lebih efektif.
    Kelebihan menggunakan darah donor adalah sel T yang sudah dimodifikasi bisa disimpan sehingga pasien tidak menunggu lama karena sel mereka sedang direkayasa. Selain itu, metode ini juga bisa menekan biaya pengobatan karena dari satu donor darah saja bisa dipakai dalam ratusan terapi.

  5. Transplantasi Sumsum Tulang

    5 Pengobatan Agar Kanker Darah Bisa SembuhPasien kanker darah bisa sembuh. Salah satunya dengan metode transplantasi sumsum tulang. Transplantasi sumsum tulang terbukti membuat pejuang kanker darah bisa sembuh.

    Pada dasarnya, adanya sel kanker menyebabkan sumsum tulang gagal memproduksi sel-sel darah yang diperlukan tubuh. Maka dengan transplantasi sumsum tulang yang sehat dari donor, akan menggantikan sumsum tulang yang tak berfungsi dengan baik. Apalagi bagi pejuang kanker darah yang sudah dilakukan tranplantasi sumsum tulang, memiliki risikosangatlah kecil untuk kambuh.

banner_donasi_biaya_pengobatan

Meski kanker darah bisa sembuh dengan metodelogi seperti di atas,  kita juga perlu memahami jenis-jenis kanker darah yang umum terjadi pada manusia. Sebab setiap kanker darah membutuhkan terapi dan lama durasi pengobatan yang berbeda.

Kompas.com menyebut jika penentuan jenis pengobatan kanker darah atau leukimia yang tepat dilakukan oleh dokter setelah mengetahui riwayat kesehatan. Selain itu, doketr akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan kanker darah jenis apa yang diidap untuk mengetahui seberapa luas penyebaran sel kanker. Dengan begitu bisa segera dilakukan tindakan lanjut agar penyintas kanker darah bisa sembuh.   

 

Jenis Kanker Darah yang Paling Umum Terjadi

5 Pengobatan Agar Kanker Darah Bisa Sembuh

Kanker darah  merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang produksi dan fungsi sel darah normal dalam tubuh. Terdapat 3 tiga jenis kanker darah yang paling umum terjadi pada manusia: leukimia, limfoma, dan myeloma.

  1. Leukimia
    Leukimian merupakan salah satu kanker darah yang menyerang sumsum tulang sehingga tidak mampu lagi memproduksi cukup sel darah putih leukosit untuk melawan infeksi. Di sisi lain, leukimia juga menghancurkan leukosit sehingga tubuh penyintas lebih rentan terkena infeksi dan peradangan yang sulit sembuh.
  2. Myeloma
    Untuk diketahui, sumsum tulang manusia menghasilkan sel-sel yang membangun jenis sel darah lainnya, termasuk sel plasma. Sel plasma ini bertugas menghasilkan antibodi yang membantu tubuh menyerang dan membunuh kuman. Sedangkan myeloma atau multiple myeloma ini adalah jenis kanker darah yang terbentuk dari sel plasma ganas.
  3. Limfoma
    Jenis kanker darah limfoma ini menyerang limfosit yang berperan sebagai sel darah putih di sistem kekebalan tubuh manusia yang menghalau infeksi. Sehingga jika kondisi limfosit tidak normal, maka dapat menganggu kekebalan tubuh. Tapi percayalah, dengan ketekunan dalam berobat, segala jenis kanker darah bisa sembuh.

 

Pejuang Kanker Darah untuk Bisa Sembuh

Di banyak tempat termasuk di Indonesia, kanker darah atau leukimia banyak terjadi pada anak-anak dan remaja. Kaffa salah satunya. Anak asal Wonosbo ini didiagnosis oleh dokter mengidap penyakit kanker darah pada Oktober 2018.  Jenjang pengobatan yang tidak sebentar dan biaya yang tidak sedikit membuat anak dari seorang pedagang keliling yang bekerja di Jakarta ini membutuhkan uluran tangan dari para dermawan.

Bantuan dari orang baik seperti pembaca sangat berarti bagi kesembuhan Kaffa. Bantuan bisa diberikan melalui Kitabisa.com dengan harapan Kaffa bisa sehat dan menjadi kebanggan keluarga.

Ditulis Oleh: Ranu Mohamad


Kamu juga bisa beri dukungan untuk bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Kamu bisa berbagi kebaikan dengan cepat dan mudah lewat website Kitabisa atau Aplikasi Kitabisa. Yuk, bantu mereka yang membutuhkan dengan klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.