Kenali Gejala Coronavirus dan Cara Penyebarannya

Coronavirus adalah salah satu virus yang dapat menyebabkan infeksi pada hidung, sinus, atau tenggorokan bagian atas. Beberapa tipe dari virus ini dapat menyebabkan penyakit yang serius, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV). 

Coronavirus pertama kali teridentifikasi pada tahun 1960. Nama “Corona” berasal dari bentuknya yang serupa dengan mahkota. Dalam bahasa Latin, “Corona” berarti “halo” atau “mahkota”. Terdapat jenis coronavirus yang dapat menginfeksi manusia dan juga hewan, namun jarang ditemukan.

Pada awal tahun 2020, organisasi kesehatan dunia WHO menemukan satu jenis virus baru yang diberi nama 2019-nCoV di Cina. Di akhir Januari telah tercatat 300 orang terserang kasus ini di Cina dan jumlahnya terus meningkat. 

 

Bagaimana Coronavirus Menyebar?

Coronavirus merupakan jenis virus yang disebarkan melalui hewan dan manusia. Cara penyebaran dari virus ini sama seperti virus penyebab flu lainnya. Coronavirus menginfeksi penderita melalui batuk dan bersin, melalui sentuhan tangan atau wajah, atau dengan sentuhan benda-benda yang telah terinfeksi oleh virus. 

Coronavirus dapat menyerang segala usia, namun paling banyak kasusnya ditemukan pada anak-anak. 

 

Gejala Coronavirus

gejala coronavirus

Tak hanya cara penyebarannya, gejala dari Coronavirus juga menyerupai penyakit flu. Oleh karena itu, sulit untuk menyadari jika seseorang terserang penyakit ini. Gejala yang ditunjukkan oleh setiap orang yang terinfeksi virus ini pun berbeda-beda, tergantung pada jenis dan seberapa serius virus tersebut menginfeksi penderitanya.

Gejala Coronavirus yang umum terjadi antara lain:

  1. Hidung berair
  2. Batuk
  3. Tenggorokan kering dan sakit
  4. Demam
  5. Sakit kepala
Baca juga:
Waspada Penyakit Pneumonia yang Menyerang Sistem Pernapasan
Kenali Masalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

 

Cara Mencegah Coronavirus

pencegahan coronavirus

Hingga kini, belum ditemukan vaksin untuk penyakit Coronavirus yang serius. Untuk mencegah gejala coronavirus muncul, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Cuci tangan menggunakan sabun dan air hangat atau dengan hand sanitizer
  2. Jauhkan tangan serta jari dari mata, hidung, dan mulut. Pastikan tangan bersih sebelum menyentuh daerah wajah.
  3. Hindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi virus.
  4. Istirahat dengan cukup
  5. Perbanyak konsumsi air putih
  6. Selalu jaga kebersihan makanan atau minuman, serta lingkungan

Bersama-sama, mari kita berikan bantuan untuk para tenaga kesehatan dan mereka yang membutuhkan bantuan. Donasi dengan cara klik gambar di bawah ini.

donasi corona