Zakat

Aksi Cepat Tanggap Berbagi Rezeki untuk Indonesia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Global Zakat merupakan Lembaga amil zakat yang berada di bawah naungan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Kesibukan sering kali menjadi alasan untuk dapat berbagi dengan cepat serta tepat. Padahal tidak seharusnya kebaikan tertunda begitu lama dan terhalangi niatannya. Untuk itu, bersama Aksi Cepat Tanggap, Anda dapat ikut menyalurkan bantuan kepada seluruh masyarakat di pelosok negeri tanpa mengurangi waktu Anda. Caranya dengan berdonasi bersama Global Zakat.

 

Apa itu Global Zakat?

Aksi Cepat Tanggap
Sumber: globalzakat

Global Zakat merupakan lembaga amil zakat nasional yang di bawah naungan ACT untuk mengelola dan menyalurkan zakat dari masyarakat secara profesional dan amanah. Jangkauan dari Global Zakat pun cukup luas hingga ke 34 provinsi di Indonesia, 33 negara di dunia.

Misinya, selain membangun kesejahteraan masyarakat melalui program kemanusiaan serta keagamaan, juga memprioritaskan negara maupun daerah yang memang memiliki isu kemanusiaan, seperti kemiskinan akibat bencana alam yang menghabiskan seluruh harta benda masyarakat, kondisi rawan pangan yang menimbulkan kelaparan hingga terjadi busung lapar untuk anak-anak, serta konflik kemanusiaan seperti perang yang masih terjadi di beberapa negara.

 

Bagaimana Programnya?

Aksi Cepat Tanggap

Ada banyak tentunya yang sudah dihimpun Global Zakat dalam mengelola dana yang diamanahkan oleh masyarakat. Di antaranya adalah penyaluran pangan untuk negeri yang diberikan kepada warga yang berada di tepian negeri Indonesia, seperti Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada bulan Juni lalu.

Ada juga humanity food truck yaitu program layanan makanan gratis menggunakan truk untuk orang-orang yang membutuhkan. Tentu aksi tersebut tidak hanya terjadi ketika keadaan tengah rawan seperti setelah bencana yang melanda suatu daerah atau tragedi tertentu. Humanity food truck juga dilakukan untuk kaum dhuafa di bulan-bulan lain—misalnya pada bulan Ramadhan—agar zakat yang diberikan oleh masyarakat tetap dapat tersalurkan dengan baik.

Bahkan pada bulan Maret lalu, aksi humanity food truck milik ACT berada di daerah yang pernah menjadi tempat lokalisasi yaitu di Kremil, Surabaya. Ribuan makanan dibagikan kepada warga yang masih menjadi penghuni daerah tersebut selama dua hari.

Masih ada program lain yaitu beasiswa pendidikan yang diberikan kepada anak-anak kurang mampu agar tetap layak mendapatkan pengajaran, beaguru yang diperuntukkan bagi tenaga pendidik yang dengan sukarela membagi waktu dan tenaga untuk anak-anak yang haus akan ilmu pengetahuan. Serta bantuan kesehatan dan layanan pendampingan ekonomi.

Manfaat berzakat melalui Global Zakat Aksi Cepat Tanggap

Dengan berzakat melalui Global Zakat milik ACT yang memiliki halaman resmi pada web Kitabisa, Anda akan mendapatkan sejumlah kemudahan dalam berdonasi. Di antaranya.

  1. Mudah dan cepat

Aksi Cepat Tanggap

Ketika Anda hendak berzakat melalui Global Zakat yang ada di halaman situs kitabisa.com, Anda cukup melakukan transfer sejumlah dan sesuai dengan pilihan zakat yang akan dibayarkan, yaitu profesi atau mal. Bahkan ada perhitungan untuk berapa persen dana yang harus dikeluarkan setiap bulan untuk batas penghasilan tertentu. Sehingga zakat Anda pun terpantau.

  1. Tepat dan sesuai

Aksi Cepat Tanggap

Proses penyaluran zakat di Global Zakat ACT  sesuai dengan 8 asnaf yang disyariatkan agama yaitu fakir (tidak memiliki harta maupun keluarga untuk memenuhi kebutuhan), miskin (memiliki usaha akan tetapi hasilnya tidak cukup untuk kebutuhan), amil (orang yang mendapat amanah untuk menarik zakat), muallaf (orang yang baru saja masuk Islam agar semakin kuat keimanannya dengan adanya bantuan dari sesama saudara muslim), riqab (dapat mengarah pada budak), gharim (orang yang terlilit utang), fisabilillah (orang yang berjuang di jalan Allah, serta ibnu sabil (musafir yang kehabisan bekal di perjalanan).

Jadi, tidak usah ragu lagi untuk berzakat melalui Global Zakat Aksi Cepat Tanggap bersama Kitabisa, ya.

 

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons