Kesehatan

Bersama Melawan Penyebaran Virus Corona di Indonesia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejak akhir Februari 2020, Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 telah masuk ke Indonesia. Sebanyak dua pasien dinyatakan positif terinfeksi virus Corona setelah memiliki kontak dengan pasien kasus positif sebelumnya. Hingga hari ini, jumlah pasien yang dinyatakan positif virus Corona di Indonesia telah mencapai 134 orang dengan total 121 dirawat, 8 sembuh, dan 5 meninggal (per tanggal 17/3). 

Untuk melihat berita terkini tentang jumlah kasus Corona di Indonesia, klik corona.jakarta.go.id.

 

Mengenal Virus Corona atau COVID-19

Virus Corona merupakan penyakit peradangan paru yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Dalam beberapa kasus, virus ini dapat menyebabkan infeksi pada hidung, sinus, atau tenggorokan bagian atas. Namun, pada kasus berat, virus ini juga dapat menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru atau pneumonia.

COVID-19 dapat menyerang segala usia. Cara penyebaran dari virus ini sama seperti penyebaran virus flu lainnya, yaitu melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita. Virus dapat menginfeksi melalui batuk dan bersin, sentuhan tangan atau wajah, atau dengan sentuhan benda-benda yang telah terinfeksi.

 

Gejala Virus Corona

Virus Corona dapat ditandai dari beberapa gejala yang muncul pada penderita. Gejala klinis biasanya beragam, mulai dari seperti flu biasa sampai mengalami komplikasi pernapasan yang berat. Namun, terdapat gejala umum yang menandakan jika seseorang terinfeksi COVID-19, yaitu:

  1. Batuk
  2. Hidung berair
  3. Sesak napas
  4. Demam
  5. Tenggorokan kering dan sakit

 

Pencegahan Virus Corona

Dalam upaya melindungi diri dari COVID-19, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer berbasis alkohol minimal 60%
  2. Pastikan tangan bersih sebelum menyentuh daerah wajah
  3. Gunakan masker jika kamu sakit, serta tutup mulut dan hidung saat bersin
  4. Terapkan pola hidup sehat dengan makan bergizi  dan olahraga
  5. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan

 

Solidaritas Lawan Penyebaran COVID-19 di Indonesia

Kasus positif COVID-19 semakin bertambah di Indonesia. Melihat hal tersebut, para warga bersolidaritas untuk membantu cegah penyebaran virus tersebut. Mulai dari musisi, aktris, hingga influencer menggerakkan banyak orang untuk turut partisipasi dalam membantu mencegah penyebaran COVID-19. Mereka diantaranya Adib Hidayat, Rachel Vennya, Retno Hening, dan Alanda Kariza. Dengan galang dana di Kitabisa, mereka berupaya untuk berikan bantuan bagi para tenaga kesehatan dan mereka yang membutuhkan. 

 

Penerima Manfaat Galang Dana Kitabisa untuk #IndonesiaLawanCorona

Galang dana untuk melawan virus Corona akan disalurkan dalam beberapa jenis bantuan, diantaranya Alat Pelindung Diri (APD), alat desinfektan, subsidi cek virus Corona, hand sanitizer, sabun cuci tangan, tisu basa, vitamin, buah, jamu, kebutuhan harian, serta sosialisasi pencegahan virus Corona. Donasi akan ditujukan untuk beberapa penerima manfaat, yaitu:

  1. Tenaga kesehatan di RS rujukan Corona, dengan pemberian bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD)
  2. Keluarga dhuafa yang terisolasi, diberikan bantuan kebutuhan harian
  3. Masyarakat untuk cek status Corona
  4. Fasilitas publik, bantuan berupa alat desinfektan
  5. Mahasiswa Kimia Kedokteran Universitas Indonesia, dengan pemberian bantuan bahan-bahan untuk membuat hand sanitizer. 

Bersama-sama, mari kita berikan bantuan untuk para tenaga kesehatan dan mereka yang membutuhkan bantuan. Donasi dengan cara klik gambar di bawah ini.

donasi corona

Comments are closed.