Kesehatan

7 Pengobatan Rumahan untuk Radang Tenggorokan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Radang tenggorokan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi karena infeksi bakteri Streptococcus. Beberapa gejala yang kerap muncul antara lain adalah gatal dan rasa terbakar di tenggorokan. Meski tidak sakit, namun peradangan ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman apalagi jika disertai dengan gejala flu. Jika dibiarkan, radang ini bisa menimbulkan beragam komplikasi yang berbahaya.

Ketika infeksi bakteri mencapai area tubuh lain, peradangan bisa menyebar ke area sinus, amandel atau tonsil hingga telinga tengah. Beberapa komplikasi lain yang mungkin terjadi seperti infeksi di belakang faring, infeksi kelenjar getah bening, munculnya nanah di area tonsil hingga terpengaruhnya sistem kekebalan tubuh.

 

Pengobatan Radang Tenggorokan

obat tenggorokan

Sebelum radang tenggorokan semakin parah, ada beberapa jenis pengobatan rumahan untuk meringankan gejalanya antara lain:

  1. Berkumur dengan Air Garam

    Berkumur dengan ¼ hingga ½ sendok teh garam yang dicampur dengan air hangat dapat membantu menenangkan tenggorokan yang gatal. Garam juga dapat mengeluarkan lendir dari jaringan yang bengkak dan meradang sehingga rasa tidak nyaman bisa berkurang.

  1. Meminum Air Madu

    Teh hangat yang diberi pemanis berupa madu bisa menghilangkan iritasi. Minum teh juga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Teh hijau merupakan jenis yang paling disarankan karena mengandung antibakteri, pereda sakit dan kaya antioksidan untuk mengurangi peradangan.

  1. Sage dan Echinacea

    Kedua jenis tanaman herbal ini banyak digunakan untuk masakan. Penelitian menunjukkan bahwa keduanya dapat membantu meringankan radang tenggorokan yang lebih aman dibanding obat semprot yang banyak dijual di pasaran.

  1. Cuka Apel

    Cuka apel adalah salah satu jenis obat alami yang telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad. Asam yang merupakan komponen utama di dalamnya mampu membantu memerangi bakteri. Untuk meredakan peradangan tenggorokan, campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan air hangat ditambah sedikit madu kemudian minum. Ingat, jangan mengonsumsi cuka apel dalam jumlah yang terlalu banyak karena bisa menyebabkan kerusakan gigi dan masalah pencernaan.

  1. Air Rebusan Jahe

    Dikenal sebagai salah satu bumbu dapur, jahe juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Kandungan antibakteri dan anti peradangan yang ada di dalamnya terbukti mampu meredakan sakit tenggorokan. Meminum air rebusan jahe selain dapat meredakan tenggorokan juga bisa membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan.

  1. Minyak Kelapa

    Minyak kelapa adalah bahan makanan yang mudah ditemukan sekaligus memiliki berbagai kegunaan. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa dapat membantu mengatasi infeksi, meredakan peradangan dan rasa sakit yang muncul karenanya. Minyak kelapa juga dapat mengencerkan dahak yang menyumbat tenggorokan sehingga kamu bisa bernapas lebih lega.

  1. Kayu Manis

    Dengan aroma yang khas, kayu manis memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu membunuh bakteri. Dalam pengobatan Cina, kayu manis kerap dijadikan salah satu pilihan untuk meredakan radang tenggorokan. Selain mudah didapat, kamu bisa mencampurkan kayu manis dengan susu almond dan meminumnya selagi hangat untuk melegakan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Itulah beberapa opsi pengobatan rumahan yang bisa kamu coba untuk meredakan radang tenggorokan. Jika dalam waktu seminggu tidak ada tanda-tanda gejalanya berkurang, jangan ragu untuk mengunjungi pusat kesehatan karena bisa jadi ada penyebab lain yang harus ditangani khusus oleh dokter.

Baca juga:
Radang Otak: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya
Kenali Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Radang Telinga

 


Jika kamu memiliki teman atau keluarga yang memerlukan bantuan pengobatan, kamu bisa bantu mereka dengan galang dana di Kitabisa. Caranya, klik gambar di bawah ini.

galang dana di Kitabisa

 

Comments are closed.