Belajar Islam Lebih Dalam dari Materi Kultum Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah waktu ketika kita dapat memperdalam ilmu keislaman yang dimiliki. Kultum di bulan Ramadhan mengandung banyak pesan yang akan membuat ibadah kita semakin sempurna.

Semua orang pasti setuju kalau bulan Ramadhan adalah bulan di mana kita melakukan usaha ekstra untuk beribadah dan melakukan zakat atau bersedekah. Selain diwajibkan melakukan puasa yang tidak diperintahkan di hari-hari lain, bulan Ramadhan adalah waktu di mana kita bisa memperdalam ilmu keislaman yang dimiliki. Melalui ceramah singkat yang biasa kita kenal dengan istilah kultum, ada banyak materi yang bisa dipelajari.

 

Materi Kultum Ramadhan

Kultum tidak hanya bisa kita lihat dan saksikan di televisi menjelang jam berbuka puasa. Di masjid-masjid dekat tempat tinggal, kamu juga pasti kerap mendengarkan ceramah setelah salat Subuh berjamaah.

Ada  banyak pembahasan yang biasa dijadikan tema kultum di bulan puasa. Beberapa di antaranya terkait dengan:

  1. Keistimewaan Orang yang Berpuasa

kultum ramadhan

Puasa bukanlah sekadar menahan lapar dan haus saja. Ada banyak keutamaan, hikmah dan keistimewaan yang akan kita dapatkan dengan berpuasa. Di bulan yang penuh berkah ini, semua amal ibadah dillipatgandakan dan siapapun yang memohon ampunan pasti akan diampuni.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Sahal bin Sa’d, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga terdapat satu pintu yang dinamakan pintu ‘Ar Rayan’ yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Pintu itu kelak akan bertanya, ‘Di manakah orang-orang yang berpuasa?’ Maka mereka pun masuk dari pintu tersebut. Setelah semua orang yang berpuasa memasukinya, pintu itu pun ditutup dan tak akan ada lagi yang masuk dari sana.”

Baca juga:
Pengertian, Hikmah, dan Macam-macam Zakat
Sedekah Kini Lebih Mudah dan Praktis Lewat Platform Kitabisa

 

  1. Berdoa di Bulan Ramadhan

kultum tentang puasa

Jika kamu punya doa yang belum dikabulkan, maka Ramadhan adalah saatnya meminta sebanyak-banyaknya. Ini bisa kita lihat dalam ayat-ayat mengenai puasa yang tertera dalam surat Al Baqarah ayat 183 sampai 187. Semua ayat tersebut mengandung kata puasa kecuali ayat 186.

Adapun bunyi ayat tersebut adalah, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Keutamaan bulan puasa sebagai waktu yang tepat untuk berdoa juga tertuang dalam sebuah hadis dari Jabir bin Abdillah RA, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan.” (HR. Al Bazaar).

  1. Kultum tentang Bersedekah

materi kultum

Bulan Ramadhan adalah waktu di mana Allah dengan tegas mewajibkan semua orang Islam untuk membayar zakat. Zakat yang dibayarkan ini tujuannya adalah untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang kurang beruntung. Selain zakat, sedekah juga merupakan salah satu bentuk pemberian yang akan mendapatkan keistimewaan bagi siapapun yang melakukannya di bulan Ramadhan ini.

Selain pahala yang berlipat ganda, orang yang bersedekah di bulan puasa juga akan mendapatkan naungan dari Allah SWT di hari akhir kelak. Bagi orang yang berpuasa, sedekah menjadi cara untuk mencari pahala tambahan sebanyak-banyaknya sekaligus membersihkan harta dari yang  bukan hak kita.


banner_donasi_sedekah