7 Keajaiban Hikmah Infaq dan Sedekah Untuk yang Memberi

Sudahkah kamu berinfaq dan bersedekah hari ini? Infaq dan sedekah merupakan salah satu amalan dalam islam yang mempunyai pahala yang sangat besar. Hikmah infaq dan sedekah bagi yang melakukannya sangat banyak.

Dalam website Tamzis.id disebutkan bahwa makna dari infaq adalah mengeluarkan sebagian dari harta yang kamu miliki untuk kepentingan umat islam. Infaq dan sedekah sering disamakan, namun keduanya mempunyai makna yang berbeda.

Pengertian sedekah lebih luas, karena sedekah tidak hanya harta saja tapi juga bisa tenaga, pemikiran, dan bahkan senyum yang ikhlas juga merupakan sedekah. Sedangkan infaq merupakan sedekah dalam wujud harta.

Hikmah Infaq bagi Mereka yang Melakukannya

hikmah infaq dan sedekah

Baik infaq maupun sedekah mempunyai hikmah yang sangat besar bagi kehidupan. Ada 7 keajaiban yang akan kamu dapatkan dengan berinfaq dan bersedekah, yaitu:

Membersihkan Harta

Hikmah berinfaq dan bersedekah yang pertama adalah membersihkan harta yang kamu miliki. Setiap harta yang didapatkan ada sebagiannya adalah milik orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, dengan berinfaq kamu bisa membersihkan harta yang kamu miliki dan menambah keberkahannya.

Hikmah Infaq Menambah Rezeki

Banyak orang mengira bahwa dengan berinfaq dan bersedekah harta akan berkurang dan habis. Ini adalah anggapan yang salah. Berinfaq dan bersedekah justru akan membuat rezeki kamu semakin berlimpah.

Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 261. Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa orang yang berinfaq selayaknya orang yang menanam sebutir biji dan dia akan memanen tujuh kali lipat dari yang ditanamnya. Jadi sudah jelas bukan orang yang gemar berinfaq justru akan diperbanyak rezekinya.

sedekah di aplikasi kitabisa

Menolak Bala atau Musibah

Keutamaan bersedekah dan berinfaq yang selanjutnya adalah dapat menolak bala atau musibah. Hal ini sesuai dengan hadist nabi yang menyebutkan bahwa satu-satunya amalan yang dapat menolak musibah adalah berinfaq dan bersedekah.

Dengan berinfak kamu secara tidak langsung sudah membantu orang lain, orang lain yang kamu bantu tentunya akan mendoakan kamu agar terhindar dari musibah. Hal inilah yang membuat infaq akan melindungi kamu dari marabahaya atau musibah. Oleh karena itu, perbanyaklah berinfaq agar terhindar dari berbagai macam musibah.

Dilindungi Pada Hari Kiamat

Keajaiban lainnya yang akan kamu dapatkan dari beinfaq dan bersedekah adalah dilindungi ketika hari kiamat. Dalam hadits yang dirawayatkan oleh Tabrani, Rasulullah bersabda bahwa orang beriman akan selamat di hari kiamat karena infaq dan sedekahnya. Jadi jika kamu ingin terlindung di hari kiamat perbanyaklah untuk berinfaq dan bersedekah.

Hikmah Infaq Diampuni Segala Dosanya

Hikmah dari melakukan infaq dan sedekah adalah diampuni segala dosanya. Orang yang berinfaq dan bersedekah akan terhindar dari siksa neraka karena semua dosanya sudah diampuni. Di dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa harta yang diinfaqkan akan menjadi benteng pada saat hari pembalasan kelak.

Menyempurnakan Ibadah

Di dalam surat Al Imran ayat 92 dijelaskan bahwa kebajikan atau ibadah yang kamu kerjakan tidak akan sempurna jika kamu tidak berinfaq dan bersedekah. Hal ini tentu sudah jelas bahwa infaq adalah penyempurna ibadah kamu. Jika sholat adalah ibadah yang berhubungan kepada Allah maka infaq adalah ibadah yang berhubungan dengan sesama manusia.

Masuk Surga dengan Pintu Khusus

Orang yang gemar berinfaq dan bersedekah termasuk orang yang dermawan dan Allah sudah menjanjikan pintu khusus untuk orang-orang yang dermawan. Pintu surga ini bernama Babus Shadaqah yang berada di urutan ketiga setelah pintu surganya untuk para nabi dan para ahli ibadah. Semakin kamu memperbanyak infaq dan sedekah maka pintu ini akan terbuka lebar untuk kamu.

Banyak bukan hikmah infaq ini? Tidak hanya untuk pemberi infaq saja, untuk penerima infaq juga mendapatkan banyak manfaat.

Di zaman yang serba modern ini untuk melakukan infaq dan sedekah bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah. kamu bisa sedekah di Kitabisa. Melalui Kitabisa, kamu bisa berinfaq dan bersedekah dengan mudah. Penerima infaq juga sudah pasti yang membutuhkan sehingga kamu tidak salah sasaran.


Raih hikmah infaq dengan berbagi kebaikan melalui aplikasi Kitabisa. Kamu bisa sedekah mulai Rp1.000 untuk bantu mereka yang membutuhkan. 

sedekah di kitabisa