Galang Dana

Ayo, Bantu Arif Sembuh dari Kanker Lidah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Arif sudah 1 tahun mengidap penyakit serius, yaitu kanker lidah stadium 3. Ia sudah menjalani radiasi 14 kali dan efeknya masih terus ia rasakan ditenggorokan.

Muhammad Arif Kurniawan, seorang karyawan swasta di Medan, sudah satu tahun lebih berjuang melawan penyakit kanker lidah stadium 3. Serangkaian pengobatan telah ia lewati, mulai dari kemoterapi sampai radioterapi. Pertama kali ia menjalani kemoterapi sebanyak lima kali di RS Adam Malik, Medan. Namun, hasilnya tidak sesuai harapan Arif lantaran kondisi psikologisnya drop, sehingga ia tidak kuat melanjutkan pengobatan tersebut.

Kanker Lidah

Selang dua bulan kemudian, penyakit Arif kumat lagi. Kembali ia harus melakukan kemoterapi dan radioterapi. Kali ini ia memilih melakukannya di RS Murni Teguh, Medan. Durasi perawatan ini mencapai 1,5 bulan dengan tujuh kali kemoterapi dan 36 kali radioterapi. Akan tetapi, selama masa pengobatan, kondisi tubuh Arif kembali menurun. Ia tidak bisa makan dan minum selama tiga hari.

Sang dokter pun memerintahkan Arif untuk rawat inap di RS Permata Bunda karena ia harus memakai selang NGT. Selang ini berfungsi memberikan asupan makanan dan minuman langsung ke lambung Arif, sehingga staminanya kembali pulih. Memang untuk menjalani terapi kanker, stamina pasien haruslah cukup prima. Tidak adanya asupan nutrisi dalam tubuh akan membuat tubuh seseorang melemah, sehingga tidak cukup kuat untuk menjalani kemoterapi atau radioterapi.

 

Penyebab dan Gejalanya

kanker lidah

Kanker lidah mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, penyakit ini tidak kalah mematikan jika dibandingkan dengan penyakit kanker lainnya. Merupakan satu dari sekian jenis kanker mulut, penyakit ini muncul saat sel membelah diri terus menerus secara abnormal dan memicu tumbuhnya tumor.

Dalam dunia kedokteran, kanker jenis ini memiliki dua tipe, yaitu yang tampak pada bagian lidah dan yang berada dekat tenggorokan. Jenis kedua inilah yang baru terdiagnosis begitu menyebar ke kelenjar getah bening di sekitar leher. Kebanyakan kanker ini diderita oleh orang dewasa dan sangat jarang diderita anak-anak. Sejumlah faktor disinyalir menjadi penyebab naiknya jumlah pengidap kanker ini beberapa tahun belakangan.

Kanker Lidah

Gaya hidup yang tidak sehat dipandang sebagai faktor utama penyebabnya. Termasuk dalam gaya hidup tidak sehat ini adalah kebiasaan merokok, minum minuman yang mengandung alkohol, mengonsumsi makanan berpengawet, sampai salah menerapkan pola diet. Lebih lanjut, gejala penyakit ini yang perlu diwaspadai adalah:

  • Bercak kemerahan atau putih, sariawan, atau benjolan di mulut yang tidak sembuh meski telah lewat dari 3 minggu
  • Kesulitan menelan dan tenggorokan terasa sakit terus menerus
  • Mulut terasa kaku dan kebas untuk waktu lama
  • Pendarahan tiba-tiba pada lidah dan tidak diketahui penyebab pastinya
  • Telinga terasa sakit

Dari keluhan tersebut, biasanya dokter akan melakukan pengkajian lebih dalam. Bisa dengan menggunakan X-Ray atau CT Scan guna mendapatkan gambaran utuh dari gejala tersebut. Pengambilan sampel jaringan atau biopsi juga perlu dilakukan agar pasien mendapat hasil pemeriksaan yang lebih akurat.

Kanker Lidah

Tindakan pengobatan terhadap penyakit ini bermacam-macam, tergantung jenis, posisi, dan tingkat kegawatan penyakitnya. Metode yang biasa dilakukan adalah operasi, kemoterapi, dan radioterapi, yang tentu saja tidak cukup hanya satu atau dua kali. Oleh karena itu, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mencapai kesembuhan pasien, seperti yang dialami oleh Arif.

kanker lidah

Hingga saat ini, biaya pengobatan yang telah dikeluarkan Arif dan kedua orang tuanya sudah mencapai hampir Rp50.000.000. Ini baru perkiraan untuk pengobatan radioterapi dan kemoterapi, belum termasuk biaya obat-obatan, kontrol dokter, dan transportasi. Meski sudah ditanggung BPJS, kedua orang tua Arif menginginkan pelayanan terbaik demi kesembuhan anaknya, sehingga mereka juga mengeluarkan dana pribadi.

Ayo, bantu Arif sembuh dari penyakit kanker lidah yang dideritanya. Sisihkan sebagian rezeki yang kita peroleh dan donasikan melalui link KitaBisa. Semoga Arif bisa lekas pulih dan berkumpul kembali bersama keluarga dan sahabat!

 

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons