7 Tanaman Obat Ini Efektif Ringankan Gejala Ambeien

Wasir atau ambeien sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya. Jika ditangani sejak dini diikuti dengan pola makan yang sehat, masalah ini bisa disembuhkan. Untuk pasien yang enggan ke dokter dan ingin melakukan pengobatan sendiri di rumah, ada beberapa opsi tanaman herbal yang dapat dicoba. Simak 7 jenis di antaranya berikut ini!

 

Obat Alami Sembuhkan Wasir

lidah buaya untuk wasir

  1. Lidah Buaya

    Tanaman lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman obat yang memiliki banyak sekali manfaat. Selain banyak digunakan untuk pembuatan produk kecantikan, lidah buaya ternyata dapat membantu meringankan wasir baik yang internal maupun eksternal.
    Untuk mengatasi ambeien eksternal, cukup ambil sedikit lendir lidah buaya dan oleskan ke permukaan anus. Pijat perlahan-lahan untuk mengurangi rasa nyeri. Tidak hanya itu, lidah buaya juga memiliki efek soothing yang dapat menghilangkan sensasi terbakar di area anus saat ambeien sedang kambuh.

  2. Buah Lemon

    Terkenal akan kandungan vitamin C-nya yang kaya, buah satu ini dapat meringankan gejala ambeien dengan memperkuat pembuluh darah. Cara penggunaannya adalah dengan mencelupkan kapas ke perasan air lemon lalu oleskan ke area yang mengalami pembengkakan.
    Untuk pengobatan dari dalam, campurkan setengah air buah lemon ke dalam segelas susu panas. Minum setiap 3 jam sekali untuk mengurangi rasa sakit di bagian yang bengkak.

  3. Urang-aring

    Tanaman urang-aring selama ini dikenal sebagai tumbuhan yang bisa menyuburkan rambut. Selain itu ternyata urang-aring juga dapat meringankan gejala wasir. Untuk proses penyembuhan dari dalam, pasien dapat diberi rebusan daun urang-aring. Kalau ingin digunakan untuk obat luar, daun harus ditumbuk hingga halus sebelum dioleskan ke permukaan anus.

  4. Cuka Apel

    Selama beberapa tahun belakangan produk cuka apel sangat populer di Indonesia. Selain dimanfaatkan untuk bahan masakan, produk fermentasi satu ini ternyata memiliki banyak kegunaan untuk kecantikan dan kesehatan. Bagi penderita ambeien, cuka apel dapat membantu meredakan iritasi dan menghilangkan pembengkakan pada pembuluh darah. Selain dioleskan untuk pengobatan eksternal, cuka apel juga dapat diminum dengan mencampurkan 1 sendok teh ke dalam segelas air putih hangat.

  5. Teh Hitam

    Asam tanin merupakan salah satu zat yang terdapat dalam teh hitam. Sifatnya yang mirip astringent alami ternyata dapat membantu mengurangi bengkak dan nyeri akibat ambeien. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Ambil satu kantong teh hitam, celupkan ke dalam air panas. Peras kemudian biarkan suhunya turun jadi hangat sebelum menggunakannya sebagai kompres. Lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

  6. Daun Sirsak

    Kandungan daun sirsak memiliki anti bakteri yang dapat membantu meringankan gejala ambeien. Caranya sangat mudah. Ambil kurang lebih 5 lembar daunnya kemudian rebus. Minum airnya setiap pagi dan malam hingga bengkak dan rasa sakitnya benar-benar hilang.

  7. Witch Hazel

    Tanaman witch hazel juga merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat mengurangi rasa gatal dan sakit yang sering menyertai ambeien. Kandungan anti inflamasi alaminya juga dapat menghilangkan pembengkakan. Witch hazel bisa ditemukan dalam bentuk produk cair yang dapat langsung dioleskan ke area anus.

Ambeien sebenarnya bukan penyakit yang berbahaya. Namun ada banyak kasus kanker sistem pencernaan diawali dengan ambeien atau gejala yang menyerupai ambeien. Karena itu, melakukan pemeriksaan dan pengobatan sejak dini adalah hal yang penting.

Baca juga:
Jenis-jenis Penyakit Pencernaan yang Umum Ditemukan
Kelainan Gastroschisis yang Diderita Bayi Sejak Lahir

Punya anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan seperti ambeien dan memerlukan dana pengobatan? Jangan ragu untuk membuat galang dana di Kitabisa

galang dana di Kitabisa