Cerita #OrangBaik

Bayi Mungil Berjuang Melawan Penyakit Sepsis dan NRDS

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bayi mungil bernama Vania harus menjalani perawatan di NICU karena mengidap Sepsis dan penyakit NRDS.

Tak mampu menanggung biaya pengobatan putrinya, orang tua Vania akhirnya menggalang dana di Kitabisa. Galang dana ini menjadi harapan bagi kedua orang tua Vania.

Sejak Mei 2019, Vania harus terbaring kritis di ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Perawatan tersebut harus dijalani Vania karena ia menderita Sepsis dan Neonatal Respiratory Distress Syndrome (NRDS). Penyakit tersebut membuat Vania kesulitan untuk bernapas sesaat setelah lahir. Oleh karena itu, Vania harus menjalani perawatan intensif di bawah pantauan dokter. 

 

Apa yang Dimaksud dengan Sepsis?

Bayi Mungil Berjuang Melawan Penyakit Sepsis dan NRDS

Penyakit sepsis adalah komplikasi infeksi yang dapat menyebabkan berbagai perubahan seperti merusak sistem organ dan menyebabkan kegagalan organ. Sepsis muncul ketika sistem kekebalan tubuh sedang melawan infeksi secara tidak terkendali. 

Seseorang yang menderita sepsis akan mengalami infeksi yang ditandai dengan demam, nyeri otot, dan diare. Selain itu, kulit akan terasa dingin dan lembap. Tanda lain dari penyakit ini adalah adanya penurunan tingkat kewaspadaan, kebingungan, dan pusing. Kondisi tersebut disebabkan oleh aliran darah rendah ke otak, dehidrasi, dan racun yang dilepaskan ke tubuh. 

Baca juga:
Angel, Malaikat Kecil yang Berjuang untuk Bernapas
Cerita Perjuangan Arsa untuk Sembuh dari Jantung Bocor

 

Pengertian Penyakit Neonatal Respiratory Distress Syndrome (NRDS)

Bayi Mungil Berjuang Melawan Penyakit Sepsis dan NRDS

Neonatal Respiratory Distress Syndrome (NRDS) adalah sebuah komplikasi yang membuat bayi kesulitan bernapas akibat paru-paru bayi yang belum berfungsi dengan baik akibat infeksi sepsis. Komplikasi ini paling sering terjadi pada bayi yang terlahir secara prematur. Hal itu terjadi karena bayi prematur mengalami kekurangan surfaktan sementara surfaktan adalah cairan yang berfungsi mengembangkan  paru-paru.

Penyakit NRDS dapat diketahui dari beberapa gejala berikut antara lain kulit berwarna kebiruan,  kemerahan pada hidung, napas yang terlalu cepat atau pendek, urin menurun, serta napas yang berbunyi.

 

Pengobatan Sepsis dan Penyakit NRDS Vania

Bayi Mungil Berjuang Melawan Penyakit Sepsis dan NRDS

Vania harus menjalani pengobatan agar bisa keluar dari NICU dan dinyatakan sembuh. Ia harus melakukan tindakan bedah untuk pemasangan selang Tube di dada yang berfungsi mengelkuarkan udara yang terjebak di paru-paru, bedah thorax, pemasangan kateter pada rongga thorax, rongga pleura, mediastinum yang bertujuan untuk mengeluarkan udara atau cairan dari rongga tersebut. 

 

Bantuan untuk Kesembuhan Vania

Bayi Mungil Berjuang Melawan Penyakit Sepsis dan NRDS

Biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi pengobatan Vania tidaklah sedikit. Terlebih Vania dirawat di ruang NICU yang biaya per malamnya sangat besar. Tak mampu menanggung ujian ini sendiri, ayah Vania akhirnya membuat galang dana di Kitabisa. Melalui galang dana ini, orang tua Vania berharap untuk bisa melihat bayi mungilnya sembuh. 

Galang dana untuk Vania berhasil mengumpulkan donasi lebih dari 150 juta. Teman-teman dari orang tua Vania tak hanya ikut berdonasi, namun juga turut membantu menyebarkan halaman galang dana. Beberapa dari teman orangtua Vania yang tergabung dalam Komunitas Yoga Depok (KYD), Mapala UI, serta Human Initiative juga sempat menjenguk Vania di rumah sakit. Dukungan dan doa dari mereka membuat keluarga terus semangat untuk kesembuhan Vania. 

Bayi Mungil Berjuang Melawan Penyakit Sepsis dan NRDS

Berkat doa dan bantuan dari para OrangBaik, Vania sudah diperbolehkan pulang ke rumah dan bisa rawat jalan. Vania bisa mendapat penyembuhan lebih cepat dan tingkat pengobatannya semakin diturunkan karena kondisinya yang bisa bertahan dan mulai membaik. Kini, Vania bisa berkumpul bersama keluarganya di rumah. 

 

Orang tua Vania sangat bersyukur dengan adanya galang dana ini, Vania mendapatkan banyak doa dan dukungan dari para OrangBaik. Mereka berharap semoga Vania bisa sembuh total kedepannya dan para OrangBaik yang telah berdonasi membantu Vania senantiasa mendapatkan pahala dan kebaikan.


Seperti orang tua Vania, kamu juga bisa membantu teman kamu yang sedang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara galang dana di Kitabisa. Untuk galang dana, klik gambar di bawah ini!

Comments are closed.