Bantuan #OrangBaik untuk Melawan Virus Corona di Indonesia

Donasi dari para #OrangBaik untuk melawan virus corona di Indonesia terus disalurkan secara bertahap. Bantuan yang terkumpul di galang dana Kitabisa diberikan kepada Rumah Sakit rujukan dan masyarakat yang terdampak COVID-19. 

Pemerintah menetapkan status virus corona di Indonesia sebagai bencana skala nasional. Hal tersebut disebabkan karena penyebarannya yang mencakup seluruh wilayah Indonesia dan pemerintah mengerahkan seluruh usaha, daya, dan upaya untuk menanggulanginya. Setelah menerapkan kebijakan social distancing atau pembatasan sosial, pemerintah juga merencanakan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam menangani virus corona. 

 

Pembatasan Sosial untuk Penanganan Virus Corona di Indonesia

Keputusan pemerintah untuk menerapkan pembatasan sosial tentunya bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona. Meski begitu, kebijakan ini berdampak pada beberapa orang atau profesi, seperti pedagang, pengemudi ojek online, petugas keamanan, dll. Mereka tidak punya pilihan lain selain bekerja di luar rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena berada di luar dan berinteraksi dengan orang lain, para pekerja informal memiliki risiko terinfeksi virus corona lebih tinggi.

Selain berisiko lebih tinggi, para pekerja informal mendapatkan pendapatan yang lebih sedikit dari hari-hari biasanya karena para pembeli beraktivitas #diruamahaja. Contohnya pedagang di pasar yang sepi pembeli akibat Ibu Rumah Tangga memilih belanja di swalayan atau secara online, atau pengemudi ojek online yang sepi pesanan akibat masyarakat menerapkan social distancing. 

 

Bantuan untuk Para Pekerja Informal yang Terdampak Virus Corona

bantuan virus corona di indonesia

Sejak virus corona menyebar dan penerapan social distancing dimulai, pendapatan para pekerja informal menjadi menurun. Padahal, mereka harus tetap menafkahi dan memenuhi kebutuhan harian keluarga. Tak sedikit dari mereka yang terpaksa berhenti bekerja sementara, karena sepinya pembeli.

Beranjak dari kondisi tersebut, Kitabisa bersama beberapa Mitra berusaha menyalurkan bantuan dari ratusan ribu #OrangBaik untuk para pekerja informal yang terdampak corona, mulai dari pedagang bakso, pengemudi ojek online, tukang becak, hingga pedagang. Bantuan diberikan dalam bentuk paket sembako dan kebutuhan pokok lainnya untuk memenuhi kebutuhan beberapa hari ke depannya. Setidaknya mereka bisa sedikit tenang karena keluarga di rumah tetap bisa makan di tengah sedikitnya pendapatan.

Bantuan yang terkumpul dari donasi #OrangBaik akan terus disalurkan secara bertahap dengan bekerjasama dengan lembaga-lembaga tepercaya. Perjuangan kita untuk melawan virus corona di Indonesia belum usai. Mari bersama-sama bantu cegah penyebarannya dengan tetap jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan bersama. 


Kamu masih bisa berdonasi untuk cegah penyebaran virus Corona di Indonesia. Donasi dengan klik gambar di bawah ini.

donasi virus corona