5 Tips Mudah Membiasakan Diri Sedekah di Waktu Subuh

Tahukah kamu bahwa pintu kebaikan itu banyak jenisnya? Berzikir, menyingkirkan paku di jalan, menuntun orang tua menyeberang, membantu orang lemah, atau memberi makan hewan merupakan bentuk sedekah. Bahkan, tersenyum kepada orang lain juga dinilai sebagai sedekah. Kemudahan bersedekah yang diberikan oleh Allah Swt sudah sepatutnya kamu manfaatkan untuk meraih rida dan keberkahan hidup. Meskipun sedekah dapat dilakukan sepanjang waktu dan tak terbatas tempat, sedekah di waktu subuh lebih dianjurkan.

Sedekah di waktu subuh adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah Swt. Saat bersedekah, kamu bukan saja mengumpulkan pahala untuk diri sendiri, melainkan juga memberikan manfaat pada orang lain. Rasulullah Saw bersabda bahwa Allah Swt Maha Pemberi, mencintai hamba yang pemurah dan berakhlak mulia. 

Bagaimana Cara Supaya Terbiasa Sedekah di Waktu Subuh? 

Kendati bersedekah dianjurkan untuk meringankan beban orang lain, tidak semua orang sanggup melakukannya. Pada awalnya, memang terasa berat. Namun, lambat laun kamu akan terbiasa. Bahkan, kamu akan menyukai amalan ini karena dapat memberikan banyak manfaat, seperti menghapus dosa, didoakan oleh malaikat, dimudahkan urusan duniawi, dan terhindar dari penyakit hati. Untuk memulai bersedekah, kamu bisa mengikuti sejumlah tips berikut ini.

Yakinkan Diri Bahwa Sedekah Adalah Ibadah 

Sedekah mengisyaratkan bahwa lapangan amal kebaikan bagi seorang muslim sangat luas. Siapa pun dapat bersedekah. Lagi pula, sedekah berfungsi merekatkan hubungan antarmanusia berlandaskan persaudaraan, kasih sayang, dan empati. Bersedekah merupakan sumber kebahagiaan. Kamu akan merasa lebih bahagia apabila berhasil membuat orang lain tersenyum atas bantuan yang diberikan. 

Sedekah Tanpa Menunggu Banyak Rezeki 

Tak sedikit orang menunda ataupun mengurungkan niat sedekah di waktu subuh karena merasa belum memiliki banyak uang. Sebenarnya, kamu bisa bersedekah kapan saja, tanpa harus menunggu kaya. Allah Swt tidak mempermasalahkan nominal yang kamu keluarkan untuk bersedekah karena yang terpenting adalah niat. Bahkan, nilai sedekah subuh lebih tinggi apabila dilakukan dalam keadaan sulit dibandingkan ketika kamu lapang.

Aktifkan Pengingat

Untuk mendorong semangat kamu bersedekah, cobalah memasang pengingat di ponsel. Atur waktu pengingat sebelum waktu subuh tiba. Cara ini efektif membuat kamu ingat untuk terus bersedekah subuh setiap hari. Selain pengingat di ponsel, kamu juga bisa menempelkan sticky note di tembok kamar atau meminta orang lain untuk mengingatkan.

Biasakan Membawa Uang Sebelum Ke Masjid 

Sebelum ke masjid untuk melaksanakan salat subuh berjamaah, ada baiknya menyiapkan uang receh. Kamu bisa mengisi kotak amal atau memberikan sedekah tersebut secara langsung kepada pengemis dan orang yang membutuhkan pertolongan. Membiasakan diri membawa uang akan memudahkan kamu untuk terus berbuat kebaikan. Makin rutin kamu bersedekah subuh, makin banyak pahala yang kamu dapatkan dan dosa pun terhapuskan. Kamu akan selalu dijaga oleh Allah Swt dan didoakan oleh malaikat.

Buat Celengan Khusus Sedekah Subuh 

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk memulai sedekah subuh adalah dengan membeli atau membuat celengan khusus. Celengan ini nantinya wajib kamu isi setiap hari. Tidak ada paksaan dalam bersedekah sehingga kamu bebas menentukan nominal sedekah. Kecil ataupun besar, sedekah akan memberikan manfaat yang luar biasa. Kamu akan dilapangkan rezeki, dimudahkan dalam berbagai urusan, dan dijauhkan dari bahaya maupun kesulitan.Melihat betapa pentingnya sedekah di waktu subuh, Kitabisa sebagai platform galang dana dan donasi online hadir untuk memudahkan kamu menyalurkan rezeki. Kamu bisa memulai sedekah subuh dengan cara menginstal aplikasi Kitabisa. Melalui aplikasi Kitabisa, kamu bisa bersedekah mulai Rp1.000,00 setiap hari. Kehadiran aplikasi Kitabisa akan mendorong kamu untuk terus berbuat kebaikan. Ayo, menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama bersama Kitabisa! Tunggu apa lagi? Unduh dan instal aplikasi Kitabisa sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *